Fulerena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Fulerena adalah salah satu dari benda-benda yang tergolong alotrop karbon, molekul yang tersusun seluruhnya dari karbon dalam bentuk bola berlubang, elipsoid, tuba, dan lain-lain. Fulerena berbentuk bola biasanya disebut buckyball, dan yang berbentuk silindris biasa disebut karbon nanotube. Grafin (Inggris: Graphene) adalah lembaran fulerena planar. Struktur fulerena mirip dengan struktur grafit, yang tersusun dari lembaran yang bertumpuk oleh cincin heksagonal yang tersambung, tapi mungkin juga mengandung cincin pentagonal atau heptagonal yang mencegah lembaran menjadi berbentuk planar.

Fulerena ditemukan pada tahun 1985 oleh Robert Curl, Harold Kroto, dan Richard Smalley di Universitas Sussex dan Universitas Rice, yang dinamai berdasarkan Richard Buckminster Fuller yang menciptakan kubah geodesik.

Fulerena dapat dilarutkan pada banyak pelarut secara terbatas. Pelarut yang umum untuk fulerena termasuk pelarut aromatik seperti toluena dan lainnya seperti karbon disulfida. Larutan fulerena murni memiliki warna ungu tua. Larutan C70 (fulerena dengan atom karbon sebanyak 70) berwarna coklat kemerahan. Fulerena yang lebih besar seperti C76 hingga C84 memiliki warna yang bervariasi. C76 memiliki bentuk optis sementara fulerena yang lebih tinggi memiliki beberapa isomer struktur.

Pelarut yang memungkinkan untuk melarutkan fulerena diantaranya:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Aldersey-Williams, Hugh (1995). The Most Beautiful Molecule: The Discovery of the Buckyball. John Wiley & Sons. ISBN 0-471-19333-X.