Kacang jeli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kacang jeli merek Jelly Belly, tersedia lebih dari 100 rasa dengan warna yang berbeda-beda.

Kacang jeli (bahasa Inggris: jelly bean) adalah sejenis permen dalam beraneka macam rasa buah. Ukurannya sebesar kacang merah yang biasa dibuat sup atau lebih kecil. Permen ini keras di luar tapi lunak di dalam serta lengket bila digigit.

Komposisi permen ini sebagian besar terdiri dari gula, sirup jagung, dan pati. Di antara perisa alami dan perisa buatan yang sering dipakai adalah cokelat, sari kelapa, sari buah, kacang, vanila, telur, susu, atau bubuk buah kering.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bagian dalam permen yang seperti jeli mirip dengan permen lokum yang sudah dibuat orang Turki sejak ratusan tahun yang lalu. Bagian luar yang keras berkilap mirip dengan permen kacang badam Yordan (jordan almonds) bersalut gula produk abad ke-17. Hingga kini belum ditemukan literatur tentang pembuat permen kacang jeli yang pertama. Namun pastinya kacang jeli pertama kali dibuat di Amerika Serikat. Bukti tertua tentang asal usul kacang jeli modern adalah iklan kacang jeli yang dibuat William Schrafft, perusahaan permen dari Boston semasa Perang Saudara Amerika. Iklan tersebut mempromosikan permen kacang jeli sebagai hadiah bagi prajurit yang bertugas bagi Tentara Union.[1] Sejak tahun 1930-an, kacang jeli mulai dikaitkan dengan perayaan Paskah. Alasannya mungkin warna-warni permen jeli mirip dengan warna-warni telur Paskah.[2]

Rasa yang umum
Warna Rasa buah Rasa rempah
Merah Ceri Kayu manis
Jingga Jeruk Jahe
Kuning Jeruk limau Piña Colada
Hijau Jeruk nipis/kiwi/pir Margarita
Biru Blueberi Dr Pepper
Ungu Anggur Cappucino
Hitam Akar manis Kola
Putih Vanila Vanila
Merah muda Gulali/Raspberi Tutti Frutti


Kacang jeli disebut-sebut dalam film dan permainan. Kacang jeli disebut sweetrocks dalam film Ant Bully, sebagai mata uang dalam permainan daring Disney Toontown Online, dan sebagai judul cerita pendek, "The Jelly Bean" dari F. Scott Fitzgerald. Dalam Harry Potter, siswa-siswi di Hogwarts memakan "Bertie Bott's Every Flavour Beans" yang memiliki banyak variasi rasa, dari yang aneh hingga yang lezat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Miller, Jeanna (28 Maret 2002). "Spring brings jelly bean fever". University Chronicle (University of St. Cloud, Minnesota). Diakses 6 Juli 2008. 
  2. ^ "A Brief History of Jelly Beans". CandyFavorites.com. Diakses 6 Juli 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]