Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SEC.JPG

United States Securities and Exchange Commission (disingkat SEC) atau Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat adalah suatu badan independen dari pemerintah Amerika yang memiliki tangung jawab utama untuk mengawasi pelaksanaan dari peraturan-peraturan dibidang perdagangan efek dan mengatur pasar perdagangan pada bursa efek.

SEC didirikan berdasarkan pasal 4 dari Securities Exchange Act of 1934 (kini dikodifikasi dalam Title 15 of the United States Code § 78d) dan secara umumnya merujuk pada Undang-undang (UU) tahun 1934 ). Sebagai tambahan dari UU tahun 1934 yang menjadi dasar pembentukannya, pembentukan SEC juga sebagai pelaksanaan dari Securities Act of 1933, Trust Indenture Act of 1939, Investment Company Act of 1940, Investment Advisers Act of 1940, Sarbanes-Oxley Act of 2002 dan ataupun aturan-aturan lainnya.

Presiden Amerika Franklin Delano Roosevelt mengangkat Joseph P. Kennedy, Sr., ayah dari mantan Presiden John F. Kennedy, untuk menjabat sebagai ketua pertama dari SEC. Untuk daftar lengkap pengurus SEC , lihat: Pejabat Securities and Exchange Commission.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SEC didirikan oleh Kongres Amerika pada tahun 1934 sebagai suatu badan independen, non-partisan, memiliki kewenangan hukum, selaku badan independen yang berwenang untuk melakukan pengawasan dan pelaksanaan aturan setelah terjadinya Great Depression yang disebabkan oleh kejatuhan Wall Street tahun 1929. Tujuan utama dari pembentukan SEC ini adalah untuk mengatur bursa efek dan mencegah penyalah gunaan oleh perseroan sehubungan dengan penawaran saham dan penjualan efek serta pelaporan keuangan perseroan. SEC diberikan kewenangan untuk mengizinkan dan mengatur perdagangan efek. Saat ini SEC bertanggung jawab untuk menyelenggarakan 6 peraturan hukum yang utama dalam industri perdagangan efek yaitu :

  1. Securities Act of 1933
  2. Securities Exchange Act of 1934
  3. Trust Indenture Act of 1939
  4. Investment Company Act of 1940
  5. Investment Advisers Act of 1940
  6. Sarbanes-Oxley Act of 2002.

Kewenangan yang diberikan oleh Kongres Amerika kepada SEC mengizinkan SEC untuk melaksanakan penerapan hukum sipil terhadap perorangan ataupun perusahaan yang didapatinya telah melakukan kejahatan akuntansi, memberikan informasi yang tidak benar, terlibat dalam insider trading ataupun pelanggaran lainnya terhadap undang-undang pasar modal (securities law). SEC juga bekerja sama dengan penegak hukum lainnya di Amerika untuk penuntutan hukum dari perorangan maupun perusahaan yang melakukan kesalahan yang dikategorikan termasuk dalam kejahatan.

Guna melaksanakan mandat yang diberikan maka SEC menetapkan suatu aturan yang mewajibkan perusahaan publik untuk menyerahkan laporan keuangan secara berkala setiap kwartal dan juga laporan tahunan. Sebagai bagian dari kewajiban laporan tahunan maka pimpinan puncak dari perusahaan harus menyediakan pula ringkasan berupa analisis dan diskusi manajemen yang menggambarkan tentang kinerja perseroan pada tahun yang lampau dan bagaimana cara perseroan dalam menghadapinya. Manajemen biasanya juga menggambarkan target kedepan perseroan dan proyek-proyek baru perseroan kedepannya. Dalam upayanya untuk meningkatkan lingkup pelayanan bagi para investos maka SEC membuat suatu database yang dapat diakses secara online yang diberi nama EDGAR (the Electronic Data Gathering, Analysis, and Retrieval system) dimana para investos dapat mengakses semua informasi yang dimiliki oleh SEC.

Laporan kwartal dan tahunan dari perusahaan publik merupakan hal yang sangat penting bagi para investor dalam mengambil suatu keputusan investasinya dalam pasar modal . Tidak seperti dalam perbankan, investasi pada pasar modal tidaklah dijamin oleh lembaga Federal yang bernama Federal Deposit Insurance Corporation [1]. Potensi untuk memperoleh imbal hasil besar haruslah disesuaikan dengan risiko yang dihadapi investor. Kewajiban untuk keterbukaan keuangan dan informasi penting tentang perusahaan penerbit saham dan sekuriti dapat memberikan suatu informasi yang serupa baik kepada investor perorangan maupun kepada investor perseroan tentang keadaan suatu perusahaan publik sehingga dengan demikian meningkatkan keamanan publik disamping mengurangi insider trading dan penipuan. Dan semua laporan ini dapat diakses melalui sistem EDGAR system.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Dengan kantor pusatnya di Washington, SEC terdiri dari 5 oran Komisaris yang ditunjuk oleh Presiden Amerika berdasarkan pertimbangan dan nasihat dari Senat dan masing-masing untuk masa jabatan selama 5 tahun. Pengangkatan mereka dilakukan secara berururtan setiap tahunnya sehingga dengan demikian masa jabatan salah satu Komisaris akan berakhir pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Untuk menjaga agar SEC tetap bersifat non-partisan maka tidak boleh lebih dari 3 komisaris yang berasal dari partai yang sama. Presiden juga menunjuk salah seorang dari komisaris tersebut sebagai ketua yang merupakan jabatan puncak pada SEC.

Pada SEC, terdapat 4 divisi , 18 kantor dan kurang lebih 3.100 staf, dan disamping kantor pusatnya di Washington, SEC memiliki pula 11 kantor perwakilan yang tersebar di seluruh wilayah Amerika..

Divisi utama SEC[sunting | sunting sumber]

Empat Divisi utama pada SEC adalah : [2]

  1. Divisi keuangan perusahaan adalah divisi yang mengawasi keterbukaan perusahaan publik seperti halnya dengan pendaftaran transaksi, penggabungan usaha. Divisi ini bertanggung jawab atas pengelolaan EDGAR.
  2. Divisi regulasi pasar bertanggung jawab untuk mengawasi organisasi regulator mandiri (self-regulatory organization) seperti New York Stock Exchange (NYSE), National Association of Securities Dealers (NASD) dan Municipal Securities Rulemaking Board (MSRB) serta seluruh perusahaan pialang dan bank investasi. Divisi ini juga mengajukan usulan-usulan perubahan peraturan dan operasi pengawasan dari industri. Dalam praktiknya SEC mendelegasikan banyak sekali kewenangannya dalam hal penerapan hukum dan pembuat aturan kepada NYSE dan NASD. Dalam kenyataannya pula semua perusahaan perdagangan efek yang belum diatur oleh organisasi regulator mandiri lainnya haruslah menjadi anggota NASD. Pedagang efek individual harus mengikuti ujian yang dilaksanakan oleh NASD untuk menjadi "perwakilan terdaftar" [3] [4]
  3. Divisi manajemen investasi bertugas mengawasi perusahaan manajemen investasi yang biasanya menerbitkan reksadana serta penasihat profesional mereka. Divisi ini melaksanakan ketentuan dalah hukum sekuriti federal (federal security law) khususnya Undang-undang Perseroan tahun 1940 dan Undang-undang Penasihat Investasi tahun 1940.
  4. Divisi penegakan hukum ini bekerja sama dengan 3 divisi lainnya serta komisi lainnya untuk melakukan investigasi atas pelanggaran terhadap hukum sekuriti (securities law) serta peraturan-peraturan terkait lainnya serta melakukan tindakan hukum sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang terhadap pelaku pelanggaran tersebut. SEC umumnya melakukan investigasi secara tertutup. Staf SEC dapat saja meminta dokumen secara sukarela serta pernyataan-pernyataan pimpinan perusahan, ataupun dapat meminta surat perintah penyelidikan dari SEC dimana berdasarkan surat perintah tersebut maka staf SEC dapat melakukan upaya paksa guna meminta dokumen-dokumen serta pernyataan saksi-saksi. SEC dapat mengajukan tuntutan yang disebut "law suit"[5] pada Pengadilan Distrik di Amerika ataupun proses administratif dihadapan hakim peradilan administratif (administrative law judge-ALJ). SEC tidak memiliki kewenangan dalam hal pidana namun dapat menyerahkan dugaan atas perbuatan pidana yang terjadi kepada negara dan jaksa penuntut federal.

Hubungannya dengan badan-badan lain[sunting | sunting sumber]

Disamping bekerja sama dengan organisasi regulator independen (SRO) seperti NYSE dan NASD maka SEC pun bekerja sama pula dengan badan federal lainnya, regulator efek negara, serta dengan badan penegak hukum lainnya .[6]

  • Pada tahun 1988 dibentuk suatu kelompok kerja dinamakan Working Group on Financial Markets ( kelompok kerja pada pasar keuangan) . Kelompok kerja ini diketuai oleh Sekretaris Keuangan Amerika (Secretary of the Treasury) dan termasuk pula didalamnya adalah Ketua SEC, Ketua Federal Reserve dan Ketua Commodity Futures Trading Commission (badan pengawas bursa berjangka komoditi Amerika). Sasaran dari pembentukan kelompok kerja ini adalah guna meningkatkan integritas, efisiensi, ketertiban dan daya saing dari pasar keuangan disamping itu pula guna memelihara kepercayaan investor. [7]
  • Municipal Securities Rulemaking Board (MSRB) didirikan pada tahun 1975 oleh Kongres Amerika untuk mengembangkan aturan-aturan bagi perusahaan yang terlibat dalam penjaminan efek dan perdagangan efek. MSRB dipantau oleh SEC, namun MSRB tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penerapan hukum atas aturan yang dibuatnya.

Walaupun sebagian besar penerapan hukum atas pelanggaran atas peraturan dibidang perdagangan efek adalah menjadi kewenangan SEC demikian pula dengan kewenangan dalam pengawasan, namun regulator efek negara dapat juga melakukan penerapan hukum pada undang-undang sekuritas yang dikenal dalam bahasa sehari-hari sebagai Blue sky laws ( hukum langit biru). [8] Negara dapat menetapkan bahwa sekuriti harus didaftarkan pada negara sebelum diizinkan untuk dijual kepada umum.National Securities Markets Improvement Act of 1996 (NSMIA) mengatur this sistem ganda dari aturan negara federaldengan melakukan amandemen atas pasal 18 dari Undang-undang tahun 1933 untuk membebaskan sekuriti yang diperdagangkan secara nasional dari kewajiban pendaftaran, oleh karenanya terjadi kekosongan hukum dalam wilayah ini. Namun NSMIA melindungi negara dengan berdasarkan otoritas anti-kejahatan terhadap selruh sekuriti yang diperdagangkan di Amerika.[9]

SEC juga melakukan kerja sama dengan penegak hukum federal dan negara guna melaksanakan tindakan hukum terhadap para pelaku kejahatan dalam undang-undang sekuriti.

Aturan-aturan hukum[sunting | sunting sumber]

Komunikasi SEC[sunting | sunting sumber]

Surat komentar[sunting | sunting sumber]

Surat komentar adalah surat yang diterbitkan oleh SEC kepada perusahaan publik yang bermasalah dan meminta penjelasan dari perusahaan tersebut.Misalnya pada bulan Oktober 2001, SEC menulis surat kepada Computer Associates (CA), meliputi limabelas butir yang kebanyakan mengenai akunting CA termasuk 5 hal mengenai jumlah yang diakui sebagai pemasukan. Kepala keuangan CA, yang kepadanya surat ditujukan mengakui bersalah atas penipuan pada CA pada tahun 2004.

Pada bulan Juni 2004, SEC mengumumkan bahwa seluruh surat komentar SEC ini akan dipublikasikan untuk umum guna memberikan akses bagi investor atas informasi tersebut.


Surat tanpa tindakan[sunting | sunting sumber]

Surat tanpa tindakan ini merupakan surat yang dibuat oleh staf SEC yang menunjukkan bahwa staf tersebut tidak akan merekomendasikan kepada komisi bahwa SEC akan melaksanakan tindakan hukum terhadap seseorang atau perusahaan apabila perusahaan tersebut melakukan suatu tindakan tertentu. Suart ini dibuat sebagai jawaban atas permohonan yang dibuat apabila terdapat suatu ketidak jelasan status hukum dari suatu kegiatan. Surat inipun akan diumumkan kepada publik dan meningkatkan pengetahuan tentang apa yang sesungguhnya diperkenankan dan apa yang sesungguhnya dilarang. Surat tersebut merupakan interpretasi staf SEC atas peraturan pasar modal, namun surat tersebut tidak dapat digunakan sebagai pembelaan dan tidak mengikat di hadapan pengadilan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lembaga semacam ini di Indonesia disebut Lembaga Penjamin Simpanan (Indonesia Deposit Insurance Corporation)
  2. ^ Policing The Securities Market: An Overview Of The SEC." Investopedia. Investopedia Inc., 21 Oct, 2005
  3. ^ National Association of Securities Dealers
  4. ^ "How does the NASD differ from the SEC?" Investopedia. Investopedia Inc.
  5. ^ Law suit dalam hukum Amerika merupakan suatu proses peradilan sipil yang diajukan sebelum perkara tersebut diperiksa oleh pengadilan dimana para pihak memulai suatu perkara, atau penuntutan perkara, atapun mencari suatu penyelesaian hukum.
  6. ^ Regulatory Structure
  7. ^ U.S. Treasury
  8. ^ en:bluesky law
  9. ^ NSMIA


Pranala luar[sunting | sunting sumber]