Garis bilangan real

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Garis bilangan real

Garis bilangan real (Inggris: real number line atau real line) dalam matematika, adalah garis di mana setiap titiknya melambangan suatu bilangan real. Jadi, garis bilangan real adalah himpunan semua bilangan real , dipandang sebagai suatu ruang geometri, yaitu ruang Euklidean dalam satu dimensi.

Sebagai kontinum linear[sunting | sunting sumber]

Garis bilangan real adalah suatu kontinum linear menurut tatanan standar. Secara khusus, garis bilangan real adalah himpunan terurut linear menurut , dan urutan ini adalah rapat dan mempunyai sifat batasan-bawah-terkecil.

Sebagai ruang metrik[sunting | sunting sumber]

Metrik pada garis bilangan real adalah beda mutlak.

Garis bilangan real membentuk suatu ruang metrik, dengan fungsi jarak yang dinyatakan oleh beda mutlak:

Sebagai ruang topologi[sunting | sunting sumber]

Garis bilangan real dapat mengalami kompaktifikasi dengan penjumlahan suatu titik pada tak terhingga.

Garis bilangan real memuat suatu topologi standar yang dapat diperkenalkan dalam dua jalan ekuivalen yang berbeda.

  • Pertama, karena bilangan real adalah urutan total, bilangan-bilangan itu memuat topologi tatanan.
  • Kedua, bilangan-bilangan real mewarisi suatu topologi metrik dari metrik sesuai definisi di atas. Topologi tatanan dan topologi metrik pada adalah sama. Sebagai suatu ruang topologi, garis bilangan real bersifat homeomorfik pada interval terbuka .

Sebagai suatu ruang vektor[sunting | sunting sumber]

Garis bilangan real adalah suatu ruang vektor atas medan dari bilangan real (yaitu, atas dirinya sendiri) dari dimensi 1. Mempunyai suatu hasilkali dalam standar, membuatnya suatu ruang Euklides. Norma standar pada adalah sekadar fungsi nilai absolut.

Sebagai suatu ruang pengukuran[sunting | sunting sumber]

Garis bilangan real memuat suatu pengukuran kanonikal, yaitu "pengukuran Lebesque". Pengukuran ini dapat didefinisikan sebagai kelengkapan suatu pengukuran Borel yang didefinisikan pada , di mana pengukuran pada interval apapun merupakan panjang dari interval itu.

Pengukuran Lebesgue pada garis bilangan real adalah satu contoh paling sederhana dari suatu pengukuran Haar pada sebuah kelompok kompak lokal.

Dalam aljabar bilangan real[sunting | sunting sumber]

Garis bilangan real merupakan subruang satu dimensi dari suatu aljabar bilangan real di mana .[butuh klarifikasi] Misalnya, dalam bidang kompleks , subruang adalah suatu garis bilangan real. Mirip dengan itu, aljabar kuaternion

mempunyai suatu garis bilangan real dalam subruang .

Ketika aljabar bilangan real adalah suatu jumlah langsung maka suatu konjugasi pada dinyatakan dengan pemetaan subruang . Secara demikian garis bilangan real terdiri dari titik-titik tetap pada konjugasi tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]