Junshan Yinzhen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Teh Junshan Yinzhen

Junshan Yinzhen (Hanzi sederhana: ; Hanzi tradisional: 君山; Pinyin: jūn shān yín zhēn; harfiah: 'Jarum Perak Kesatria Gunung'; pengucapan bahasa Mandarin standar [tɕýn.ʂán ǐn.tʂə́n]) adalah teh kuning dari Pulau Junshan, provinsi Hunan, Tiongkok. Teh ini adalah salah satu dari sepuluh teh terkenal asal Tiongkok. Meskipun ada jenis pohon teh yang sama juga ditanam di sekitar Danau Dongting, tempat Pulau Junshan berada, teh tersebut tidak dapat disebut teh Junshan Yinzhen,[1] karena menyerupai teh putih Yinzhen yang disebut Baihao Yinzhen.

Teh Junshan Yinzhen[2] diduga teh yang disukai oleh Ketua Mao Zedong, merupakan teh langka yang kadang dijual sebagai teh putih.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Junshan Yinzhen Tea, China Yellow Tea in Hunan - Easy Tour China". www.easytourchina.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-01-31. 
  2. ^ "About Jun Shan Yin Zhen-Mt.Jun Silver Needle - ESGREEN BLOG | Chinese Tea Information". www.esgreen.com (dalam bahasa Inggris). 2011-03-16. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-04-21. Diakses tanggal 2017-01-31.