Kerajaan Korsika (1736)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kingdom of Corsica
Regno di Corsica
Negara yang tidak diakui

1736
Lagu kebangsaan
Dio vi Salvi Regina
Lokasi Korsika di Eropa
Ibu kota ?
Bahasa Italia, Korsika, Perancis
Pemerintahan Monarki
Raja Theodore dari Korsika
Sejarah
 -  Didirikan 1736
 -  Dibubarkan 1736
Luas 8.680 km² (3.351 mil²)
Mata uang Soldi

Kerajaan Korsika adalah sebuah kerajaan berumur pendek yang terletak di pulau Korsika. Kerajaan ini dibentuk setelah seorang petualang Jerman, Theodor Freiherr von Stephan Neuhoff dinobatkan menjadi Raja Korsika.

Formasi dan kejatuhan[sunting | sunting sumber]

Di Genoa, Neuhoff berkenalan beberapa pemberontak Korsika dan diasingkan, dan meyakinkan mereka bahwa ia bisa membebaskan negeri mereka dari tirani Genoa jika mereka menobatkan dia menjadi raja Pulau Korsika. Dengan bantuan dari Bey dari Tunis, ia mendarat di Korsika pada Maret 1736 dengan bantuan militer. Penduduk pulau, yang kampanye belum berhasil, terpilih dan ia dinobatkan sebagai raja. Dia diasumsikan gelar Raja Theodore I, dikeluarkan maklumat, melembagakan urutan ksatria, dan mengobarkan perang terhadap orang Genoa, pada awalnya dengan beberapa keberhasilan. Tapi dalam memerangi di antara pemberontak segera menyebabkan kekalahan mereka. Genoa memberi harga pada kepalanya dan diterbitkan akun dari masa lalu yang penuh warna, dan ia meninggalkan Korsika pada bulan November 1736, seolah-olah untuk mencari bantuan asing. Setelah menjajaki kemungkinan perlindungan dari Spanyol dan Naples, ia berangkat ke Belanda di mana dia ditangkap karena utang di Amsterdam.

Ketika mendapatkan kembali kebebasannya, Theodore mengirim keponakannya ke Korsika dengan pasokan senjata, ia sendiri kembali ke Korsika pada tahun 1738, 1739, dan 1743, tetapi Genoa bergabung dengan pasukan Perancis untuk menduduki pulau itu. Pada tahun 1749 ia tiba di Inggris untuk mencari dukungan, tapi akhirnya jatuh ke dalam utang dan dikurung dalam penjara debitur di London sampai 1755. Dia kembali kebebasannya dengan menyatakan dirinya bangkrut, membuat lebih dari Kerajaan Korsika kepada kreditur, dan hidup dari belas kasihan Horace Walpole dan beberapa teman lain sampai kematiannya di London pada 1756.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Bent, J. Theodore (1886). "King Theodore of Corsica," The English Historical Review, Vol. 1, No. 2, pp. 295–307.
  • Fitzgerald, Percy (1890). King Theodore of Corsica. London: Vizetelly.
  • Gasper, Julia (forthcoming). Theodore de Neuhoff, Roi de Corse. Bastia: Editions Materia Scritta. (Perancis)
  • Graziani, Antoine-Marie (2005). le Roi Théodore. Paris: Tallandier, coll. « Biographie ». 371 p., 22 cm. – ISBN 2-84734-203-6. (Perancis)
  • Pirie, Valerie (1939). His Majesty of Corsica: The True Story of the Adventurous Life of Theodore 1st. London: William Collins & Sons.
  • Vallance, Aylmer (1956). The Summer King: Variations by an Adventurer on an Eighteenth-Century Air. London: Thames & Hudson.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]