Lupo dari Friuli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lupo merupakan seorang Adipati Friuli dari antara tahun 660 dan 663 sampai kematiannya pada sekitar tahun 666.

Segera setelah mewarisi Friuli, Lupo menyerang Grado dengan kavaleri dan menjarah kota tersebut, kemudian melanjutkan ke Aquileia, di mana ia mencuri harta Patriarkat.

Ketika Raja Grimoald pergi ke selatan untuk menyelamatkan putranya Romuald dan Wilayah Adipati Benevento dari serangan Kaisar Romawi Timur Kōnstas II, ia menaruh Lupo untuk bertanggung jawab atas Pavia. Lupo berperan sebagai penguasa lalim selama Grimoald tidak berada di tempat, percaya bahwa raja tidak akan kembali, dan lalu, terpaksa melarikan diri ke Cividale, kedudukan Friuli, dan memberontak ketika raja datang ke utara lagi. Grimoald dengan cepat menanyakan Avar Eurasia untuk menyerang Friuli dengan upaya untuk menghindari sebuah perang saudara di Italia. Pertempuran berlangsung selama empat hari di Flovius,[1] selama di mana Lupo berlangsung selama tiga, menjarah banyak tempat dan membunuh banyak orang, sebelum kalah dan kedatangan bala bantuan Avar mendesaknya untuk mundur. Ia sendiri tewas terbunuh di dalam pertempuran itu.

Putra Lupo Arnefrido menuntut Friuli setelah kematian ayahnya, namun dijatuhkan oleh Grimoald. Putri Lupo Theuderada (atau Theodorada) menikah dengan Romuald. Ia bertindak sebagai wali Benevento untuk putra mereka Gisulfo.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ That is, Fluvius Frigidus ("cold river"), in the valley of Wippach, meaning "Pear Tree", in Carniola, southeast of Cividale. Hodgkin, vol. vi, p 286 n1.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Agone
Adipati Friuli
663–666
Diteruskan oleh:
Arnefrido