Kemerdekaan Skotlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wilayah Skotlandia (warna biru) di antara wilayah Britania Raya

Kemerdekaan Skotlandia (Bahasa Skotlandia : Scots unthirldom) adalah sebuah ideologi politik yang mendukung gagasan bahwa Skotlandia harus memisahkan diri dari Inggris dan menjadi negara berdaulat dan independen itu seperti sebelum tahun 1707.

Ideologi[sunting | sunting sumber]

Tuntutan untuk kemerdekaan didasarkan pada gagasan bahwa Skotlandia dengan hidupnya budaya sendiri, sistem perbankan, hukum dan pendidikan yang terpisah dari orang-orang Inggris , akhirnya harus memisahkan diri dari Inggris dan mengumpulkan bertindak bebas yang dinikmati sebelum 1707. Gerakan kemerdekaan sangat beragam, mulai dari mereka yang ingin serangkaian transisi menuju kemerdekaan dengan transfer bertahap kekuatan untuk mereka yang ingin akses langsung ke kenegaraan berdaulat. Sebuah parlemen Skotlandia didirikan pada 1999 . Dia memiliki beberapa kekuasaan legislatif yang dulunya di bawah Parlemen Inggris. Selain pembentukan kekuasaan legislatif ( Holyrood ), pembentukan Eksekutif Skotlandia telah memungkinkan pemerintah untuk Whitehall transfer sejumlah keterampilan dan tanggung jawab administratif. Pendukung kemerdekaan tetap percaya bahwa parlemen dan eksekutif adalah langkah menengah dalam proses yang akhirnya ke status negara bangsa yang merdeka Skotlandia.

Grafiti Nasionalisme Skotlandia di Edinburg

Gerakan kemerdekaan ketika meliput berbagai aliran politik. Jika ia memiliki banyak Partai Republik aktivis, ini bukan tujuan kebijakan yang menekankan Partai Nasional Skotlandia (SNP). Ini adalah sebagai lembaga yang melemparkan jaring lebar dan menempatkan konflik ideologis di balik ini prioritas yang kemerdekaan. Perwakilan proporsional memungkinkan terpilihnya wakil dari partai kecil yang tidak memiliki pandangan politik yang sama, tetapi yang memiliki keinginan kemerdekaan Skotlandia. Sejak pemilu 2007 , kaum nasionalis adalah di kepala Eksekutif Skotlandia, yang dipimpin oleh Alex Salmond . Mereka berjanji akan mengadakan referendum mengenai kemerdekaan Skotlandia.

Nasionalisme Skotlandia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1921 (sebagian besar atas dorongan Sinn Fein ) untuk membentuk Liga Nasional Skotlandia, yang utama tubuh terkonsentrasi di London dan menuntut kemerdekaan. Liga mendirikan sebuah koran, Skotlandia Independen di 1926 dan di 1928 , dia mendukung Asosiasi Nasionalis Skotlandia dari Universitas Glasgow untuk membentuk Partai Nasional Skotlandia, yang bertujuan menciptakan negara Skotlandia yang merdeka. Pendirinya termasuk penyair Hugh MacDiarmid , yang ingin mempromosikan literatur khusus Skotlandia, dan kepribadian yang terkait dengan Partai Buruh.

Partai Skotlandia separatis didirikan pada 1932 oleh mantan anggota Partai Konservatif. Pada tahun 1934 kedua gerakan bergabung untuk membentuk Partai Nasional Skotlandia, yang mulai memperjuangkan otonomi sebelum mengambil penyebab Kemerdekaan. Gerakan melalui masa sulit pada 1930-an ketika istilah nasionalisme dikaitkan dengan Sosialisme Nasional Jerman. Namun, ia memperoleh kursi di parlemen pada pemilu demi tahun 1945, tetapi anggota kehilangan kursinya tiga bulan kemudian dalam pemilu legislatif. Skotlandia Partai Nasional (SNP) mengungkapkan serangkaian keberhasilan pemilu pada tahun 1960, dan setelah penemuan minyak di Laut Utara (1970) ia bisa menjawab mereka yang meragukan kemampuan Skotlandia untuk berjuang sendiri pada istilah ekonomi: ". minyak milik Skotlandia" mengatakan Kritik minyak pendapatan yang dikumpulkan oleh Departemen Keuangan tidak mendapatkan keuntungan banyak di Skotlandia dibandingkan dengan daerah lain. Perkiraan yang sangat wajar menunjukkan sebesar £ 200.000.000.000.

Pendukung Gagasan Kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Para pendukung gerakan kemerdekaan Skotlandia termasuk pihak-pihak berikut:

  • Partai Nasional Skotlandia
  • Partai Hijau Skotlandia
  • Partai Sosialis Skotlandia
  • Solidaritas
  • Partai Kemerdekaan Skotlandia

Penolak Gagasan Kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Di antara para penentang gerakan kemerdekaan Skotlandia termasuk pihak-pihak berikut:

  • Partai Buruh
  • Partai Konservatif
  • Liberal Demokrat
  • Partai Union Skotlandia

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "Scottish independence referendum plans published". BBC News. 2010-02-25. Archived from the original on 2010-02-25. Retrieved 2010-02-25.
  • Scotland, A Concise History, James Halliday, Gordon Wright Publishing, Edinburgh 1990 ISBN 0-903065-66-5

Pranala luar[sunting | sunting sumber]