Kangkung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kangkung
Ipomoea aquatica

Tumbuhan
Jenis buahkapsul
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN168908
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladlamiids
OrdoSolanales
FamiliConvolvulaceae
TribusIpomoeeae
GenusIpomoea
SpesiesIpomoea aquatica
Forsskål
Water spinach, raw
Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
Energi79 kJ (19 kcal)
3.14 g
Serat pangan2.1 g
0.2 g
2.6 g
VitaminKuantitas
%DV
Vitamin A equiv.
39%
315 μg
Tiamina (B1)
3%
0.03 mg
Riboflavin (B2)
8%
0.1 mg
Niasin (B3)
6%
0.9 mg
Asam pantotenat (B5)
3%
0.141 mg
Vitamin B6
7%
0.096 mg
Folat (B9)
14%
57 μg
Vitamin C
66%
55 mg
MineralKuantitas
%DV
Kalsium
8%
77 mg
Zat besi
13%
1.67 mg
Magnesium
20%
71 mg
Mangan
8%
0.16 mg
Fosfor
6%
39 mg
Potasium
7%
312 mg
Sodium
8%
113 mg
Seng
2%
0.18 mg

Persen DV berdasarkan rekomendasi Amerika Serikat untuk orang dewasa.
Sumber: USDA FoodData Central

Kangkung (Ipomoea aquatica) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia, tempat asalnya tidak diketahui. dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

Masakan kangkung yang populer adalah cah kangkung bumbu tauco atau terasi, juga di wewarungan terdapat pelecing kangkung lombok

Pemerian[sunting | sunting sumber]

Ada dua jenis bentuk kangkung yang dijual di pasaran. Yang pertama adalah kangkung berdaun licin dan berbentuk mata panah (kangkung air) sepanjang 10–15 cm. Tumbuhan ini memiliki batang berongga yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada pangkal daun. Tumbuhan ini bewarna hijau pucat dan menghasilkan bunga bewarna putih, yang menghasilkan kantung yang mengandung empat biji benih. Jenis kedua adalah dengan daun sempit memanjang (kangkung tanah) biasanya tersusun menyirip tiga.

Budidaya[sunting | sunting sumber]

Kelompok kultivar[sunting | sunting sumber]

Kangkung budidaya terbagi ke dalam empat kelompok kultivar.[1] Kangkung sawah (Kelompok Lowland) adalah kelompok yang paling dikenal, tumbuh meliar di rawa-rawa dangkal dan persawahan yang terbengkalai. Ini yang secara tradisional dimakan orang. Kelompok berikutnya adalah kangkung darat atau Kelompok Alba, pernah dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir. tetapi nama ini sekarang dianggap tidak valid. Kangkung darat berdaun lebih sempit dan lebih adaptif pada lahan kering, sehingga dapat ditanam di tegalan atau bahkan kebun. Kelompok berikutnya adalah kangkung berdaun keunguan atau Kelompok Rubra. Kelompok ini daun dan bunganya memiliki semu warna merah atau ungu, berdaun agak lebar tetapi juga adaptif pada lahan kering. Kelompok terakhir adalah kangkung kering atau Kelompok Upland, dikenal dalam bahasa Kanton sebagai hon ngung choi.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Ada dua jenis penanaman diusahakan: kering dan basah. Dalam keduanya, sejumlah besar bahan organik (kompos) dan air diperlukan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur. Dalam penanaman kering, kangkung ditanam pada jarak 5 inci pada batas dan ditunjang dengan kayu sangga. Kangkung dapat ditanam dari biji benih atau keratan akar. Ia sering ditanam pada semaian sebelum dipindahkan di kebun. Daun kangkung dapat dipanen setelah 6 minggu ia ditanam.

Jika penanaman basah digunakan, potongan sepanjang 12-inci ditanam dalam lumpur dan dibiarkan basah. Semasa kangkung tumbuh, kawasan basah ditenggelami pada tahap 6 inci dan aliran air perlahan digunakan. Aliran air ini kemudian dihentikan apabila tanah harus digemburkan. Panen dapat dilakukan 30 hari setelah penanaman. Apabila pucuk tanaman dipetik, cabang dari tepi daun akan tumbuh lagi dan dapat dipanen setiap 7-10 hari.

Semasa berbunga, pucuk kangkung tumbuh dengan lambat, tetapi pembajakan tanah dan panen cenderung menggalakkan lebih banyak daun yang dihasilkan.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Hampir keseluruhan tanaman muda dapat dimakan. Karena kangkung tua berserat kasar, pucuk yang muda lebih digemari. Ia dapat dimakan mentah atau dimasak seperti bayam. Kangkung sering juga digoreng sebagai cah. Plecing kangkung adalah menu yang terkenal dari daerah Lombok.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman MMPND bagian Ipomoea aquatica

Pranala luar[sunting | sunting sumber]