Kinokuniya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kantor Pusat Kinokuniya di Shibuya, Tokyo, Jepang

Toko Buku Kinokuniya (紀伊國屋書店 Kinokuniya Shoten?) adalah jaringan toko buku yang berada dioperasikan oleh Kinokuniya Company Ltd. (株式会社紀伊國屋書店 Kabushiki-gaisha Kinokuniya Shoten?).

Perusahaan ini telah berdiri sejak 1927, dengan gerai pertama yang dibuka di Shinjuku, Tokyo. Pendirinya adalah Moichi Tanabe.

Nama Kinokuniya memiliki arti dalam bahasa Indonesia sebuah toko di daerah Ki.

Hingga saat ini, Kinokuniya telah memiliki 61 gerai di seluruh Jepang dan 23 di mancanegara.

Jaringan di mancanegara[sunting | sunting sumber]

Kini, jaringan Kinokuniya telah berada di beberapa negara:

Kinokuniya di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Kinokuniya pertama kali dibuka di Indonesia pada bulan Maret 1990 berlokasi di Plaza Indonesia. Pada tahun 1998, Kinokuniya membuka cabangnya yang kedua, yaitu di Plaza Senayan. Pada tahun 2004, Kinokuniya merombak cabangnya yang di Plaza Senayan dan membuka sebuah flagship store di lantai 5 Sogo Plaza Senayan dengan luas 1850 meter persegi. Sejak itu, Kinokuniya membuka 4 gerai di Indonesia yang semuanya dikelola oleh PT. Kinokunia Bukindo dengan sistem franchise.

Di bulan April 2010, Kinokuniya menutup toko mereka yang pertama di Plaza Indonesia, sehingga akhirnya hanya menjadi 3 gerai saja.

Ketiga toko Kinokuniya yang masih beroperasi semuanya berada di Jakarta, yaitu di Plaza Senayan, Pondok Indah Mall (dibuka September 2005) dan yang terbaru di Grand Indonesia (dibuka Mei 2007). Koleksi di Kinokuniya Indonesia termasuk buku dan majalah berbahasa Inggris, Jepang, Mandarin dan Indonesia, dan alat tulis merek ekslusif dari Jepang.

Hak waralaba Kinokuniya di Indonesia dipegang oleh PT. Mitra Adi Perkasa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]