Kakuriyo no Yadomeshi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kakuriyo no Yadomeshi
Sampul novel ringan volume pertama
かくりよの宿飯
(Kakuriyo no Yadomeshi)
Genre
Novel ringan
PengarangMidori Yūma
IlustratorLaruha
PenerbitFujimi Shobo
ImprintFujimi L Bunko
DemografiWanita
Terbit2015 – sekarang
Volume12
Manga
PengarangMidori Yūma
IlustratorWaco Ioka
PenerbitEnterbrain
Penerbit bahasa Inggris
MajalahB's Log Comic
DemografiJosei
Terbit2016 – sekarang
Volume10
Seri anime
SutradaraYoshiko Okuda
SkenarioTomoko Konparu
MusikTakurō Iga
StudioGonzo
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, KBS Kyoto, BS Fuji, AT-X
Saluran bahasa Inggris
Tayang 2 April 2018 24 September 2018
Episode26
Manga
PengarangMidori Yūma
IlustratorTsugaru Toba
PenerbitKodansha
MajalahMonthly Shōnen Sirius
DemografiShōnen
Terbit26 Januari 2023 – sekarang
Volume3
 Portal anime dan manga

Kakuriyo no Yadomeshi (Jepang: かくりよの宿飯), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Midori Yūma dan diilustrasikan oleh Laruha. Fujimi Shobo telah menerbitkan novel ringan ini mulai tahun 2015 di bawah cetakan Fujimi L Bunko. Adaptasi manga dari novel ringan ini diilustrasikan oleh Waco Ioka dan dimuat di majalah manga josei milik Enterbrain, B's Log Comic, mulai tahun 2016. Adaptasi seri televisi anime dari novel ringan ini diproduksi oleh Gonzo dan ditayangkan mulai tanggal 2 April hingga tanggal 24 September 2018.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Aoi Tsubaki adalah seorang mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk melihat ayakashi, suatu sifat yang diwariskan dari kakeknya yang telah meninggal. Suatu hari, ketika Aoi berjalan melewati kuil torii, ia melihat seorang ayakashi duduk di sana yang mengumumkan bahwa ia sangat lapar. Namun, setelah memberinya makanan, Aoi diculik oleh ayakashi sekaligus Ogre bernama Ōdanna. Ōdanna membawa Aoi ke Alam Tersembunyi, sebuah dunia di mana semua ayakashi tinggal. Ia memberitahu Aoi bahwa kakeknya berutang padanya dan sebagai kompensasi, Aoi harus menikah dengan Ōdanna. Aoi malah bernegosiasi dengan Ogre dan meminta untuk bekerja di penginapan Ogre, Tenjin-ya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Aoi Tsubaki (津場木 葵, Tsubaki Aoi)
Pengisi suara: Nao Tōyama[2]
Seorang gadis manusia yang mewarisi kemampuan untuk melihat ayakashi dari kakeknya, Shiro, yang juga mengajarinya cara memasak sejak ia masih kecil. Ia memiliki kepribadian yang peduli, tetapi ia telah menunjukkan bahwa ia bisa keras kepala dan berani. Ia lebih memilih bekerja untuk membayar utang kakeknya daripada menikahi Ōdanna. Penyesalan terbesarnya adalah ia tidak dapat berbagi makanan terakhir dengan kakeknya dan makanan terakhir kakeknya adalah makanan rumah sakit berkualitas buruk. Ia akhirnya menjadi hangat dengan Ōdanna dan tinggal di Alam Tersembunyi secara permanen sebagai koki Kedai Moonflower.
Ōdanna (大旦那)
Pengisi suara: Katsuyuki Konishi[2]
Seorang Ogre yang menjalankan penginapan Tenjin-ya di Alam Tersembunyi. Ia dikenal dingin dan tak kenal ampun, tetapi ia juga dicintai dan dihormati oleh para pelayannya karena kebaikan hatinya yang besar. Ia mengenal Shiro, kakek Aoi, selama beberapa tahun dan menganggapnya sebagai teman. Karena Shiro berutang hampir 100 juta yen, ia menerima tawaran Shiro untuk menikah dengan Aoi sebagai pelunasan. Ayakashi lainnya menyebutnya sebagai "Dewa Raksasa" atau "Tuan Pemilik Penginapan". Ia sangat menyayangi Aoi hingga ia menyamar dan menyelinap ke Orio-ya untuk menemani Aoi. Seperti Shiro, ia mampu melakukan perjalanan pulang pergi di alam manusia.
Ginji (銀次)
Pengisi suara: Shun'ichi Toki,[2] Miyu Tomita (muda)
Ayakashi rubah berekor sembilan sekaligus yang pertama di Alam Tersembunyi yang menunjukkan kebaikan sejati kepada Aoi. Ia bisa berubah bentuk menjadi salah satu dari sembilan penampilan fisik termasuk pria tampan, anak laki-laki, wanita cantik dan bayi rubah dengan sembilan ekor. Ia menjalankan sebuah kedai kecil, Moonflower, di gedung Tenjin-ya, tetapi ia tidak menerima banyak pelanggan. Ia meminta Aoi untuk mengambil alih kedai setelah mencicipi masakannya. Ia memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Ōdanna daripada pelayan lainnya, cukup dekat sehingga ia dapat menggunakan bentuk bocah lelakinya untuk mengelabui Ōdanna agar membelikannya camilan. Ia adalah sahabat masa kecil Ranmaru dan dulu bekerja di Orio-ya, tetapi ia mundur setelah ia tidak setuju Ranmaru memerintah karyawan mereka. Mereka perlahan berdamai saat mereka dan Aoi mempersiapkan upacara.

Karyawan Tenjin-ya[sunting | sunting sumber]

Oryō (お涼)
Pengisi suara: Ai Kakuma[3]
Seorang yuki-onna yang bekerja sebagai petugas kamar tamu dan tampaknya berperan sebagai kepala pelayan. Ia awalnya menganggap Aoi sebagai pengantin yang tidak cocok untuk Ōdanna karena cemburu. Ia menganggap hal itu sebagai tugasnya untuk mencegah pernikahan Aoi dengan Ōdanna. Ia jatuh cinta dengan Ōdanna dan telah dikenal untuk menyebut dirinya gundiknya. Setelah mempermalukan dirinya sendiri karena mencoba membunuh Aoi, ia jatuh sakit karena demam dan ketidakpopulerannya dengan pelayan lain terungkap ketika Aoi adalah satu-satunya yang mau merawatnya. Setelah itu, ia menjadi lebih dekat dengan Aoi dan memperlakukannya seperti seorang teman. Ia tampaknya memiliki persaingan sebelumnya dengan Nene dari Orio-ya, mungkin karena mereka berdua adalah nyonya rumah di penginapan masing-masing.
Akatsuki ()
Pengisi suara: Yūma Uchida[3]
Pegawai Tenjin-ya dan seorang tsuchigumo yang dikenal karena perilakunya yang kasar dan suka usil. Ia memiliki seorang adik perempuan bernama Suzuran. Wujud ayakashi-nya adalah laba-laba ungu raksasa dengan kaki tebal dan mata merah. Ia biasa menyerang manusia untuk menjaga adiknya tetap aman ketika mereka tinggal di alam manusia, meskipun ia akhirnya dikalahkan oleh Shiro dan dibawa untuk tinggal di rumahnya. Ia mengaku membenci Shiro, tetapi ia sebenarnya sangat dekat dengan Shiro pada saat Shiro mengirimnya ke Tenjin-ya. Ia menganggap Shiro melanggar janjinya untuk menjaganya dan adik perempuannya. Awalnya setelah bertemu Aoi, ia memusuhi Aoi, tetapi setelah Aoi membantu adiknya pindah ke alam manusia, ia menjadi sangat lembut dan bahkan membantu Aoi dengan pembukaan Kedai Moonflower.
Byakuya (白夜)
Pengisi suara: Atsushi Tamaru[3]
Seekor hakutaku yang bijaksana dan tegas serta bertanggung jawab atas keuangan Tenjin-ya. Pada awalnya, karena Aoi tidak mendapat untung dengan menjalankan Kedai Moonflower, ia merekomendasikan agar Aoi menyerah dan menikahi Ōdanna. Ia memberitahu bahwa ia membenci Shiro karena Shiro tidak hanya berutang 100 juta yen kepada Ōdanna, tetapi ia juga menghabiskan banyak uang bagi Tenjin-ya selama beberapa tahun untuk membeli perabotan yang rusak, membayar tagihan yang belum dibayar serta mencuri makanan dan alkohol dari dapur. Namun, Shiro sebenarnya telah menemukan kegemaran rahasianya terhadap Tube Kittens dan telah menggunakannya untuk memerasnya.
Shizuna (静奈)
Pengisi suara: Reina Ueda[4]
Seekor nure-onna pemalu di Tenjin-ya yang membantu menjalankan rumah pemandian. Sebelum bekerja di Tenjin-ya, ia bekerja di Orio-ya dan dilatih oleh Tokihiko yang dekat dengannya. Ia tidak sengaja bertanggung jawab atas bekas luka di wajah Tokihiko dan diusir dari Orio-ya untuk bekerja di Tenjin-ya. Meskipun ia masih peduli pada Tokihiko, perpisahan yang lama dari Tokihiko mengisyaratkan ia bingung di hadapan Tokihiko, menyebabkannya menghindari Tokihiko. Berkat campur tangan Aoi, ia akhirnya berdamai dengan Tokihiko yang berjanji suatu hari akan membawanya kembali ke Orio-ya bersama Tokihiko.
Kasuga (春日)
Pengisi suara: Mitsuki Nakae[5]
Seekor tanuki berpenampilan seorang gadis muda, berambut merah dan bertelinga binatang. Perannya di Tenjin-ya belum dijelaskan meskipun ia memiliki kakak laki-laki bernama Chiaki yang bekerja di Tenjin-ya sebagai penjaga sepatu.
Sasuke (サスケ)
Pengisi suara: Yuuki Inoue[5]
Seekor kamaitachi di mana keluarganya telah bekerja di Tenjin-ya selama beberapa generasi, melakukan tugas berkebun di siang hari dan bertindak sebagai penjaga keamanan di malam hari. Ia berteman dengan Shiro di masa mudanya saat fase pemberontakan ketika ia membenci harus bekerja di Tenjin-ya dan mereka sering mendapat masalah bersama.
Chiaki (千秋)
Pengisi suara: Takuya Eguchi
Kakak Kasuga dan juga seorang tanuki. Ia bekerja di Tenjin-ya sebagai penjaga sepatu.
Saraku (砂楽)
Pengisi suara: Tomokazu Seki
Seorang ilmuwan yang merupakan direktur pengembangan di Tenjin-ya dan mengawasi berbagai operasi di ruang bawah tanah Tenjin-ya yang memproduksi berbagai hadiah, produk dan barang-barang lain yang tersedia di toko suvenir Tenjin-ya. Ia memiliki ratusan karyawan tesso dan tampaknya mengalami kesulitan fokus pada lebih dari satu hal pada satu waktu karena ia sepertinya lupa Aoi dan akatsuki ada di sana saat ia membuat resep roti kukus jenis baru.
Ai (アイ)
Pengisi suara: Aya Suzaki
Pengikut Aoi. Ia lahir dari Ogre Api yang memiliki kecerdasan dan penampilan manusia jika diberi energi spiritual yang cukup. Ia lahir dari kombinasi energi spiritual Aoi dan kalung Ogre Api yang diberikan Ōdanna padanya. Ia menjadi peniru Aoi sehingga tidak ada yang akan menyadari bahwa Aoi yang asli hilang. Akibatnya, bentuk favoritnya adalah tiruan dari Aoi meskipun ia berambut hijau serta berkulit dan matanya yang berwarna sama dengan api Ōdanna. Ia setia dan menyayangi Aoi dan Ōdanna, khususnya memperlakukan Aoi seperti ibunya, membuat Ōdanna bercanda bahwa ia seperti putri mereka.

Karyawan Orio-ya[sunting | sunting sumber]

Ōgon Dōji (黄金童子)
Pengisi suara: Aoi Yūki
Seorang zashiki warashi pirang yang meskipun awalnya misterius, ia terungkap sebagai pendiri Tenjin-ya dan Orio-ya. Ia bertindak sebagai nyonya pemilik penginapan Orio-ya seperti Ōdanna yang menjadi tuan pemilik penginapan Tenjin-ya. Meskipun ia masih memiliki tingkat otoritas tertentu atas kejadian di Tenjin-ya, ia dapat memberikan perintah terhadap Ōdanna dan mengharapkannya untuk mengikuti mereka. Ia tertarik pada Aoi oleh aroma makanannya dan cukup menikmatinya, lalu ia memberi Aoi Temari untuk memberkati Kedai Moonflower dengan kemakmuran dan menyelamatkannya dari penutupan. Meskipun demikian, ia terkadang menunjukkan sikap yang lebih dingin setelah ia menculik Aoi dari Tenjin-ya dan tidak peduli bagaimana staf Orio-ya memperlakukannya. Sebenarnya, ia hanya ingin bantuan Aoi dalam mempersiapkan upacara untuk memulihkan perdamaian di Alam Tersembunyi.
Ranmaru (乱丸)
Pengisi suara: Kaito Ishikawa,[6] Riho Sugiyama (muda)
Komainu, juga dikenal sebagai Dewa Anjing dan tuan muda Orio-ya yang memiliki posisi setara dengan Ginji di Tenjin-ya. Ia memperlakukan Aoi dengan kasar karena ia mengenal kakeknya, Shiro, dan membencinya hingga ia mencuri jepit rambut yang diberikan Ōdanna kepada Aoi untuk mengurangi kemungkinan Aoi akan mencoba melarikan diri, melarangnya menggunakan dapur utama dan hanya setuju untuk membiarkan Aoi memasak di bangunan luar bekas karena keterampilan memasaknya berguna. Meskipun demikian, ia terbukti sangat peduli pada orang-orang di daratan selatan dan berusaha sekuat tenaga setiap hari untuk mencoba dan meringankan penderitaan mereka, bahkan ia mempekerjakan anak yatim piatu di Orio-ya untuk mencegah mereka menjadi tunawisma atau tidak punya uang.
Hatori (葉鳥)
Pengisi suara: Takuma Terashima
Seorang tengu dan putra ketiga Matsuba dan istri bangaunya, Sasara. Ia sekarang bekerja di Orio-ya sebagai manajer resepsionis. Sebelumnya, ia adalah manajer resepsionis di Tenjin-ya hingga ia menunjuk Akatsuki sebagai penggantinya dan mulai bekerja di Orio-ya sebagai gantinya. Ayahnya, Matsuba, mengasingkannya dari Gunung Shumon setelah mereka berseteru serius dan ia mencuri minuman keras rahasia tengu sebagai balas dendamnya terhadap ayahnya. Ia berdamai dengan ayahnya setelah Aoi memasak gameni untuk mereka yang menghancurkan keluarga mereka. Meskipun menjadi anggota Orio-ya, ia menganggap Aoi sebagai teman dan mendukungnya dalam beberapa hal setelah Aoi dibawa ke Orio-ya.
Tokihiko (時彦)
Pengisi suara: Daisuke Hirakawa
Seorang shiranui yang bekerja di Orio-ya sebagai petugas mandi. Cirinya yang paling menonjol adalah bekas luka di dahinya yang terus mengeluarkan api biru. Dia menerima bekas luka saat menyelamatkan Shizuna dari roh Ayakashi berbahaya yang dia ganggu saat mencari sumber air panas baru. Tokihiko jatuh cinta dengan Shizuna dan berjanji untuk membawanya kembali ke Orio-ya suatu hari nanti. Dia juga berteman baik dengan Aoi saat dia membantunya berdamai dengan Shizuna setelah sekian lama berpisah.
Hideyoshi (秀吉)
Pengisi suara: Tetsuya Kakihara
Ayakashi monyet yang berubah bentuk dan mengambil alih peran Ginji sebagai tuan muda Orio-ya setelah Ginji bekerja di Tenjin-ya. Ia memandang rendah manusia dan menolak kehadiran Aoi di Orio-ya. Ia juga menyalahkan Aoi atas segala sesuatu yang tidak beres. Namun, ia memiliki hubungan yang lebih baik dengan Aoi terutama setelah Aoi membantu merawat Nene ketika Nene merasa sedih. Ia diam-diam menyukai Nene, tetapi ia tidak mengungkapkan perasaannya karena ingin mendukung Nene dengan cintanya terhadap Ranmaru.
Nene (ねね)
Pengisi suara: Sayaka Kaneko[6]
Ayakashi tikus api yang terkenal karena rambut merah mudanya yang cerah, mata merah dan api merah muda yang bisa dipanggil sesuka hati. Ia melayani sebagai nyonya muda Orio-ya dan merasa terganggu dengan kehadiran Aoi, percaya bahwa Aoi mengganggu, lalu ia mengambil bagian dalam insiden yang melukai pergelangan kaki Aoi. Ia mungkin juga berada di balik lelucon kejam lainnya yang dimainkan terhadap Aoi meskipun hal ini tidak pernah terbukti. Ketika ia depresi atau kelelahan, ia kembali ke bentuk ayakashi-nya, tikus merah muda kecil dengan telinga besar dan ekor berbulu. Dalam bentuk ini, suhu tubuhnya menjadi sangat panas sehingga Aoi membakar jari-jarinya saat mencoba mengangkatnya. Ia memiliki persaingan dengan Oryō, mungkin karena kekuatan Oryō berbenturan dengan kekuatannya, tetapi ia telah mengungkapkan bahwa ia sangat mengagumi Oryō karena Oryō menyelamatkannya dari seorang pemabuk ketika ia masih kecil. Meskipun ia awalnya merundung Aoi, ia menjadi teman yang lebih baik dengan Aoi terutama setelah Aoi merawatnya ketika ia merasa sedih dan mendengarkan keluhannya. Ia menyukai Ranmaru.
Kai dan Mei (戒・明)
Pengisi suara: Minori Suzuki
Saudara kembar bangau hitam dan putih yang bekerja di Orio-ya sebagai koki. Sebagai saudara kembar, mereka identik dengan mata coklat yang serasi, kecuali Kai berambut hitam dan Mei berambut putih. Mereka adalah saudara kembar dari sedikit staf Orio-ya yang baik kepada Aoi sejak awal. Mereka sangat menghormati keterampilan memasak Aoi dan senang mempelajari resepnya. Mereka lebih dekat dengan Aoi sejak Aoi membantu mereka memasak makanan untuk tamu yang sulit.
Taichi (太一)
Pengisi suara: Junko Noda
Salah satu anak yatim piatu yang diangkat oleh Ranmaru.
Nobunaga (ノブナガ)
Seekor anjing buldog yang merupakan maskot Orio-ya.

Warga Alam Tersembunyi[sunting | sunting sumber]

Tannosuke (反之介)
Pengisi suara: Tomokazu Sugita[7]
Seorang tamu Tenjin-ya yang terkenal dimanjakan oleh orang tuanya yang kaya. Suzuran dijual kepada keluarganya oleh mantan majikannya agar Suzuran bisa menikah dengannya yang terobsesi dengan Suzuran. Ia selalu berusaha mendapatkan lebih banyak uang yang sering membuat dirinya dalam kesulitan. Pada saat seperti ini, ia bergantung pada Suzuran untuk menyelamatkannya. Suzuran lolos dari cengkeramannya setelah ia melakukan perjalanan ke alam manusia.
Matsuba (松葉)
Pengisi suara: Akio Ōtsuka
Seorang tengu dan penguasa Gunung Shumon. Ia memiliki 6 anak dan karena persahabatannya dengan Shiro, ia memutuskan untuk memperlakukan Aoi seperti cucunya sendiri. Ketika ia pertama kali mengetahui bahwa Aoi berutang pada Ōdanna, ia segera menawarkan untuk membayar utang itu sendiri dan membiarkan Aoi tinggal di Gunung Shumon dan bahkan menikahi salah satu putranya jika Aoi mau. Ia menyukai masakan Aoi dan juga sering mabuk hingga jatuh dari tempat tinggi seperti jembatan dan kapal udara.
Hakkabō (薄荷坊)
Pengisi suara: Noriaki Sugiyama
Seorang nyūdō-bōzu dan jurnalis. Ia mempublikasikan tentang Kedai Moonflower setelah terkesan dengan masakan Aoi, membuat Kedai Moonflower menjadi viral.
Nuinoin (縫ノ陰)
Pengisi suara: Takuya Masumoto
Seorang anggota keluarga kerajaan ayakashi. Ia bertemu istri manusianya, Ritsuko, di dunia manusia di mana mereka sering berkencan di restoran barat. Dibandingkan dengan bangsawan lain, ia lebih santai dan mungkin bebal hingga Byakuya menyebutnya idiot. Ia memiliki lukisan magis yang kuat dengan alam rahasia yang tersembunyi di dalamnya sebagai ruang penyimpanan yang nyaman untuk barang-barang berharga dirinya dan istrinya. Ia bersahabat dengan Aoi saat ia menikmati makanan yang dimasak Aoi untuk ulang tahun pernikahannya.
Ritsuko (律子)
Pengisi suara: Kaori Mizuhashi
Seorang manusia yang menikah dengan keluarga kerajaan ayakashi setelah bertemu suaminya yang seorang ayakashi, Nuinoin, dalam salah satu perjalanannya ke alam manusia. Setelah itu Nuinoin membawanya ketika keluarganya meninggal. Ia menikmati masakan barat dan sering membawa Nuinoin ke restoran barat saat mereka berkencan. Ia berterima kasih kepada Aoi karena memasak hidangan barat yang luar biasa untuk ulang tahun mereka dan memberinya selendang Hagoromo, yang secara tradisional dikenakan oleh anggota wanita istana, menunjukkan bahwa ia menganggap Aoi sebagai teman yang sangat baik.
Yodoko (淀子)
Pengisi suara: Manami Numakura
Tamu Orio-ya yang sombong dan terus-menerus mengubah keinginannya, tetapi ia rela meminjamkan payungnya untuk upacara setelah Aoi berbagi resep monjayaki dengannya.
Mitsunari (三成)
Pengisi suara: Kenji Akabane
Tangan kanan Yodoko.
Raijū (雷獣)
Pengisi suara: Satoshi Hino[6]
Seekor raijuu dengan kemampuan untuk mengendalikan guntur dan kilat. Ia berkulit gelap, berambut pirang dan bertato petir di sisi kiri wajahnya. Meskipun hanya terlihat di Orio-ya, ia bukanlah anggota staf dan sebenarnya adalah anggota bangsawan yang setara dengan Ōgon Dōji. Terlepas dari statusnya, ia adalah seorang hedonis yang sadis, hanya peduli pada kesenangannya sendiri dan dapat menjadi baik atau kejam. Ia telah mengakui bahwa ia tidak menghormati Isohime, seorang Hachiyo sebelumnya, atau ia mengorbankan hidupnya sendiri untuk menyelamatkan daratan selatan. Faktanya, pengkhianatannya sendiri menyebabkan kegagalan upacara pembersihan kutukan 300 tahun yang lalu yang mengakibatkan pengorbanan Isohime. Ia memiliki minat khusus dalam kegiatan Aoi dan berniat untuk menyiksa dan melahap Aoi. Ia mencuri suara indra pengecap Aoi sebelum merayunya, tetapi Byakuya mengusirnya, bahkan Ōdanna memperingatkannya bahwa ia akan membunuhnya jika ia menyentuh Aoi lagi. Ia sangat ahli dalam memainkan seruling.
Isohime (磯姫)
Pengisi suara: Maaya Sakamoto
Ibu angkat Ranmaru dan Ginji yang mempertaruhkan nyawanya untuk menjaga perdamaian daratan selatan. Semangatnya memberi Aoi sisik putri duyung yang dibutuhkan untuk membuat upacara berhasil.
Chibi (チビ)
Pengisi suara: Manaka Iwami[8]
Seekor kappa kecil berpenampilan kura-kura hijau dengan cangkang biru yang bertindak mirip dengan merpati tetapi dapat berbicara. Ia adalah kappa Aoi khusus yang suka memberi makan di taman. Ia menganggap Aoi licik dan Aoi akhirnya membawanya bersamanya ke Tenjin-ya sebagai hewan peliharaan.
Suzuran (鈴蘭)
Pengisi suara: Maaya Uchida[7]
Adik perempuan Akatsuki. Ia awalnya seorang geisha di Alam Tersembunyi dan juga seorang tsuchigumo. Ia pernah tinggal bersama Shiro di alam manusia dan ingin berada di sisinya. Seperti kakaknya, bentuk ayakashi-nya juga laba-laba raksasa, meskipun ia tidak seperti kakaknya, ia berkulit putih dengan mata merah muda dan tanda merah muda di sepanjang punggungnya serta kaki yang jauh lebih kurus. Setelah kembali ke alam manusia, ia memutuskan untuk tinggal di kuburan dekat kuburan Shiro untuk sementara waktu. Meskipun ia lebih muda dari kakaknya, ia adalah petarung yang lebih baik dari kakaknya karena ia mampu mengalahkan kakaknya dalam perkelahian saat argumen tentang rencananya untuk kembali ke alam manusia.
Sasara (笹良)
Pengisi suara: Kaori Nazuka
Seekor bangau yang dijodohkan dengan Matsuba. Setelah memasak gameni yang menurut Matsuba tidak seperti yang diharapkan, putra ketiga mereka, Hatori, memberontak melawan Matsuba. Matsuba mengusir Hatori dari Gunung Shumon setelah Hatori mencoba menjual minuman keras rahasia mereka. Ia meninggal karena sakit, namun ia tetap percaya Hatori akan bersatu kembali dengan Matsuba. Aoi kemudian memasak dua jenis gameni untuk ayah dan anak itu, di mana ia ternyata memasaknya dengan ayam tanpa tulang, sehingga tidak ada seorang pun di keluarga besarnya yang tersedak tulang. Hal ini menghapus kesalahpahaman antara Hatori dan Matsuba.
Shirō Tsubaki (津場木 史郎, Tsubaki Shirō)
Pengisi suara: Kazuhiko Inoue[4]
Kakek Aoi yang dapat melihat ayakashi dan orang pertama yang mengajari Aoi memasak. Ia membesarkan Aoi sendirian setelah ibunya meninggalkannya. Ia terkenal di kalangan ayakashi karena ia memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan antara manusia dan Alam Tersembunyi sesuka hati. Setiap ayakashi yang mengenalnya secara pribadi membencinya karena berbagai alasan atau menganggapnya sebagai teman dekat. Saat kunjungan ke Tenjin-ya, ia menghabiskan banyak uang dan ia akhirnya berutang pada Ōdanna sebesar 100 juta yen, memaksanya menawarkan Aoi untuk dinikahkan sebagai pelunasan utang. Ōdanna menganggapnya sebagai temannya. Ia meninggal di rumah sakit beberapa hari sebelum Aoi bertemu Ōdanna akibat terjatuh dan kepalanya terbentur.
Umi-bōzu (海坊主)
Pengisi suara: Inori Minase
Ayakashi yang sangat kuat yang tinggal jauh di dalam lautan dan merupakan kumpulan energi tidak murni yang menyebabkan bencana alam ke manapun ia pergi dan meninggalkan racun yang menguras energi spiritual ayakashi lainnya. Bencana alam ini memiliki dampak negatif yang kuat di daratan selatan, membuat sebagian besar orang jatuh miskin dan sangat berbahaya bagi nelayan untuk menangkap ikan di samudra selatan hingga banyak nelayan di antaranya mati. Ada upacara yang harus dilakukan setiap 100 tahun sekali yang dapat menahan bencana dengan menenangkannya. Terlepas dari kerusakan yang ditimbulkan dengan kekuatannya, Isohime, ibu angkat Ranmaru dan Ginji, mengetahui bahwa ia tidak ingin menyebabkan bencana atau sendirian dan ia sebenarnya cukup baik dan lembut.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini ditulis oleh Midori Yūma dan diilustrasikan oleh Laruha. Fujimi Shobo telah menerbitkan novel ringan ini mulai tahun 2015 di bawah cetakan Fujimi L Bunko.

No.Tanggal rilis ISBN
1 13 April 2015[9]ISBN 978-4-04-070575-0
2 15 September 2015[10]ISBN 978-4-04-070679-5
3 15 Februari 2016[11]ISBN 978-4-04-070808-9
4 15 Juni 2016[12]ISBN 978-4-04-070939-0
5 15 November 2016[13]ISBN 978-4-04-072086-9
6 15 Mei 2017[14]ISBN 978-4-04-072252-8
7 15 November 2017[15]ISBN 978-4-04-072472-0
8 13 April 2018[16]ISBN 978-4-04-072675-5
9 15 Oktober 2018[17]ISBN 978-4-04-072676-2
10 10 Agustus 2019[18]ISBN 978-4-04-073282-4
11 15 Desember 2020[19]ISBN 978-4-04-073660-0
12 15 Maret 2022[20]ISBN 978-4-04-074278-6

Manga[sunting | sunting sumber]

Viz Media mengumumkan di panel Anime Central 2018 bahwa mereka telah mendapatkan lisensi manga ini.[21]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 15 November 2016[22]ISBN 978-4-04-734320-71 Januari 2019[23]ISBN 978-1-97-470372-2
2 15 Mei 2017[24]ISBN 978-4-04-734554-65 Maret 2019[25]ISBN 978-1-97-470373-9
3 11 November 2017[26]ISBN 978-4-04-734874-57 Mei 2019[27]ISBN 978-1-97-470374-6
4 31 Maret 2018[28]ISBN 978-4-04-735078-62 Juli 2019[29]ISBN 978-1-97-470499-6
5 15 September 2018[30]ISBN 978-4-04-735306-03 September 2019[31]ISBN 978-1-97-470770-6
6 30 Agustus 2019[32]ISBN 978-4-04-735584-21 September 2020[33]ISBN 978-1-97-471042-3
7 1 Februari 2021[34]ISBN 978-4-04-736492-94 Januari 2022[35]ISBN 978-1-97-472648-6
8 1 April 2022[36]ISBN 978-4-04-736978-87 Maret 2023[37]ISBN 978-1-97-473677-5
9 1 April 2023[38]ISBN 978-4-04-737415-79 April 2024[39]ISBN 978-1-97-474370-4
10 1 Februari 2024[40]ISBN 978-4-04-737809-4

Adaptasi manga baru dari novel ringan ini diilustrasikan oleh Tsugaru Toba dan diterbitkan di majalah Monthly Shōnen Sirius mulai tanggal 26 Januari 2023.[41]

No.Tanggal rilis ISBN
1 9 Mei 2023[42]ISBN 978-4-06-531508-8
2 8 Agustus 2023[43]ISBN 978-4-06-532525-4
3 9 November 2023[44]ISBN 978-4-06-533494-2

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari novel ringan ini diumumkan pada bulan November 2017.[45] Seri ini disutradarai oleh Yoshiko Okuda di Gonzo, dengan Tomoko Konparu sebagai penulis naskah, Yōko Satō sebagai perancang karakter dan Takurō Iga sebagai penyusun musik. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 2 April hingga tanggal 24 September 2018 di saluran Tokyo MX, KBS Kyoto, BS Fuji dan AT-X.[3] Seri ini berjalan dalam dua bagian[46] dengan 26 episode.[47][48] Lagu tema pembuka pertama seri ini berjudul "Tomoshibi no Manimani" (灯火のまにまに) yang dibawakan oleh Nao Tōyama, sedangkan lagu tema penutup pertama seri ini berjudul "Sai -color-" (彩 -color-) yang dibawakan oleh Manami Numakura.[49] Lagu tema pembuka kedua seri ini berjudul "Utsushiyo no Yume" (ウツシヨノユメ, A Dream of the Temporal World) yang dibawakan oleh Nano,[50] sedangkan lagu tema penutup kedua seri ini berjudul "Shiranai Kimochi" (知らない気持ち, Unknown Feelings) yang dibawakan oleh Megumi Nakajima.[51] Crunchyroll dan Funimation mendapatkan lisensi seri ini.[52]

No.Judul [a]Tanggal tayang asli [53]
1"I'm Marrying into an Inn for Spirits."
Transkripsi: "Ayakashi o yado ni yomeiri shimasu." (あやかしお宿に嫁入りします。)
2 April 2018 (2018-04-02)
Dalam perjalanan ke universitas, Aoi Tsubaki, seorang gadis yang bisa melihat ayakashi, bertemu dengan ayakashi asing yang belum pernah dilihatnya sebelumnya. Kemudian, Aoi dibawa ke Tenjin-ya, sebuah penginapan di Alam Tersembunyi. Di sana, Aoi mengetahui bahwa kakeknya telah berjanji akan menikahkan Aoi dengan Ōdanna sang pemilik penginapan untuk melunasi utang.
2"I've Found a Job at the Inn for Spirits."
Transkripsi: "Ayakashi o yado de shigoto mitsukemashita." (あやかしお宿で仕事みつけました。)
9 April 2018 (2018-04-09)
Ginji, anak pemilik Tenjin-ya, menyarankan agar Aoi membuka kedai makan. Belum sempat memikirkannya, Aoi terseret ke dalam keributan yang disebabkan oleh rombongan tengu yang menginap di Tenjin-ya.
3"I Took a Trip to the Capital of the Hidden Realm."
Transkripsi: "Kaku riyo no to ni odekake shimashita." (かくりよの都にお出かけしました。)
16 April 2018 (2018-04-16)
Dunia ayakashi diperintah oleh delapan yōkai hebat yang disebut Hachiyo. Setelah Aoi berhasil memperbaiki suasana hati Matsuba, salah satu Hachiyo, Ōdanna mengajak Aoi pergi ke ibu kota Alam Tersembunyi sebagai hadiah atas pencapaiannya.
4"I Looked After a Snow Woman and an Earth-Spider."
Transkripsi: "Yukionna to tsuchigumo o kaihō shimashita." (雪女と土蜘蛛を介抱しました。)
23 April 2018 (2018-04-23)
Setelah mereka kembali ke Tenjin-ya, Oryō si wanita salju pingsan karena demam. Aoi diminta merawatnya dan memasak untuknya. Sementara itu, terjadi perkelahian antara Suzuran, yang ingin pergi ke alam manusia, dan Akatsuki, yang menentang kepergiannya.
5"I Should Not Forget My Promise to the Ayakashi."
Transkripsi: "Ayakashi to no yakusoku o wasurete wa naranu." (あやかしとの約束を忘れてはならぬ。)
30 April 2018 (2018-04-30)
Setelah bertengkar hebat dengan adik perempuannya, Akatsuki terjebak dalam wujud laba-laba dan tak mau menyentuh makanan yang dimasak oleh Aoi. Berpikir bahwa akan terlalu menyedihkan jika mereka berpisah tanpa berdamai, Aoi memutuskan untuk melakukan sesuatu.
6"I'm Opening up an Eatery in an Ayakashi Inn."
Transkripsi: "Ayakashi o yado de shokuji tokoro hajimemasu." (あやかしお宿で食事処はじめます。)
7 Mei 2018 (2018-05-07)
Akhirnya, hari pembukaan restoran Aoi telah tiba. Dengan nama "Moonflower" dari Matsuba, Aoi membuka kedainya dengan penuh semangat. Namun, tampaknya ada banyak hal yang tak bisa berjalan baik di tempat paling sial di wilayah timur laut ini.
7"Taking A Walk with the Master in the Rain."
Transkripsi: "Dai danna-sama to ame sanpo." (大旦那様と雨散歩。)
14 Mei 2018 (2018-05-14)
Aoi dipanggil oleh Byakuya, kepala kantor akuntansi, dan Byakuya menyatakan bahwa Aoi masih belum mencapai hasil yang memuaskan. Ia juga berkata kepada Aoi bahwa Kedai Moonflower akan ditutup apabila terus-menerus tak membuahkan hasil.
8"Shopping with the Nine-Tailed Young Master."
Transkripsi: "Kyū-bi no waka danna to o kaimono." (九尾の若旦那とお買い物。)
21 Mei 2018 (2018-05-21)
Setelah menerima permintaan dari Istana Kekaisaran untuk memasak hidangan perayaan di hari ulang tahun pernikahan Nuinoin dan istrinya, Aoi mengunjungi wilayah timur, tempat digelarnya pasar makanan lezat asing untuk mendapatkan bahan-bahan yang ia butuhkan.
9"An Elderly Ayakashi Couple's Wedding Anniversary."
Transkripsi: "Ayakashi-rō fūfu no kekkon kinen hi." (妖老夫婦の結婚記念日。)
28 Mei 2018 (2018-05-28)
Saat berada di tempat gelap, suara hujan dan guntur mengingatkan Aoi pada hari di mana ibunya meninggalkannya. Pada akhirnya, Aoi kehilangan kesadaran dan diselamatkan oleh Ōdanna. Namun, ketika ia bangun, hari perayaan ulang tahun pernikahan pasangan dari Istana Kekaisaran telah tiba.
10"A Rival Has Arrived at the Ayakashi Inn."
Transkripsi: "Ayakashi o yado ni kō tekishu kimashita." (あやかしお宿に好敵手きました。)
4 Juni 2018 (2018-06-04)
Di hari persiapan Festival Tanabata, warga kota dan Tenjin-ya menjadi lebih meriah. Di Kedai Moonflower, Ritsuko mengunjungi Aoi yang sedang mempersiapkan Tanabata. Di sana, Ritsuko menceritakan kisah tentang dirinya dan Nuinoin di masa lalu.
11"The Nure-Onna Bath Caretaker and Her Shiranui Teacher."
Transkripsi: "Yumori no Nure Onna to Shishō no Shiranui." (湯守の濡れ女と師匠の不知火。)
11 Juni 2018 (2018-06-11)
Ketika Ōdanna pergi, Hatori dan Tokihiko, manajer resepsionis dan pengelola pemandian dari penginapan saingan Tenjin-ya, Orio-ya, mendadak muncul di Tenjin-ya. Meskipun mereka berkata bahwa mereka hanya datang sebagai tamu, suasana tegang terpancar dari para karyawan.
12"There's a Secret in the Basement at Tenjin-ya."
Transkripsi: "Tenjin-ya no Chika ni himitsu arimasu." (天神屋の地下に秘密あります。)
18 Juni 2018 (2018-06-18)
Akatsuki dan Ginji bertingkah aneh sejak Hatori datang ke Tenjin-ya. Sementara itu, anak-anak dari salah satu keluarga ayakashi yang menginap di Tenjin-ya menghilang. Untuk mencari mereka, Aoi pergi ke ruang bawah tanah Tenjin-ya untuk pertama kalinya bersama Akatsuki.
13"A Grand Banquet at an Ayakashi Inn."
Transkripsi: "Ayakashi o yado no dai enkai." (あやかしお宿の大宴会。)
25 Juni 2018 (2018-06-25)
Setelah menuntaskan insiden hilangnya anak-anak ayakashi di penginapan, Aoi kembali ke Kedai Moonflower dan ia menemukan Ginji yang pingsan dalam bentuk anak rubah. Saat merawatnya, ia mengingat ayakashi bertopeng putih yang menyelamatkannya ketika ia masih kecil.
14"A Black Ship Arrives from the Southern Land."
Transkripsi: "Minami no Chi kara kurofune kimashita." (南の地から黒船来ました。)
2 Juli 2018 (2018-07-02)
Aoi menyadari bahwa ia telah menemukan tempat khusus di Tenjin-ya. Kemudian, kapal udara Orio-ya tiba-tiba muncul dengan ayakashi berambut panjang di atasnya, mengenakan topeng putih yang mengingatkan Aoi pada ayakashi di ingatan masa kecilnya.
15"I Was Abducted from an Ayakashi Inn."
Transkripsi: "Ayakashi o yado kara sarawa remashita." (あやかしお宿から攫われました。)
9 Juli 2018 (2018-07-09)
Setelah dibawa ke Orio-ya, penginapan saingan Tenjin-ya, Aoi dimasukkan ke dalam kurungan. Meskipun ia sendirian di tempat asing, ia memutuskan untuk melarikan diri untuk mencari tahu siapa ayakashi yang ditemuinya ketika masih kecil.
16"The Twin Chefs and a Rain Woman from a Rich Family."
Transkripsi: "Futago no Itamae to Ame Onna no Ojō-sama." (双子の板前と雨女のお嬢様。)
16 Juli 2018 (2018-07-16)
Atas saran Ginji, Aoi bersedia membuat sarapan untuk Matsuba yang sedang menetap di Orio-ya dan diberi izin untuk menggunakan dapur di penginapan lama Orio-ya. Sementara itu, lampu di Kedai Moonflower menyala saat Aoi dan Ginji pergi.
17"The Secret of the Ceremony in the Southern Land."
Transkripsi: "Minami no Chi no Gishiki no Himitsu." (南の地の儀式の秘密。)
23 Juli 2018 (2018-07-23)
Atas permintaan Ōgon Dōji, Aoi memutuskan untuk menjamu Yodoko, nona muda manja dari keluarga kaya yang ingin menikmati makanan menarik, dengan menyajikan monjayaki. Meskipun Yodoko awalnya tampak bingung, ia tertarik saat ia melihat monjayaki yang dimasak di hadapannya.
18"A Big Fight between a Tengu Father and His Son."
Transkripsi: "Tengu no Oyako no Dai kenka." (天狗の親子の大喧嘩。)
30 Juli 2018 (2018-07-30)
Setelah mendengar ledakan dari arah Orio-ya, Aoi bergegas kembali. Sesampainya di Orio-ya, Aoi melihat Matsuba yang marah dan Hatori yang babak belur. Kemarahan Matsuba disebabkan oleh Hatori yang meminta minuman keras rahasia tengu, salah satu barang yang dibutuhkan untuk ritual Orio-ya.
19"A Silver Beast on a Moonlit Night."
Transkripsi: "Tsuki no Yoru no Gin no Kemono." (月の夜の銀の獣。)
6 Agustus 2018 (2018-08-06)
Setelah Aoi berhasil memperbaiki hubungan antara ayah dan anak itu, seorang bangsawan bernama Raijū mulai tertarik pada Aoi. Sementara itu, Aoi mengikuti Nobunaga ke belakang hutan pinus dan menemukan seekor binatang perak besar yang pingsan di depan bekas kuil tua.
20"Traces of a Dream in the Dragon Palace."
Transkripsi: "Ryū Miyagi no Yume no Ato." (竜宮城の夢の跡。)
13 Agustus 2018 (2018-08-13)
Karena Aoi harus menemukan sisik duyung, ia memutuskan untuk pergi ke bekas istana naga, tempat yang dipenuhi kutukan kuat, bersama Ōdanna. Aoi dan Ōdanna tidak terpengaruh oleh mala, tetapi mereka terpisah ketika Aoi mendengar suara yang memanggil namanya.
21"Orio-ya's Young Hostess and Young Master."
Transkripsi: "Orio-ya no Wakaokami to Waka danna." (折尾屋の若女将と若旦那。)
20 Agustus 2018 (2018-08-20)
Oryō, mantan penyambut tamu di Tenjin-ya, datang ke Orio-ya sebagai tamu penginapan. Karyawan Orio-ya khawatir dengan kunjungan karyawan penginapan saingan. Nene, penyambut tamu Orio-ya, tampaknya sangat terganggu karena kedatangan Oryō.
22"Raijū's Warning."
Transkripsi: "Raijū no Keikoku." (雷獣の警告。)
27 Agustus 2018 (2018-08-27)
Saat Aoi sedang memikirkan hidangan untuk ritual, Raijū tiba-tiba muncul di hadapan Aoi. Meskipun Aoi berusaha keras dan mencoba untuk menjauh darinya, Raijū mengikutinya tanpa menyembunyikan niat jahatnya terhadap Aoi.
23"The Sealed Power and the Opening Heart."
Transkripsi: "Fūjirareta Chikara to Hirakareru kokoro." (封じられた力と開かれる心。)
3 September 2018 (2018-09-03)
Setelah meneguk minuman keras rahasia tengu, Aoi tiba-tiba pingsan. Ketika ia bangun, ia sadar bahwa ia telah kehilangan suara dan indra pengecapnya. Karena kondisinya sedang tak memungkinkan, Aoi dilarang untuk memasak hidangan harta laut.
24"Life-or-Death Hunt for the Gem Branch."
Transkripsi: "Tama no Eda sabaibaru." (玉の枝サバイバル。)
10 September 2018 (2018-09-10)
Nuinoin dan istrinya menyimpan salah satu cabang permata Hourai di dalam ruang tertutup pada lukisan tinta milik mereka. Dengan bantuan Byakuya, Aoi memasuki dunia lukisan tinta bersama Ginji, Ranmaru dan Chibi.
25"A Fireworks Event with Ayakashi."
Transkripsi: "Ayakashi-tachi to Hanabi taikai." (あやかしたちと花火大会。)
17 September 2018 (2018-09-17)
Setelah kembali dari dunia lukisan tinta, Aoi memutuskan untuk memasak hidangan harta laut. Saat acara kembang api dimulai, para pekerja Orio-ya direpotkan oleh banyaknya tamu yang mengunjungi penginapan. Terlebih lagi, kapal udara Tenjin-ya juga datang di saat yang sama.
26"Delicious Dishes are Served at the Inn for Spirits."
Transkripsi: "Ayakashi o yado ni umai sakana arimasu." (あやかしお宿に美味い肴あります。)
24 September 2018 (2018-09-24)
Aula bersinar terang dan ritualnya dimulai. Terpikat oleh aroma mentimun, Chibi masuk ke dalam kerai. Setelah mendengar teriakannya, Aoi membuka kerai dan sadar bahwa Umi-bōzu terlihat mirip seperti dirinya di masa lalu.

Drama panggung[sunting | sunting sumber]

Adaptasi drama panggung dari novel ringan ini diumumkan pada bulan Maret 2018 selama acara menjelang penayangan adaptasi seri televisi anime.[46]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "VIZ | VIZ MEDIA ANNOUNCES THE SUPERNATURAL ROMANTIC COMEDY KAKURIYO: BED & BREAKFAST FOR SPIRITS". www.viz.com. Diakses tanggal 22 April 2019. 
  2. ^ a b c "Kakuriyo no Yadomeshi TV Anime's 1st Promo Video Reveals Cast, Gonzo Animation". Anime News Network. 28 Desember 2017. Diakses tanggal 28 Desember 2017. 
  3. ^ a b c d "Kakuriyo no Yadomeshi TV Anime Reveals Visual, More Cast, Staff". Anime News Network. 25 Januari 2018. Diakses tanggal 25 Januari 2018. 
  4. ^ a b ""Kakuriyo no Yadomeshi" TV Anime Adds Two More Cast Members". Crunchyroll. Diakses tanggal 22 Februari 2018. 
  5. ^ a b "Kakuriyo no Yadomeshi Introduces Gardener and Waitress". MANGA.TOKYO. 1 Maret 2018. Diakses tanggal 1 Maret 2018. 
  6. ^ a b c "Kakuriyo -Bed & Breakfast for Spirits- Anime Reveals New Promo Video, More Cast, New Visual". Anime News Network. 22 Juni 2018. Diakses tanggal 22 Juni 2018. 
  7. ^ a b "Kakuriyo -Bed & Breakfast for Spirits- Casts Maaya Uchida, Tomokazu Sugita". Anime News Network. 10 April 2018. Diakses tanggal 10 April 2018. 
  8. ^ "Kakuriyo Yadomeshi Anime Casts Kazuhiko Inoue, Reina Ueda". Anime News Network. 22 Februari 2018. Diakses tanggal 22 Februari 2018. 
  9. ^ "あやかしお宿に嫁入りします。かくりよの宿飯". Fujimi Shobo. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  10. ^ "あやかしお宿に嫁入りします。かくりよの宿飯 二". Fujimi Shobo. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  11. ^ "あやかしお宿に嫁入りします。かくりよの宿飯 三". Fujimi Shobo. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  12. ^ "あやかしお宿に嫁入りします。かくりよの宿飯 四". Fujimi Shobo. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  13. ^ "あやかしお宿に嫁入りします。かくりよの宿飯 五". Fujimi Shobo. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  14. ^ "あやかしお宿に嫁入りします。かくりよの宿飯 六". Fujimi Shobo. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  15. ^ "あやかしお宿に嫁入りします。かくりよの宿飯 七". Fujimi Shobo. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  16. ^ "あやかしお宿に嫁入りします。かくりよの宿飯 八". Fujimi Shobo. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  17. ^ "あやかしお宿に嫁入りします。かくりよの宿飯 九". Fujimi Shobo. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  18. ^ "かくりよの宿飯 十 あやかしお宿に帰りましょう。". Kadokawa. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  19. ^ "かくりよの宿飯 十一 あやかしお宿の十二ヶ月。". Kadokawa. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  20. ^ "かくりよの宿飯 十二 あやかしお宿の回顧録。". Kadokawa. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 24 April 2024. 
  21. ^ "Viz Licenses Kakuriyo Manga, Accel World Film & OVAs". Anime News Network. 20 Mei 2018. Diakses tanggal 20 Mei 2018. 
  22. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。1". Enterbrain. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  23. ^ Yuma, Midori; Ioka, Waco. Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, Vol. 1. ISBN 978-1974703722. 
  24. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。2". Enterbrain. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  25. ^ Yuma, Midori; Ioka, Waco. Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, Vol. 2. ISBN 978-1974703739. 
  26. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。3". Enterbrain. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  27. ^ Yuma, Midori; Ioka, Waco. Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, Vol. 3. ISBN 978-1974703746. 
  28. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。4". Enterbrain. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  29. ^ Yuma, Midori; Ioka, Waco (2019). Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, Vol. 4. ISBN 978-1974704996. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  30. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。5". Kadokawa. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  31. ^ Yuma, Midori; Ioka, Waco. Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, Vol. 5. ISBN 978-1974707706. 
  32. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。6". Kodansha. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  33. ^ Yuma, Midori; Ioka, Waco. Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, Vol. 6. ISBN 978-1974710423. 
  34. ^ "Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, Vol. 7". Kadokawa. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  35. ^ Yuma, Midori; Ioka, Waco. Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, Vol. 7. ISBN 978-1974726486. 
  36. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。8". Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 9 Oktober 2022. 
  37. ^ Yuma, Midori; Ioka, Waco (7 Maret 2023). Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, Vol. 8. VIZ Media LLC. ISBN 978-1974736775. 
  38. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。9". Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 April 2023. 
  39. ^ Yuma, Midori; Ioka, Waco (1 Februari 2024). Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits, Vol. 8. VIZ Media LLC. ISBN 978-1974743704. 
  40. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。10". Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 5 Januari 2024. 
  41. ^ Pineda, Rafael Antonio (30 Desember 2022). "Kakuriyo -Bed & Breakfast for Spirits- Novels Get New Manga on January 26". Anime News Network. Diakses tanggal 30 Desember 2022. 
  42. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。(1)". Kodansha. Diakses tanggal 22 April 2023. 
  43. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。(2)". Kodansha. Diakses tanggal 5 Januari 2024. 
  44. ^ "かくりよの宿飯 あやかしお宿に嫁入りします。(3)". Kodansha. Diakses tanggal 22 April 2023. 
  45. ^ "Kakuriyo no Yadomeshi Light Novel Series Gets TV Anime in 2018". Anime News Network. 6 November 2017. Diakses tanggal 6 November 2017. 
  46. ^ a b "Kakuriyo Yadomeshi Anime to Air for 2 Cours, Franchise Gets Stage Play". Anime News Network. 17 Maret 2018. Diakses tanggal 17 Maret 2018. 
  47. ^ "BD/DVD" (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2 April 2018. 
  48. ^ "Kakuriyo -Bed & Breakfast for Spirits- Anime Gets 26 Episodes". Anime News Network. 2 April 2018. Diakses tanggal 2 April 2018. 
  49. ^ "Nao Tōyama, Manami Numakura Perform Theme Songs for Kakuriyo Yadomeshi Anime". Anime News Network. 4 Februari 2018. Diakses tanggal 4 Februari 2018. 
  50. ^ "Nano Performs Kakuriyo -Bed & Breakfast for Spirits- Anime's 2nd Opening Song". Anime News Network. 3 Juli 2018. Diakses tanggal 3 Juli 2018. 
  51. ^ "Megumi Nakajima Performs 2nd Ending Song for Kakuriyo -Bed & Breakfast for Spirits- Anime". Anime News Network. 6 Juni 2018. Diakses tanggal 6 Juni 2018. 
  52. ^ "Funimation Announces 9 Titles for Spring Season Dub Lineup, Including Same-Day Tokyo Ghoul:re Dub". Anime News Network. 28 Maret 2018. Diakses tanggal 1 April 2018. 
  53. ^ "かくりよの宿飯". Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-11. Diakses tanggal 2 April 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]