Hewan berkuku genap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hewan berkuku genap
(Artiodactyla)
Periode 55–0 jtyl
Eosen awal - sekarang
Artiodactyla

Dari kiri ke kanan, atas ke bawah: jerapah, bison amerika, rusa merah, unta arab, babi, dan paus pembunuh.
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
SuperordoLaurasiatheria
OrdoArtiodactyla
Owen, 1848
Tata nama
Sinonim taksonCetartiodactyla (en)
Keluarga

Hewan berkuku genap adalah mamalia dari ordo Artiodactyla yang terdiri dari kurang lebih 220 spesies ungulata. Mereka terutama hewan herbivora dan, tidak seperti Perissodactyla, biasanya ditandai dengan jari kaki yang jumlahnya genap (dua atau empat). Kelompok ini mencakup beberapa kelompok mamalia[1] yang paling penting secara ekonomi seperti sapi, babi, unta, kambing dan domba, serta hewan lain yang dikenal seperti jerapah, kuda nil, rusa, atau kijang. Biologi molekuler penelitian telah menunjukkan bahwa artiodactyla mungkin parafiletik dengan Cetacea. Ini berarti bahwa beberapa kelompok (terutama kuda nil) yang lebih erat terkait dengan paus daripada dengan hewan lain dari ordo ini. Sistem filogenetik modern mengambil artiodactyla dan Cetacea untuk takson umum Cetartiodactyla.[2] Artiodactyla membentuk takson, yaitu, kelompok yang, meskipun tidak sebuah komunitas tertutup keturunan, ditandai dengan fitur-fitur umum.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parker, Sybil, P (1984). McGraw-Hill Dictionary of Biology. McGraw-Hill Company. 
  2. ^ Montgelard C, Catzeflis FM, Douzery E (1 May 1997). "Phylogenetic relationships of artiodactyls and cetaceans as deduced from the comparison of cytochrome b and 12S rRNA mitochondrial sequences". Molecular Biology and Evolution. 14 (5): 550–559. doi:10.1093/oxfordjournals.molbev.a025790. PMID 9159931. 
  3. ^ "A 'consensus cladogram' for artiodactyls". Tetrapod Zoology. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-16. Diakses tanggal 24 February 2015. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]