Otto Bolesławowic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Otto Bolesławowic (1000–1033) adalah seorang pangeran Polandia anggota keluarga Dinasti Piast.

Ia adalah putra ketiga Bolesław I Chrobry namun yang kedua yang lahir dari pernikahan ketiganya dengan Emnilda, putri Dobromir, seorang puteri Slavia, Lusatia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Otto adalah putra bungsu; ia dinamai seperti Kaisar Otto III, yang mungkin menjadi bapa baptisnya. Pada tahun 1018 ia hadir di dalam pernikahan keempat dan terakhir ayahnya dengan Oda dari Meissen di Cziczani.

Setelah kematian ayahnya pada tahun 1025, Otto berharap mendapatkan bagian dari warisan Bolesław I. Sesuai adat Slavia, seorang ayah harus membagi warisan di antara semua anak lelakinya. Namun, karena Polandia menjadi Kerajaan, negara tidak dapat dibagi, dan sebagai konsekuensinya Otto tidak menerima apa-apa dari warisan ayah mereka. Satu-satunya pewaris dan pengganti Bolesław I adalah Mieszko II Lambert, putra sulungnya dari pernikahannya dengan Emnilda.

Dengan Otto, saudara tirinya Bezprym juga tidak mendapat warisan. Bezprym adalah putra sulung Bolesław I dari istri keduanya, puteri Hongaria Judith, yang ditolak tak lama setelah Bezprym dilahirkan. Mungkin karena itu ia selalu tidak disukai oleh ayahnya, yang memutuskan bahwa Mieszko II adalah pewaris tunggalnya.

Segera setelah Mieszko II mengambil alih pemerintahan Polandia, ia diusir atau dipaksa melarikan diri dari saudara-saudaranya ke luar negeri. Otto pindah ke Jerman, mungkin ke Meissen ke istana saudarinya Regelinda. Pada tahun 1031 serangan gabungan pasukan Kiev dan Jerman mengakibatkan tumbangnya Mieszko II, yang terpaksa melarikan diri ke Bohemia. Pemerintahan diambil alih oleh Bezprym seorang diri; hal tersebut menimbulkan kebencian Otto dan ia mendekati Mieszko II. Sebagai akibatnya, di pertengahan tahun 1032 Bezprym dibunuh melalui konspirasi yang diorganisir oleh saudara-saudara tirinya.

Pada tanggal 7 Juli 1032, Kaisar Conrad II di Merseburg membagi Polandia antara Mieszko II, Otto, dan sepupu mereka Dytryk (cucu laki-laki Mieszko I dan istri ketiganya Oda). Tidak diketahui bagian mana dari negara yang dibagi di antara mereka.[1]

Otto wafat pada tahun 1033 dengan wajar,[2]atau dibunuh oleh pangeran bawahannya sendiri.[3]Lokasi makamnya tidak diketahui.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ S. Szczur berpendapat bahwa Otto mungkin mendapatkan Silesia ("Historia Polski średniowiecze", Wydawnictwo Literackie 2002, ISBN 83-08-03272-9, p. 80).
  2. ^ K. Jasiński, Rodowód pierwszych Piastów
  3. ^ G. Labuda, Pierwsze państwo polskie, Krajowa Agencja Wydawnicza, Kraków 1989, p. 54.