Kang Dong-Won

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kang Dong-Won
Lahir 18 Januari 1981 (umur 33)
Bendera Korea Selatan Changwon, Korea Selatan
Pekerjaan Aktor
Kang Dong-Won
Hangeul 강동원
Hanja 姜棟元
Alih Aksara yang Disempurnakan Gang Dongwon
McCune–Reischauer Kang Tong-wǒn

Kang Dong Won (lahir di Changwon, Korea Selatan, 19 Januari 1981; umur 33 tahun) adalah aktor film dan televisi asal Korea Selatan.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Busan, keluarga Kang pindah ke Changwon ketika ia berusia 7 tahun. Ketika menuntut ilmu di Technological Engineering di Universitas Hanyang, ia bertemu dengan agen modeling pada tahun 2000. Setelah bekerja sebagai seorang model, ia memulai karier aktingnya di dalam dua drama televisi, dan pada tahun 2004 ia memulai film perdananya, sebuah komedi romantik Too Beautiful to Lie. Namun peran yang menampilkan bakat aktingnya yang sesungguhnya terjadi di dalam film Temptation of the Wolves, sebuah film adaptasi dari novel internet Guiyeoni. Dengan wajahnya yang menawan, kepopuleran Kang meningkat, dan merambah sampai ke negara-negara Asia lainnya terutama Jepang.

Daripada membintangi peran yang lebih utama, Kang mengejutkan pemirsa dengan peran selanjutnya di Maundy Thursday dan peran antagonis Voice of a Murderer. Kedua kerjasamanya dengan auteur Lee Myung-se di dalam Duelist dan M mengokohkan status Kang lebih lanjut sebagai salah satu aktor muda di dalam perfilman Korea. Ia mendapat pengakuan dari kritik-kritik untuk bakat dan pilihan beragam atas peran-perannya.

Kang menyatakan bahwa ia memutuskan untuk berperan sebagai karakter nakal di dalam aksi fantasi Jeon Woo Chi karena "ia ingin menjadi seorang aktor yang dicintai oleh berbagai generasi. Dengan aktor pendukung yang kuat dan anggaran yang cukup tinggi, film yang diarahkan oleh Choi Dong-hun menjadi sebuah acara liburan blockbuster yang menjual lebih dari 6 juta tiket pada musim dingin meskipun film tersebut baru muncul di bioskop hanya seminggu setelah Avatar di Korea.

Ia kemudian mencetak aktingnya dengan menjadi lawan main aktor veteran yang terkenal, Song Kang-ho di dalam film mata-mata Secret Reunion, Jang Hoon. Film tersebut menjadi salah satu box office terbesar pada tahun 2010 di Korea, dengan penjualan lebih dari 5 juta tiket.

Setelah membintangi film Haunters, Kang memulai tugas militernya pada tanggal 18 November, 2010.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

  • Magic (SBS, 2004)
  • 1% of Anything (MBC, 2003)
  • Country Princess (MBC, 2003)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]