Grimoaldo I dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Grimoaldo I (sekitar tahun 610 – 671) merupakan seorang Adipati Benevento (651–662) dan raja Lombardia (662–671).

Lahir kemungkinan sebelum tahun 610 dari Adipati Gisulfo II dari Friuli dan puteri Bayern Ramhilde, putri Adipati Garibald I dari Bayern, ia menggantikan saudaranya Radoaldo (646–651) sebagai adipati Benevento. Sebelum itu, ia bersama dengan Radoaldo, seorang wali untuk saudara angkatnya yang mentalnya tidak stabil Aione I dari tahun 642 ke suksesi Radoaldo. Ia menikahi Puteri Theodota, putri Raja Ariperto I. Putra mereka adalah Garibaldo.

Pada tahun 662, setelah dipanggil untuk membantu Raja Godeperto di dalam perang dengan saudaranya Raja Pertarito, Grimoaldo memberi Benevento kepada putra sulungnya Romoaldo (662–677) dan menyingkirkan hambatan persaudaraan ke kedudukan rajanya dengan bantuan Adipati Garibaldo dari Turin, membunuh Godepert dan memaksa Perctarit untuk melarikan diri. Ia mengirim istri dan putra Pertarito ke Benevento dan mengambil alih kedudukan raja Lombardia. Kemudian ia menikahi saudari Godepert dengan upaya untuk menghubungkan dirinya sendiri dengan Teodolinda, Wangsa Bayern.

Kecakapan bela diri dan aksinya di medan perang membuatnya memenangkan banyak perang di perbatasan. Ia secara pribadi memimpin pasukannya memenangkan perang melawan Bizantium dibawah Kaisar Kōnstas II pada pengepungan Benevento, dimana mereka mengepung Romoaldo muda yang menjodohkan saudarinya Gisa dengan Kōnstas II. Romoaldo kemudian mengambil Taranto dan Brindisi, membatasi banyak pengaruh Bizantium di dalam wilayah selama pemberontakan Mezezius di Sisilia, yang mengacaukan Bizantium setelah kematian Kōnstas. Grimoaldo sendiri mengambil Forlì, di utara, dari Yunani dan meruntuhkan Oderzo (namun tidak mengambilnya), dimana saudara-saudaranya telah terbunuh beberapa tahun sebelumnya. Namun perampasan Forlì terhitung memalukan, karena ia melakukannya pada perayaan Hari Raya Paskah, membantai para jemaat di dalam perayaan tersebut.

Ketika ia memerangi Bizantium di Mezzogiorno, ia meninggalkan Adipati Lupo dari Friuli sebagai wali di utara. Lupo menyerap seluruh otoritas dan memberontak, meskipun ia dikalahkan dan dengan bantuan Avar wilayah adipatinya tercemar dan hancur. Grimoaldo melacak anak Lupo Arnefrido, dan sekutu-sekutu Bangsa Slavia, dan mengalahkannya di Nimis. Arnefrido tewas di medan perang. Grimoaldo menempatkan Vectari, stalwart musuh Slavia, di Friuli.

Grimoaldo mengalahkan Franka semasa Clotaire III kecil. Grimoaldo bersekutu dengan Pertarito, di Asti dan Avar, dimana ia menjadi seorang tawanan pada masa mudanya. Ia menyelamatkan timur laut Italia dengan mengalahkan suku Slavik dan menjaga keutuhan internal dengan menekan revolusi baron dan otonomi wilayah adipati Friuli dan Spoleto, dimana ia menanam Trasamondo.

Di dalam agamanya ia tetap menganut Arianisme meskipun ia menikah dengan seorang penganut Katolik dan ia dikucilkan oleh Kepausan. Namun ia menerima Santo Mikhael — yang kultusnya banyak disebarkan dari Monte Gargano — sebagai seorang pejuang - yang melindungi negara Lombardia.

Ia meninggal pada tahun 671 setelah membuat perjanjian dengan bangsa Franka dan digantikan oleh Pertarito, yang dibuang kepengasingan. Ia merupakan seorang pemimpin yang populer, yang banyak dikenal atas kebajikan dan kemurahan hatinya begitu pula atas kegarangan dan kekejamannya di dalam perang. Putranya Romoaldo ditinggalkan di Benevento, yang sekali lagi disingkirkan dari pusat otoritas, dan putranya Garibaldo tidak terpilih untuk menggantikannya dengan alasan masih terlalu muda dan digulingkan oleh pengikut Pertarito dalam tiga bulan.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "German Tribes org Lombard Kings". GermanTribes.org. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2010-07-18. Diakses 2010-07-18. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Radoaldo dari Benevento
Adipati Benevento
651–662
Diteruskan oleh:
Romoaldo I
Didahului oleh:
Godeperto
Raja Langobardi
662–671
Diteruskan oleh:
Garibaldo
Didahului oleh:
Pertarito