Diprotodontia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Diprotodontia[1]
Rentang fosil: 28–0 Jtl
Oligosen Akhir - Sekarang
Seekor diprotodon, Walabi Agile (Macropus agilis)
Seekor diprotodon, Walabi Agile (Macropus agilis)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Infrakelas: Marsupialia
Ordo: Diprotodontia
Owen, 1866
Subordo

Vombatiformes
Phalangeriformes
Macropodiformes


Diprotodontia (pengucapan bahasa Inggris: [daɪ.proʊ.toʊ.dɑːn.ʃiːə]; Yunani, berarti "dua gigi depan") adalah ordo besar dari sekitar 120 mamalia marsupialia yang mencakup kangguru, walabi, posum, koala, wombat, dan lainnya. Diprotodon yang telah punah mencakup Diprotodon seukuran badak, dan Thylacoleo, yang dikenal dengan "singa marsupial".

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Diprotodon yang masih hidup hampir semuanya herbivora, begitu pula kebanyakan yang telah punah. Hanya sedikit diprotodon yang insektivora dan omnivora, namun hal ini nampaknya telah mengalami peningkatan akibat adanya adaptasi cara hidup para herbivora saat ini. Thylacoleonida ("Singa Marsupial") yang telah punah adalah satu-satunya kelompok yang diketahui menunjukkan cara hidup sebagai karnivora dalam skala besar.

Catatan fosil[sunting | sunting sumber]

Fosil Diprotodontia paling awal yang diketahui berasal dari Oligosen Akhir (23,03 jtl-28,4 jtl), dan spesies yang teridentifikasi paling awal adalah Hypsiprymnodon bartholomaii dari Miosen Awal.[2]

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Hingga saat ini, hanya terdapat dua subordo dalam Diprotodontia: Vombatiformes yang mencakup wombat dan koala dan Phalangerida yang terdiri dari seluruh famili lainnya. Kirsch membagi famili menjadi tiga subordo. Sebagai tambahan, keenam famili Phalangeriformes dibagi menjadi dua superfamili.

Ordo DIPROTODONTIA

† berarti famili, genus atau spesies yang telah punah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Groves, Colin (2005-09-16). In Wilson, D. E., dan Reeder, D. M. (eds). Mammal Species of the World (ed. edisi ketiga). Johns Hopkins University Press. hlm. 43–70. ISBN 0-801-88221-4. 
  2. ^ The Paleobiology Database
  • The Taxonomicon
  • Mikko Haaramo
  • [1] Implications of a new spesies of the Oligo-Miocene kangaroo (Marsupialia: Macropodoidea) Nambaroo, from the Riversleigh World Heritage Area, Queensland, Australia