Emnilda Słowiańska dari Lusatia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Emnilda Słowiańska dari Lusatia yang lahir di Slovenia, sekitar 970–975, meninggal di Kraków, 1017),[1] merupakan seorang puteri Slavia dan melalui pernikahan Adipati Wanita Polandia. Ia adalah putri Dobromir tertentu, pemimpin Slavia di Lusatia dan Milsko, yang disebut mulia oleh Thietmar dari Merseburg.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pernikahan di antara Emnilda dan pewaris tahta Polandia, Bolesław I Chrobry, dilangsungkan pada sekitar tahun 987. Pernikahan ini merupakan pernikahan yang ketiga bagi pangeran muda: kedua istri sebelumnya, putri Margrave Rikdag dari Meißen (mungkin disebut Hunilda atau Oda) dan puteri Hongaria Judyta Węgierska, diabaikan setelah beberapa tahun menikah, namun keduanya menghasilkan keturunan dengan Bolesław, seorang putri dan seorang putra, Bezprym.[2][3] Selama pernikahannya, Emnilda memberikan suaminya 5 orang anak, 2 orang putra (calon Mieszko II Lambert dan Otto) dan 3 orang putri, salah satu dari mereka adalah suster dan kedua yang lainnya, Regelinda dan yang satunya tidak diketahui namanya, menjadi Margravine Meißen dan Puteri Agung Kiev.

Dinyatakan bahwa Emnilda memiliki pengaruh yang hebat atas suaminya, dan mungkin juga pada urusan-urusan negara. Ia barangkali menemani Bolesław I kepertemuan Merseburg pada tanggal 23 Mei 1013 dan mungkin ia secara aktif mempromosikan pengakuan putranya Mieszko sebagai seorang pengikut Kaisar untuk pemerintahannya atas Moravia,[4] Sebuah kenyataan yang mengancam hak-hak suksesi putra sulung Bolesław I Bezprym, yang pada akhirnya dikecualikan demi adik tirinya.

Ia disebutkan oleh Gallus Anonymus dan Thietmar dari Merseburg; keduanya adalah penulis kronik yang mencatat bahwxa ia merupakan seorang wanita yang bijak dan mempesona.

Tanggal pasti kematian Emnilda tidak diketahui, namun dianggap hal ini terjadi setidaknya pada tahun 1017, atau, sepertinya, pada akhir tahun 1016, karena pada tanggal 3 Februari 1018 Bolesław I menikahi istri keempatnya dan yang terakhir, Oda dari Meißen.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Emnilda Słowiańska dari Lusatia
Lahir: sekitar 970–975 Wafat: 1017
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Oda dari Haldensleben
Permaisuri Polandia
992–1017
Diteruskan oleh:
Oda dari Meißen