Indy Rahmawati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Indy Rahmawati
Lahir Indy Rini Rahmawati[1]
1 April 1971 (umur 43)[1]
Bendera Indonesia Bandung, Jawa Barat, Indonesia[1]
Pekerjaan Jurnalis
Tahun aktif 1999kini[1]
Agama -
Pasangan dr. Tedy Sadeli (suami)[2]
Anak -
Orang tua Rahmat Aziz (ayah)[2]

Indy Rini Rahmawati (lahir di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 1 April 1971; umur 43 tahun)[1] merupakan seorang penyiar berita tvOne.

Karier[sunting | sunting sumber]

Indy memulai kariernya dengan menjadi penyiar radio di stasiun Radio Ardan dan Pro 2, Bandung. Setelah mendapatkan Gelar Magisternya, Indy sempat bekerja sebagai seorang karyawati. Kemudian ia menjadi presenter di SCTV pada 1999 hingga 2006, sebelum berpindah ke antv pada 2006 hingga 2008 dan sekarang bekerja di tvOne sejak 2008 hingga sekarang.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Indy sempat menjadi pemberitaan hangat ketika Mabes Polri mengadukan Indy dan tvOne ke Dewan Pers atas dugaan merekayasa narasumber dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi. Pada dialog itu, tampil Andrys Ronaldi, seseorang yang diyakini Polisi sebagai makelar kasus palsu. Menurut Andrys, dirinya diminta oleh Indy untuk berpura – pura menjadi makelar kasus dalam wawancara tersebut, dengan wajahnya ditutupi topeng, dan namanya ditulis sebagai Roni yang dinyatakan sebagai nama samaran. Ia mengaku diberikan uang 1,5 juta Rupiah sebagai hasilnya, namun menurut Indi, uang tersebut hanyalah sebagai pengganti ongkos transport ke Wisma Nusantara, hasil negoisasi dengan Andrys, di mana biasanya narasumber hanya diberikan 500 ribu Rupiah, untuk semua kalangan. Oleh karena itu, Indy dinilai telah melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran sesuai Pasal 57 jo. Pasal 35, dengan ancaman 5 tahun penjara atau denda maksimal 10 milyar Rupiah.

Namun menurut Dewan Pers, hal tersebut bukanlah kesalahan Indy Rahmawati seorang diri, namun kesalahan tvOne, dan Indi hanyalah salah seorang anggota korporasi. Kesalahan utama tvOne menurut Dewan Pers, adalah tidak menghadirkan pihak dari Kepolisian, sehingga pembawaan acara menjadi tidak berimbang dan pernyataan Andrys menjadi tidak terklarifikasi secara langsung.

Sejak 12 April 2010, Indy telah kembali hadir membawakan Apa Kabar Indonesia Pagi bersama Andrie Djarot, setelah sebelumnya sempat digantikan oleh Grace Natalie.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]