Judyta Węgierska dari Hongaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Judyta Węgierska dari Hongaria.

Judyta Węgierska dari Hongaria dilahirkan di Esztergom pada sekitar tahun 969 - meninggal di Kraków pada sekitar tahun 988)[1] merupakan seorang Puteri Hongaria. Ia berasal dari anggota keluarga Wangsa Árpád dan melalui pernikahan dengan anggota keluarga Wangsa Piast, yang memerintah Polandia pada saat itu.

Menurut beberapa sumber,[2][3][4] ia merupakan putri sulung Géza dari Hongaria dan istri pertamanya Sarolt dari Hongaria, putri Gyula dari Transilvania.

Akan tetapi, para sejarawan modern sekarang telah membuang asal usulnya, dan menyatakan bahwa ia merupakan seorang puteri Hongaria yang tidak diketahui.[5] Meskipun terdapat opini yang berbeda tentang identitas istri kedua Bolesław I, ada sejumlah peneliti yang masih mendukung hipotesisnya sebagai putri Géza.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 985, Judyta menjadi istri kedua Bolesław I Chrobry, pewaris tahta Polandia, setelah ia mengabaikan istri pertamanya Hunilda, putri Rikdag, Margrave Meißen. Ikatan tersebut (mungkin diatur oleh Adipati Boleslav II dari Bohemia, paman maternal pangeran Polandia itu) yang menghasilkan seorang putra, Bezprym.

Kemungkinan karena kemerosotan di dalam hubungan politik antara Polandia dan Hongaria, pada sekitar tahun 987 Judyta diabaikan dan dikirim pergi. Ia mungkin tetap tinggal di Polandia dan meninggal tak lama setelah perceraiannya; ia tidak pernah menjadi Adipati Wanita Polandia karena ayah mertuanya masih hidup pada saat ia dipecat.

Bolesław segera menikah lagi, kali ini dengan Emnilda, seorang Puteri Slavia, yang memberikannya 5 orang anak, termasuk calon Mieszko II Lambert. Meskipun Bezprym adalah putra pertama yang lahir, ia kehilangan tahta Polandia oleh ayahnya, yang sangat menyayangi anak-anak yang lahir dari ikatannya dengan Emnilda. Pada sekitar tahun 1003 Bolesław I mengirim Bezprym ke Italia, dimana ia menjadi seorang biarawan di salah satu pertapaan Santo Romualdo. Pada tahun 1031, didalam aliansinya dengan Konrad II, Kaisar Romawi Suci dan Pangeran Agung Jarizleifr I dari Kiev, ia akhirnya mendapatkan tahta untuk saudara tirinya Mieszko II. Pemerintahannya tidak berlangsung lama dan ia tewas terbunuh setahun kemudian.

Judyta diselamatkan oleh ayahnya, dan ketika ia meninggal pada tahun 997, salah satu sepupu jauhnya Koppány, yang menyatakan tuntutannya atas kepemimpinan bangsa Hongaria melawan saudara Judyta, Vajk. Koppány ingin menikahi ibu tiri Judyta, yang ditujukan pada tradisi Hongaria. Meskipun kemudian Koppány dikalahkan dan tak lama setelah itu Vajk dimahkotai sebagai Raja Hongaria sebagai István I.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rootsweb.com
  2. ^ Genealogy of the House of Arpad
  3. ^ Oswald Balzer: Genealogia Piastów, Kraków 1895, pp. 39-41
  4. ^ S. A. Sroka, Historia Węgier do 1526 roku w zarysie, pp. 19.
  5. ^ Kazimierz Jasiński: Rodowód pierwszych Piastów, Warsaw 1993

Lihat pula[sunting | sunting sumber]