The Boston Globe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Boston Globe
BG22808.jpeg

Halaman depan The Boston Globe, 28 Februari 2008
Jenis harian
Format koran
Pemilik The New York Times Company
Penerbit P. Steven Ainsley
Redaktur Martin Baron
Didirikan 1872
Kantor pusat Boston, Massachusetts, Amerika Serikat
Sirkulasi 350.605 edisi harian
525.959 edisi Minggu[1]
Situs web resmi boston.com

The Boston Globe dan edisi Minggu bernama Boston Sunday Globe adalah surat kabar harian beroplah terbesar di Boston, sekaligus di wilayah New England, Amerika Serikat. Pemiliknya adalah The New York Times Company. Surat kabar ini bersaing dengan sesama koran lokal, Boston Herald.[2] Pada tahun 2008, oplah rata-rata edisi harian mengalami penurunan 8,3 persen dari 382.503 eksemplar menjadi 350.605 eksemplar. Oplah edisi minggu turun 6,5 persen menjadi 525.959 eksemplar. [3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Harian ini didirikan tahun 1872 oleh enam usahawan dari Boston di bawah pimpinan Eben Jordan. Modal awalnya sebesar AS$150.000. Jordan adalah pendiri toko eceran Jordan Marsh yang kemudian dibeli Macy's. Edisi pertama terbit tanggal 4 Maret 1872 dengan harga 4 sen. Edisi hari Minggu mulai diterbitkan pada tahun 1877. Pada tahun berikutnya, Boston Globe mulai menerbitkan edisi sore dengan judul The Boston Evening Globe yang bertahan hingga tahun 1979.

Ketika surat kabar sedang mengalami kesulitan keuangan, Jordan mempekerjakan Jenderal Charles H. Taylor, seorang veteran Perang Saudara Amerika sebagai manajer bisnis sejak Agustus 1873. Taylor dan Jordan kemudian menjadi mitra bisnis. Kepemilikan surat kabar dibagi dua di antara mereka, sementara Taylor berperan sebagai penerbit.

Pada tahun 1973, penerbit Boston Globe diubah statusnya dari perusahaan keluarga menjadi perusahaan terbuka dengan nama Affiliated Publications. Walaupun demikian, pengelolaan perusahaan hingga tahun 1999 tetap berada di tangan keturunan Charles H. Taylor.

Pada tahun 1993, Affiliated Publications diakuisisi oleh The New York Times Company dengan harga AS$1,1 miliar, dan Boston Globe sepenuhnya dijadikan anak perusahaan The New York Times.[4] Keluarga Jordan dan Taylor menerima saham Times Company dalam jumlah besar, namun posisi manajemen tidak lagi diisi oleh anggota keluarga Taylor sejak tahun 2000/2001.

Pada tahun 1995, Boston Globe meluncurkan edisi daring di Boston.com.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saba, Jennifer (28 April 2008). "New FAS-FAX: Steep Decline at 'NYT' While 'WSJ' Gains". Editor & Publisher. Nielsen Business Media, Inc. 
  2. ^ Gavin, Robert (8 November 2005). "Herald's circulation declines". The Boston Globe. Diakses 6 September 2006. 
  3. ^ Globe Staff and Wire Reports (29 April 2008). "Big Papers’ Circulation Falls". The Boston Globe. Diakses 5 Juni 2008. 
  4. ^ Palmer, Thomas C., Jr. "Globe Sale Points to Newspapers' Strength". The Boston Globe, p. A1, 12 Juni 1993.
  5. ^ "On the Dot: Special Announcement". Boston.com. 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]