Gil Grissom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karakter CSI: Crime Scene Investigation
Gil Grissom
Tanggal lahir 17 Agustus 1956 (51)
Kota Las Vegas, Nevada
Pekerjaan CSI
Pangkat CSI Tingkat 3
Jabatan Penyelia unit malam
Pemeran William Petersen
Penampilan pertama The Pilot (episode CSI)

Gilbert "Gil" Grissom, Ph.D. adalah seorang karakter fiksi yang diperankan oleh William Petersen dalam serial TV Amerika, CSI: Crime Scene Investigation. Grissom adalah seorang forensik ahli entomologi, dan penyelia dari tim CSI di Las Vegas, Nevada pada unit malam. Dia memegang peranan penting dalam serial ini.

Latar belakang karakter[sunting | sunting sumber]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Grissom lahir tanggal 17 Agustus 1956 di Santa Monica, California dalam sebuah keluarga kelas menengah. Ayahnya merupakan seorang botanis dan ibunya memiliki galeri seni di Venesia. Ayahnya meninggal saat ia berumur 9 tahun akibat hipotermia. Ayahnya memberinya inspirasi untuk mencintai alam.

Grissom dibesarkan sebagai seorang Katolik, namun tampaknya ia sudah tak taat lagi pada agamanya. Ia mengatakan pada Sara bahwa ia sudah bukan seorang Katolik lagi, dia semacam "katolik sekuler yang melibatkan aspek-aspek ritual tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan memandangnya sebagai intensitas spiritual jika mereka tak memilikinya."

Ibu Grisssom tuli, sehingga Grissom tahu bahasa isyarat dan cara membaca gerakan bibir. Ia memiliki penyakit keturunan seperti yang diderita ibunya, otosklerosis, penyakit tuli mendadak. Tetapi ia telah menjalani operasi, dan ia tak pernah mendapat masalah dalam pendengaran kembali.

Pertama kali di Vegas[sunting | sunting sumber]

Grissom tumbuh besar menjadi seseorang yang amat gemar membaca dan sebagai ilmuwan amatir. Dia juga berkata pada Warrick, bahwa ia adalah "hantu" pada saat SMA, maksudnya ia tak bergabung dengan geng manapun. Dia juga pernah mengikuti kelas tinju untuk mempelajari pola dan bentuk luka serta bengkak pada tubuh, juga mempelajari bentuk cipratan darah. Grissom adalah seorang Forensik Entomologi, ia mendapatkan gelarnya dalam bidang Biologi di UCLA.

Karier[sunting | sunting sumber]

Grissom pernah bercerita bahwa ia pernah kehilangan sebuah mayat di Minneapolis. Hal ini diceritakan kembali saat ia bekerja sama dengan penasihatnya yang dahulu, Dr. Phillip Gerard.

Grissom menjadi Supervisor CSI Las Vegas unit malam di episode kedua, sesudah Jim Brass diturunkan pangkatnya, akibat kematian dari salah satu rekan kerjanya yaitu Holly Gribbs.

Di season 7, Grissom mengambil cuti panjang untuk memberi mata kuliah di Kampus Williams, yang terletak di Williamstown, Masschusetts selama empat minggu. Ketika ia kembali, ia berkata pada Warrick bahwa ia ”rindu” Vegas.

Perubahan karakter[sunting | sunting sumber]

Perubahan karakter dari tahun ke tahun[sunting | sunting sumber]

Di awal serial, Grissom digambarkan sebagai ilmuwan yang konyol, antusias, dan memiliki sedikit selera humor. Biasanya ia suka menggoda beberapa orang dan dengan tak henti-hentinya . Tetapi, ketika ia mulai kehilangan pendengarannya, Grissom mulai mengubah perilakunya, malahan ia kehilangan total sifat-sifat jahilnya. Grissom pun menjadi mudah tersinggung dan tertutup. Setelah operasi, ia sedikit demi sedikit mulai pulih, tetapi tak pernah kembali lagi menjadi seorang ilmuwan yang jahil, aneh, dan iseng seperti dahulu.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Dalam serial ini, Grissom sering dihormati sebagai seseorang yang cukup terpelajar, tetapi kemajuannya amat luar biasa dalam pekerjaannya dan dalam kehidupan sosialnya. Kadang-kadang, perkataan dan istilah yang biasanya ia ucapkan, tidak dimengerti oleh teman-temannya dan rekan kerja lainnya. Ia amat profesional dalam pekerjaannya, dan Grissom juga tampil dalam figur seorang ayah bagi para bawahannya.

Grissom adalah seorang jenius yang menguasai banyak bidang. Dalam season 2, ia diketahui bahwa ia mengidap sedikit sindrom Asperger, yaitu sifat sedikit kekanak-anakannya. Salah satu karakter yang memiliki sedikit dari sifat Grissom adalah bawahannya (sekarang tunangannya), Sara Sidle. Sara pernah menyindir Grissom secara tak langsung bahwa Grissom amat benci kepada orang lain ketika Grissom mengutip perkataan dari Walden milik Sara.

Grissom amat berdedikasi pada pekerjaannya, bahkan kadang-kadang ia terlalu ekstrem pada kasus yang ia tangani, ketidakniatannya untuk ikut serta dalam urusan politik kantor membuatnya jauh dari para atasannya, malahan kadang-kadang bawahannya. Grissom selalu banyak mendapat bantuan dari tangan kanannya, Catherine Willows, yang selalu membuat Grissom untuk "melihat jauh dari mikroskop".

Dalam episode Ending Happy, Grissom mengaku bahwa ia sendiri tak pernah menyewa seorang pelacur. Ia berpendapat bahwa seks hanyalah untuk membangun jembatan emosi manusia. Grissom pernah berpendapat juga tetang ketidaksukaannya membawa senjata api saat bekerja, sehingga cenderung membuatnya mendapat beberapa omelan dari rekannya, Jim Brass. Akibatnya, Grissom mendapat pengecualian dalam laporan bidang tembak-menembak.

Ia pernah menyebutkan-beberapa hobi-hobinya kepada Lady Heather: "Aku memiliki toko, aku suka membaca, aku senang mempelajari serangga, dan bahkan kadang-kadang aku menikmati naik roller coaster." Grissom selalu digambarkan sebagai orang yang berpengetahuan luas. Ia memiliki pengetahuan yang luas terhadap bidang sejarah, sastra, dan seni. Ia bahkan selalu mengutip perkataan dari beberapa tokoh sejarah ternama, seperti Shakespeare dan Keats. Di season yang sama, Grissom menyatakan dirinya sebagai seorang "penggemar bisbol". Sara menganggapnya sebagai "orang yang menyukai segala bidang".

Sebagai seorang ahli entomologi, Grissom memiliki pengetahuan luas dalam dunia serangga. Hal ini mengakibatkan ia mendapat julukan "The Bug Man"-si manusia serangga. Di awal serial, ia mendapat julukan "Gruesome Grissom"-si mengerikan Grissom karena ketertarikannya terhadap hal-hal yang aneh. Grissom menyimpan berbagai contoh dan bahan percobaan di kantornya, seperti janin babi beradiasi, tarantula, dan kalajengking berkepala dua. Ia juga memiliki papan buletin yang berisikan kasus-kasus yang belum terpecahkan yang bertuliskan "kasus-kasus yang kabur". Terkadang, Grissom menyimpan bukti-bukti dari kasus-kasus yang telah ditutup (seperti miniatur-miniatur dari kasus "Pembunuh Miniatur". Di season 7, CSI pendatang baru Michael Keppler, datang ke kantor Grissom untuk melihat-lihat dan tentunya ia sedikit terkejut.

Ketika ditanya apa alasan yang ia miliki sehingga ia menjadi CSI, Grissom hanya menjawab, "Karena orang mati tak dapat berbicara.". Kalimat ini merupakan kalimat favoritnya.

Hubungan dengan karakter lain[sunting | sunting sumber]

Di season 6, ketika Robbins bertanya pada Grissom apakah Grissom pernah menjalani hubungan yang nyaris menuju ke jenjang pernikahan, Grissom bercerita padanya tentang "Nicole Daley", wanita yang menukai serangga yang sama seperti dirinya. Lalu Grissom mengatakan " pada saat kelas dua". Grissom sebenarnya tak pernah menginginkan untuk menjadi seorang pembimbing, namun tampaknya hal itu muncul dengan sendirinya, seperti saat bertemu pertama kali dengan Sara Sidle di San Francisco , juga dengan Nick Stokes dan Greg Sanders di Vegas. Ia biasanya sering terganggu dengan anak-anak didiknya, ia pun bengga dengan kesuksesan mereka, seperti saat Greg lulus dari tes untuk menjadi Pekerja Lapangan(CSI).

Grissom tampak berteman baik dengan Dr. Al Robbins, dan di akhir season 6, kita dapat mengetahui bahwa Jim Brass memberi Grissom kuasa atas hukumnya, hal ini merupakan pertanda bahwa Brass mempercayai Grissom atas nyawanya.

Hubungannya dengan Warrick Brown hanya sebatas hubungan pembimbing-murid, tetapi para rekan kerja mereka(termasuk Catherine) menyangka bahwa Grissom menganggap Warrick sebagai sumber suksesnya, yaitu pengganti diri Grissom sendiri ketika ia tidak ada.

Beberapa penggemar tampaknya ingin sekali melihat adanya hubungan romantis antara Grissom dengan Catherine, sebab Catherine tampak seperti seorang "istri" di sisi Grissom. Tetepi, nyatanya Grissom dan Catherine tak lebih dari sahabat baik, dan para produser serial ini pun melihat hubungan mereka tak lebih dari hubungan kakak-adik dibanding sepasang kekasih. Catherine tampak selalu mengajar Grissom untuk lebih terbuka, lebih tidak mengikat diri, dan untuk mengjar Sara.

Banyak yang mengira bahwa Grissom memiliki hubungan dengan seorang ahli antropologi, Teri Miller dan dengan seorang Dominatrix, Lady Heather yang sebenarnya merupakan teman baik dari Grissom sendiri.

Sara Sidle[sunting | sunting sumber]

Sejak season 1, memang sudah terlihat tanda-tanda ketertarikan mereka satu sama lain. Tetapi, sejak tiga season pertama Grissom selalu menggooda kebanyakan karakter wanita, dan setiap Sara mengajaknya untuk makan malam, Grissom selalu menolaknya dan selalu mengaku bahwa ia takkan tahu apa yang akan terjadi di antara mereka berdua.

Di season 4, episode Buterflied Grissom mulai menyadari perasaannya kepada Sara yang sebenarnya. Mulai season ini pula, Sara tampaknya memiliki masalah dalam minum-meminum, Grissom pun mengakuinya pada saat akhir dari season ini; setelah itu mereka mulai sulit untuk melihat ke satu sama lain, dan Grissom mulai mengalami ketertarikan kepada Detektif Sofia Curtis.

Di pertengahan season 5, Sara bersedia mengundurkan diri danmengatakan pada Grissom tentang masa kecilnya yang amatlah menyakitkan. Grissom menolak untuk memecatnya, malahan Grissom mulai selalu bekerja sama dengan Sara pada setiap kasus selama dua season kedepan.

Tidak sampai pada saat akhir dari season 6, telah diketahui bahwa Grissom dan Sara telah menjadi sebuah pasangan. Pembukaan rahasia tersebut dikarenakan akibat beberapa kritik, yang ingin agar mereka melihat lebih banyak drama dan romansa dalam serial ini, juga untuk menyaingi Serial Drama Kedokteran USA, Grey's Anatomy, yang saat itu juga sedang diputar di US pada saat yang sama, dimana serial initerdapat banyak personal drama.

Sejak season 7, sudah bukan rahasia lagi bahwa Grissom dan Sara adalah sepasang kekasih bagi para pemirsa. Tetapi, hal ini belum diketahui oleh para anggota Lab sampai penculikan Sara yang dilakukan oleh Pembunuh Miniatur di akhir season. Selam season tahun 2007-2008, yaitu season 8 Sara dan Grissom bertunangan. Di season CSI yang ke-8, Jorja Fox memutuskan untuk meninggalkan serial ini, tetapi baik Jorja maupun para tim penulis tidak ingin untuk membunuh karakter yang ia sendiri perankan. Sehingga konsekuensinya, Sara diceriterakan menjadi tenggelam dalam depresi akibat penculikan atas dirinya, padahal ia sudah menerima lamaran Grissom di episode ke-4 season 8. Di episode ke-7 episode tersebut, ia meninggalkan Vegas dan para CSI dan hanya meninggalkan secarik catatan yang berisikan ucapan selamat tinggal kepada Grissom dan ucapan semoga beruntung untuk Ronnie Lake, pengganti dirinya. Sara juga mengaku bahwa sejak kematian ayahnya, ia harus bertarung dengan masa lalunya sendiri, dan ia harus mengatasinya sebelum menghancurkan dirinya sendiri.