Hooliganisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hooliganisme adalah perilaku mengganggu atau melanggar hukum seperti kerusuhan, bullying, dan vandalisme.

Kekerasan dalam olahraga[sunting | sunting sumber]

Kata hooliganisme dan hooligan mulai dikaitkan dengan kekerasan dalam olahraga, khususnya dari tahun 1970-an di Inggris dengan hooliganisme sepak bola. Fenomena ini, bagaimanapun, panjang didahului istilah modern, misalnya, salah satu contoh paling awal kerumunan kekerasan di sebuah acara olahraga kuno di Konstantinopel. Dua kereta balap faksi, The Blues dan Partai Hijau, terlibat dalam kerusuhan Nika yang berlangsung sekitar seminggu di 532 SM, hampir setengah kota itu dibakar atau dihancurkan di samping puluhan ribu kematian [1]

Di Uni Soviet dan Rusia[sunting | sunting sumber]

Pussy Riot tampil di Lobnoye Mesto di Red Square, pada 20 Januari 2012

Dalam Uni Soviet kata khuligan digunakan untuk merujuk kepada pelanggar hukum atau pembangkang politik, "hooliganisme" (rus. Хулиганство) terdaftar sebagai tindak pidana (mirip dengan "perilaku tidak tertib" dalam beberapa wilayah yurisdiksi lain) dan digunakan sebagai menangkap semua biaya untuk menuntut perilaku disetujui. [2][3] "Hooliganisme" didefinisikan secara umum di KUHP Rusia sebagai "rata-rata gravitasi" kejahatan.[4]

Matthias Rust dihukum kejahatan hooliganisme, antara lain, untuknya 1987 Cessna mendarat di Red Square. Baru-baru ini, muatan yang sama telah dilontarkan terhadap anggota kelompok punk feminis Pussy Riot yang tiga anggota masing-masing telah menerima hukuman dua tahun tanggal 17 Agustus 2012.

Hooliganisme dalam film[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McComb, David (2 September 2004). Sports in World History (Themes in World History). Routledge. hlm. 25. ISBN 0-415-31812-2. 
  2. ^ Harper, Douglas. "hooligan". Online Etymology Dictionary. Diakses 15 Oktober 2008. 
  3. ^ Silverglate, Harvey (2009). Harvey Silverglate on 'Three Felonies a Day' (YouTube). 3 minutes in. http://www.youtube.com/watch?v=JwsLAqjqnxo. Diakses pada 12 Februari 2013.
  4. ^ Johnson, Ben (1 Agustus 2012). "Why Are Pussy Riot’s Alleged Crimes Called 'Hooliganism'?". Slate Magazine.