Keluarga Kennedy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Keluarga Kennedy
TheKennedyFamily1.jpg
Keluarga Kennedy di Kompleks Kennedy, Hyannis Port, Massachusetts (September 4, 1931). Duduk dari kiri ke kanan: Bobby, Jack, Eunice, Jean (dipangku) Joe, Sr., Rose (di belakang) Pat, Kick, Joe, Jr. (di belakang) Rosemary. Ted belum lahir. Anjingnya bernama "Buddy".
Etnis Irlandia-Amerika
Wilayah Hyannis Port, Massachusetts
Informasi
Asal Amerika Serikat
Anggota ternama Lihat di bawah
Anggota terkait
Keluarga terkait Bennett, Bessette, Bouvier, Cavendish, Colton, Cuomo, Fitzgerald, Lawford, Reggie, Schlossberg, Schwarzenegger, Shriver, Skakel, Smith,
Properti Kompleks Kennedy

Keluarga Kennedy atau klan Kennedy merujuk kepada sebuah keluarga besar keturunan dari Joseph Patrick "Joe" Kennedy, Sr. dan Rose Elizabeth Fitzgerald yang berdarah Irlandia-Amerika. Keluarga ini berpengaruh di bidang pemerintahan dan politik Amerika Serikat terutama di Partai Demokrat. Anggota keluarga Kennedy banyak yang lulusan Universitas Harvard, dan berkontribusi untuk almamater mereka di Sekolah Pemerintahan John F. Kennedy. Kekayaan, keglamoran, penampilan mereka yang rata-rata fotogenik, serta keterlibatan mereka secara terus menerus dalam politik telah mengangkat nama keluarga ini hingga mencapai status sebagai sebuah ikon lebih dari setengah abad belakangan ini. Julukan yang kadang-kadang diberikan kepada keluarga Kennedy adalah "Keluarga Kerajaan Amerika".

Anak pertama dari Joseph P. Kennedy, Sr. adalah Joseph Patrick "Joe" Kennedy, Jr. yang diharapkan ayahnya untuk terjun di dunia politik dan menjadi presiden. Setelah Joe, Jr. tewas dalam Perang Dunia II, harapan menjadi presiden dialihkan ke putra kedua John Fitzgerald "Jack" Kennedy. Segera setelah terpilih sebagai presiden pada November 1960, Jack mengajak adik laki-lakinya, Robert Francis "Bobby" Kennedy dan Edward Moore "Ted" Kennedy untuk menempati jabatan-jabatan penting di pemerintah federal. Mereka menerima publisitas yang intens, sering kali menonjolkan penampilan mereka yang tampak muda, daya pikat, pendidikan, dan masa depan mereka di politik. Selama 64 tahun, terhitung dari tahun 1947 ketika Jack dilantik sebagai anggota Kongres hingga tahun 2011 saat Patrick Joseph Kennedy II pensiun dari Kongres, anggota klan Kennedy selalu menempati jabatan politik di Washington, D.C. (meski ada kekosongan kurang dari sebulan antara pengunduran diri Jack dari Senat dan pelantikannya sebagai presiden).[1] Seperempat dari sejarah negara Amerika Serikat tidak terlepas dari aktifnya anggota keluarga Kennedy dalam politik.[1] Kekosongan terjadi setelah Patrick pensiun dari Kongres pada tahun 2011 hingga disumpahnya Joseph P. Kennedy III sebagai anggota Kongres pada tahun 2013.

Keluarga ini telah mengalami berbagai tragedi sehingga beredar cerita tentang kutukan keluarga Kennedy. Rosemary menderita seumur hidup akibat kegagalan lobotomi, Jack dan Bobby keduanya dibunuh, Ted mengaku bersalah dalam kecelakaan Chappaquiddick, dan empat anggota keluarga pernah mengalami kecelakaan pesawat terbang: Joe, Jr., Kick, Ted, dan John F. Kennedy, Jr.. Semuanya meninggal dunia, kecuali Ted.

Anggota keluarga[sunting | sunting sumber]

Foto-foto[sunting | sunting sumber]

Keluarga Kennedy di Hyannis Port, 4 September 1931. Dari kiri ke kanan: Bobby, Jack, Eunice, Jean di pangkuan Joe, Sr., Rose di belakang Pat, Kick, Joe, Jr. di belakang Rosemary. Ted belum lahir. Anjing mereka bernama Buddy.
Akhir pekan di Hyannis Port, 3 Agustus 1963. Jack (tengah) bersama anak-anak dan keponakan, dari kiri ke kanan, Kathleen menggendong bayi Christopher G. Kennedy, Ted, Jr., Joe II, Kara, Robert, Jr., David, Caroline, Michael, Courtney, Kerry, Bobby Shriver menggendong Timothy Shriver, Maria Shriver, Stephen Edward Smith, Jr., William, Christopher Lawford, Victoria Lawford, Sydney Lawford, Robin Lawford, dan paling depan, John-John

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]