Brookline, Massachusetts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Washington Street, Brookline Village MA.jpg

Brookline ialah sebuah kota kecil di Norfolk County, Massachusetts, Amerika Serikat. Berbatasan dengan Newton (bagian Middlesex County) di barat daya dan Boston (bagian Suffolk County) selain itu, maka tak sebenarnya berdampingan dengan bagian lain dari Norfolk County. Dari sensus 2000, penduduk kota ini ialah 57.107.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Brookline diperintah oleh representative (elected) Town Meeting dan 5 orang Board of Selectmen.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertama kali ditinggali pada awal 1600-an sebagai bagian Boston, Massachusetts yang dikenal sebagai dusun kecil Sungai Muddy, Brookline dimasukkan sebagai kota merdeka pada 1705.

Presiden John F. Kennedy dilahirkan di sini. Juga merupakan tempat tinggal Frederick Law Olmsted, arsitek lanskap AS yang berpengaruh, 60 menit patung Mike Wallace, Michael Dukakis, mantan Gubernur Massachusetts dan kandidat kepemimpinan Democrat pada 1988, Conan O'Brien tuan rumah talk show TV, komentator TV Barbara Walters, Manajer Umum Boston Red Sox Theo Epstein, dan pemilik New England Patriots Robert Kraft. Wallace, Dukakis, Epstein, O'Brien and Kraft seluruhnya mengikuti Sekolah Tinggi Brookline.

The Country Club, klub olahraga eksklusif di sini, menyatakan menjadi klub pribadi pertama di AS yang dibentuk semata-mata untuk kegiatan di alam terbuka. Paling terkenal karena klub golf; salah satu 5 klub yang membentuk Asosiasi Golf AS, dan telah menuanrumahi U.S. Open 3 kali dan Ryder Cup sekali.

Brookline juga tempat beradanya Hellenic College dan Holy Cross Greek Orthodox School of Theology.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Brookline terletak di 42°19'50" Utara, 71°8'1" Barat (42.330664, -71.13364).

Menurut Biro Sensus AS, kota ini memiliki total area 17,7 km² (6,8 mi²). 17,6 km² (6,8 mi²) tanah dan 0,1 km² (0,04 mi²) air. Area total ialah 0,44% air.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Dari sensus 2000, ada 57.107 orang, 25.594 rumah tangga, dan 12.233 keluarga yang tinggal di kota ini. Kepadatan penduduk ialah 3.247,3/km² (8.409,7/mi²). Ada 26.413 unit perumahan atas kepadatan rata-rata 1.501,9/km² (3.889,6/mi²). Susunan rasial kota ini ialah 81,08% kulit putih, 2,74% kulit hitam atau Afrika-Amerika, 0,12% Indian, 12,83% Asia, 0.03% asal Kepulauan Pasifik, 1,01% dari ras lain, dan 2,18% dari 2 atau lebih ras. 3,53% penduduknya ialah orang Hispanik-Amerika atau Latin dari tiap ras.

Ada 25.594 rumah tangga dari yang 21,9% memiliki anak di bawah usia 18 yang tinggal bersama mereka, 38,4% pasangan menikah yang tinggal bersama, 7,1% memiliki kepala rumah tangga wanita dengan tanpa kehadiran suami, dan 52,2% bukan keluarga. 36,7% seluruh rumah tangga tersusun atas perseorangan dan 10,1% memiliki seseorang yang tinggal bersama yang berusia 65 atau lebih. Ukuran rumah tangga rata-rata ialah 2,18 ukuran keluarga rata-rata ialah 2,86.

Di kota kecil ini penduduk tersebar dengan 16,6% di bawah umur dari 18, 11,7% dari 18 sampai 24, 37,3% dari 25 sampai 44, 21,9% dari 45 sampai 64, dan 12,4% yang merupakan 65 tahun ke atas. Usia rata-rata ialah 34 tahun. Dari tiap 100 wanita ada 82,6 lelaki. Dari setiap 100 wanita berusia 18 dan lebih, ada 79,1 lelaki.

Pendapatan rata-rata 1 rumah tangga di kota ini ialah $66.711, dan pendapatan rata-rata 1 keluarga ialah $92,993. Lelaki memiliki pendapatan rata-rata $56.861 versus $43.436 untuk wanita. Income per kapita untuk kota ini ialah $44.327. 9,3% penduduk dan 4,5% keluarga ada di bawah garis kemiskinan. Dari jumlah penduduk, 5,3% darinya di bawah usia 18 dan 7,5% darinya 65 dan yang lebih tua tinggal di bawah garis kemiskinan.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Brookline ialah permata pinggiran kota. Berdampingan dengan Boston – telah mengatur untuk memelihara identitasnya - campuran jalan yang sibuk dan pedalaman yang berbukit, toko berskala besar dan tempat umum di desa, bangunan apartemen yang ramah dan perkebunan besar, dan tempat untuk banyak profesional akademik dan ilmiah, yang bekerja di pusat medis di Boston. Brookline telah kukuh menolak dimasukkan ke dalam Boston, yang mengelilinya seperti ladam. Komunitas 6,6 mil² (17 km²) dan hampir 55.000 orang. Brookline telah menjaga kondisi pertemuan pemerintahan kotanya sejak 1705, saat lahan pertanian "Sungai Muddy". Boston ini digabungkan dan dinamai pada selokan yang membentuk perbatasannya itu. Di antara banyak sumber penghasilannya yang tak biasa, Brookline memiliki kerja pertaniannya sendiri (dengan pangkalan pertanian), klub negeri tertua di sana, lapangan golf kota kecil, tempat di mana John F. Kennedy lahir, taman yang ada di lereng bukit memandang ke bawah Boston dengan gelanggang es di luar dan museum transportasi, dan sejumlah taman dan tempat bermain yang dekat yang tersebar di seluruh kota kecil ini. Pusat eceran utamanya, seperti Coolidge Corner dan Brookline Village, ialah daerah belanja berorientasi pejalan kaki yang sibuk dengan berbagai toko – toko antik, warung kopi, toko buku, pasar buah dan sayuran segar, toko makanan dan rumah makan. Di samping menawarkan suasana kota dan suasana di desa, ada percampuran antar orang di Brookline: tua, minoritas, imigran dari banyak negeri, keluarga muda dan murid perguruan tinggi. Dikatakan bahwa kumpulan murid di Sekolah Tinggi Brookline – institusi terkenal di tingkat nasional – termasuk murid dari 50 negara yang berbeda. Walau kebanyakan kediaman, Brookline khawatir menarik pengembangan perusahaan dagang baru, dan baru saja dalam 2 tahun terakhir, kota ini telah mengubah penetapan daerahnya untuk mendorong pertumbuhan baru di sepanjang jalannya. Dengan sekolahnya (swasta dan negeri), transportasi (beberapa cabang MBTA Green Line yang melintasi kota), dan pemerintahan yang baik, Brookline ialah tempat pilihan bagi beberapa orang untuk tinggal atau membangun bisnis.

Brookline dikenal di daerah Boston penduduknya yang banyak dari emigran Rusia dan sejumlah sinagoga. Budaya Yahudi sangat kuat di Brookline, dan yang khususnya terkemuka di seluruh bagian Harvard Street yang membentang antara Beacon Street (Coolidge Corner) dan Commonwealth Avenue. Lingkungannya, yang secara kebetuilan juga menonjolkan tempat kelahiran JFK, ialah tempat sedikitnya 3 daerah sinagoga dan sejumlah rumah makan dan toko berpokoq Yahudi, yang terkenal Kupel's Bagels—sebuah toko kue bersertifikat Glatt-Kosher yang banyak klaim memiliki bagels terbaik di daerah Boston — dan Zaftigs Delicatessen.

Brookline juga dikenal karena sekolahnya, yang didukung dalam sebagian besar pajak pemilikan—kota ini memiliki satu dari highest property tax burdens di Amerika Serikat.

Sedangkan penduduk Brookline cenderung ke arah gagasan liberal, faktor ekonomi dan budaya menjaga bagian ini di daerah metropolitan Boston yang kurang bermacam daripada daerah sekitarnya di seberang Charles, Cambridge.

"Fairsted", markas bisnis berusia 100 tahun dan rancangan jasa secara nasional arsitek lanskap termasyhur Frederick Law Olmsted dan perusahaan Olmsted Brothers, telah secara hati-hati dilindungi sebagai Frederick Law Olmsted National Historic Site, terletak 7 ukuran tanah (28.000 m²) tanah pertamanan di 99 Warren Street. Menawarkan wawasan ke dalam kebiasaan sebenarnya rancangan dan pembangunan taman skala besar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]