Fly to the Sky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fly to the Sky
Ftts.jpg
Latar belakang
Asal Seoul, Korea Selatan
Genre R&B, Pop, pop rap, Korean hip hop
Tahun aktif 1999–2009
Label SM Entertainment (1999-2004)
PFull Entertainment (2004-2009)(Hiatus)
Situs web Fly to the Sky.com
Mantan anggota Hwanhee (환희)
Brian Joo (브라이언)

Fly to the Sky (bahasa Korea: 플라이 투 더 스카이) adalah duo R&B Korea Selatan, dengan anggota Korean American Brian Joo dan asli Korea Selatan Hwanhee.

Awalnya dipasarkan sebagai duo yang bisa bernyanyi, rap, dan tari, karya-karya awal mereka menampilkan bubblegum pop dan optimis techno music.[1] Duo ini kemudian mengubah citra mereka dan gaya dengan merilis Sea of Love pada tahun 2002. Dengan album berikutnya mereka, duo ini mengukuhkan status mereka sebagai seniman R&B seniman dan dikreditkan sebagai duo R&B pertama Korea Selatan.[2][3]

Karier[sunting | sunting sumber]

1999-2001: Debut dan awal tahun[sunting | sunting sumber]

Duo ini terbentuk pada tahun 1998-an oleh SM Entertainment. Brian Joo diaudisi ketika ia sedang menghadiri Holy Spirit High School di New Jersey. Hwang Yoon-Suk, yang kemudian dikenal sebagai Hwanhee, didorong untuk mengikuti audisi oleh anggota staf yang bekerja untuk label di festival SMA-nya. Fly to the Sky resmi memulai debutnya pada tanggal 21 November 1999 di LOG-IN H.O.T Concert dan SM Festival Concert '99.

Segera setelah itu, duo ini merilis album debut mereka Day by Day pada tanggal 9 Desember 1999, dan membuat penampilan resmi pertama mereka di televisi dua hari kemudian. Berbeda dengan pendahulu mereka di SM Entertainment, di mana idola yang populer pada waktu itu memilih genre musik techno dan dance-pop, Fly To The Sky memilih genre balada mid-tempo. Debut ini menjadi sangat sukses dan berhasil menjual lebih dari 250.000 kopi.[4] Duo ini memperoleh status sebagai bintang generasi selanjutnya setelah menerima penghargaan Best New Artist pada tahun 2000.[3] Namun di saat yang sama, duo ini harus gagal meraih bintang instan seperti pendahulu mereka H.O.T, yang penjualan albumnya telah melewati satu juta.[5]

Popularitas mereka cepat naik dengan merilis album kedua mereka berjudul The Promise pada tahun 2001, yang menampilkan genre musik yang lebih dari album sebelumnya. Lagu bertempo cepat mereka meraih posisi puncak di #2, tapi dengan cepat harus menghilang dari chart.[6] Pada tahun yang sama, mereka menggelar konser bersanding dengan penyanyi R&B Korea, Kim Jo-Han.

2002-2004: Transisi musikal[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2002, album ketiga mereka Sea of Love dirilis sedangkan Joo berada di New Jersey menghadiri Universitas Rutgers. Akibatnya, Hwang tampil sendiri sampai Joo kembali ke Korea. Singel andalan pertama dari album ini adalah judul track, sebuah balada pop, dan menjadi hits musim panas. Singel kedua mereka "Conditions of My Heart" ditulis oleh penyanyi Amerika Brian McKnight. Berbeda dengan singel pertama, "Condition of My Heart" adalah lagu balada yang lebih berat. Singel ini menandai transisi musik duo dari musik bubblegum pop ke musik R&B. Seiring dengan perubahan musik mereka, citra mereka mulai berubah sebagai duo diperdagangkan di mereka "bishōnen" mencari citra yang lebih maskulin. Pada tahun yang sama, label merilis duo perempuan yang dikatakan oleh fans Fly to the Sky dikenal sebagai Isak N Jiyeon, namun kedua kelompok tidak pernah bekerja secara independen satu sama lain.

Pada tahun 2003, album studio mereka yang berjudul Missing You menampilkan lagu-lagu berirama bubblegum pop dan menekankan kemampuan vokal mereka untuk memperkuat citra mereka sebagai musisi yang matang. Dengan prestasi penampilan yang baik, album ini berhasil menyumbangkan dua penghargaan bagi sang duo, termasuk penghargaan "Bonsang" dari SBS Gayo Daejun dan Korea Music Awards. Periode ini disambut oleh kematian manajer mereka, yang juga manajer BoA.[7]. Pada acara varietas, kedua anggota mengungkapkan kejadian ini sebagai saat-saat yang sangat emosional dan sulit bagi mereka, terutama Hwanhee yang berada di kendaraan yang sama dengan manajernya hanya beberapa jam sebelum kejadian.

Pada November 2004, duo ini merilis album studio kelima dan terakhir mereka di bawah label SM Entertainment, Gravity. Album ini kurang promosi, dan akibatnya menjadi album studio dengan penjualan terendah di antara album yang lain, hanya terjual tidak lebih dari 90.000 kopi.[8][9] Meskipun demikian, mereka tetap sukses menggelar konser resmi pertama mereka di Jamsil Arena pada tanggal 21 Desember 2004 dan menerima penghargaan sebagai "Best R&B Artist" dari SBS Gayo Daejun.[10] Sebuah kontroversi berkembang dari para kritikus yang mempertanyakan kelayakan mereka untuk penghargaan, karena album ini dirilis hanya dua bulan sebelum acara. Mereka mempertanyakan kredibilitas dan keadilan SBS Gayo Daejun untuk semua musisi, seperti halnya masalah musisi-musisi yang diboikot oleh SBS misalnya YG Family atau mereka yang tidak hadir tidak akan menerima penghargaan. Kritikus mencemooh acara itu sebagai "pesta untuk mereka yang hadir.."[11]

Peluncuran album mereka yang berjudul Eternity pada tahun 2005 adalah bertepatan dengan diluncurkannya lagu mereka yang dijadikan soundtrack dari sebuah drama Korea berjudul Fashion 70's. Sebuah acara di Korea yang populer saat itu menjadikan lagu mereka yang berjudul "가슴 아파도" ("Althought My Heart Aches") sebagai lagu tema, tanpa diduga menjadi lagu yang cukup digemari.[12] Eternity adalah album terakhir Fly to the Sky yang dirilis di bawah label SM Entertainment.

2004-2006: Meninggalkan SM Entertainment dan Karier Solo[sunting | sunting sumber]

Setelah kontrak Fly to the Sky dengan SM Entertainment berakhir pada bulan November 2004, duo ini menandatangani kontrak dengan PFull Entertainment. Duo ini menyatakan bahwa mereka ingin berada di dalam sebuah label kecil yang bersedia mempromosikan mereka sebagai musisi tanpa mengutamakan kesuksesan secara komersial.[1] Di bawah label ini, Fly to the Sky merilis album studio keenam mereka Transition setelah absen selama setahun pada bulan Januari 2006. Album ini sukses menjual lebih dari 160.000 kopi.

Duo ini memulai tur nasional pertama mereka, "Fly To The Sky: 2006 Tour Twice". Mulai dari Arena Jamsil di Seoul bulan Mei 2006, mereka mengadakan konser di Busan, Daegu, Junju, dan Kwangju. Termasuk jumlah penonton di konser ulangan di Seoul, jumlah keseluruhan penonton dalam tur mereka mencapai 50.000 orang.[13]

Untuk memperingati keberhasilan Transition, Fly to the Sky merilis album edisi khusus, yang termasuk video musik, adegan dihapus dan lagu tambahan "Hwan Sang (Illusion)," "Hot and Cold" dan "When I Say".

Pada tahun 2004 dan 2005, masa depan tidak menentu duo setelah kontrak mereka dengan SM Entertainment menyebabkan spekulasi bahwa mereka akan bubar.[14] Brian Joo membahas rumor publik di SBS Yah Shim Man Man, yang ditayangkan pada 10 Juli. Ia mengakui bahwa kedua mengalami kesulitan pada hari-hari awal karier mereka dan mengatakan bahwa ia telah terganggu oleh perasaan rendah diri untuk Hwanhee, karena ia mendapat perhatian lebih dan pujian darinya.[15] Meskipun status mereka sebagai duo, ia merasa bahwa ia tidak diberi haknya atau jumlah yang sama perhatian dengan Hwanhee. Akhirnya ia menemukan ini sulit untuk menanggung, dan menyarankan kepadanya bahwa mereka mengejar jalan masing-masing. Hwanhee menanggapinya dengan marah dan materi yang meningkat menjadi perkelahian serius hampir mengarah ke pembubaran. Keduanya didamaikan segera, dan mengatakan mereka "tumbuh untuk lebih memahami satu sama lain dan menyadari bahwa mereka berdua saling membutuhkan."[16][17] Setelah itu, duo memutuskan untuk mencoba untuk lebih memahami satu sama lain untuk memecahkan masalah mereka bersama-sama dan saling mendukung. Setelah merenungkan kejadian ini, mata Joo dipenuhi air mata.

Sejak tahun 2006, duo ini telah terlihat sering di acara varietas dan mengejar karier individu. Hwanhee muncul di drama televisi Korea "Over the Rainbow" selama musim panas tahun 2006, dan Joo merilis album solonya The Brian pada bulan Desember 2006. Ketika mereka muncul lebih sering pada non-musik program, duo melihat peningkatan popularitas mereka dan reaksi dari para kritikus pada saat yang sama karena mereka merasa duo itu mengorbankan citra mereka sebagai seniman.[18]

2007-2009: Kembali menonjol dan proyek solo[sunting | sunting sumber]

Album ketujuh duo, No Limitations dirilis pada tanggal 4 Juli 2007. Penampilan ertama televisi mereka untuk mempromosikan album ini pada 29 Juni 2007.[19] Track dari album ini yang populer, "Oneuldo Eebbeungul," ("오늘도 이쁜걸" Pretty Today Too) "Geuraedo Sarangipnida," ("그래도 사랑입니다" It's still love) and "Gee-uk Han Joom" ("기억 한 줌" Grain of Memory),[20] dikenal juga dengan judul "My Angel" memuncak di #1 di berbagai chart musik online maupun offline. No Limitations menjadi album duo pertama satu. Decennium (2009) menjadi album terakhir kelompok, dengan duo yang menyatakan bahwa mereka tidak akan memperbaharui kontrak mereka dan akan berpisah secara profesional. Pada 2009, Hwanhee dan Brian telah merilis album solo pertama masing-masing dan kedua. Hwanhee juga berpartisipasi dalam produksi singel solo "Yesterday" Song Ji Eun dan juga fitur di judul lagu.

Gaya Musik[sunting | sunting sumber]

Singel debut duo, "Day by Day" adalah lagu cinta dengan genre bubblegum pop. Lagu mereka berikutnya adalah kombinasi dari R&B, pop rap, dan hip-hop sampai 2002, ketika duo meninggalkan bubblegum pop. Sejak tahun 2002, mereka memilih untuk campuran berat R&B dan Korean pop. Mereka terus menyanyikan lagu-lagu cinta, dan beberapa dari mereka terus menggabungkan hip-hop dan rap dari Joo.

Duo ini berbeda dalam rasa musik mereka. Produser Transition, Hwang Se-Jun, mengatakan Hwanhee lebih suka murni R&B sementara Brian menyukai musik dengan beat yang berbeda dan memiliki keinginan yang kuat untuk rap.[17] Meskipun gairahnya, album studio 2006 mereka Transition tidak menampilkan apapun. Brian memprediksi bahwa tidak akan ada lagi kesempatan untuk memasukkan rap di album mereka, dan tidak suka "menjadi umum sebagai duo terdiridari satu rapper dan satu vokalis". Ia menyesalkan popularitas memudarnya hip-hop di Korea Selatan di mana "hip-hop yang hanya dicap sebagai musik dance di Korea."[1]

Kritik[sunting | sunting sumber]

Sebelum transisi duo untuk R&B, kritikus tidak senang karena meskipun dipromosikan sebagai seniman yang serius yang menarik bagi khalayak yang lebih tua, mereka merasa bahwa duo ini tidak berbeda dari yang lain idola remaja yang populer pada waktu itu[21] Dalam sebuah wawancara panjang dengan musik review situs "52street", situs tersebut dijelaskan duo pada tahun-tahun awal, "gaya rambut trendi, make-up tebal, dan gerakan tarian mencolok."[1]

Agar karier mereka matang, kritikus telah menunjukkan bahwa Fly to the Sky belum menemukan gaya mereka sendiri. Duo ini telah dikritik karena kurangnya kontrol kreatif atas karya-karya mereka dan bergantung pada komposer yang berbeda gaya vokal dan mengalahkan mereka.[22] Selama karier mereka, mereka telah menulis lirik untuk empat lagu dalam album Gravity dan No Limitations.[22][23] Kritikus musik Shin Hye Rim mengatakan,[22]

Ironisnya, album keenam Fly to the Sky Transition, yang berarti perubahan atau transformasi, tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan. Meskipun bahwa album ini adalah langkah pertama mereka di bawah label baru mereka, album hampir ternyata hanya cara kami perkirakan. Tebal warna nada Fany dan clean-cut sekering suara Brian untuk membuat musik yang meludah keluar kesedihan. Itu saja.

Penampilan mereka di acara varietas bertemu dengan pengawasan sebagai duo terlihat sering di luar dari program musik selama tahun 2006.[24] Mereka adalah salah satu dari banyak seniman yang melompat pada kereta musik untuk mempromosikan album mereka dengan tampil lucu di acara varietas. Kritik dibandingkan pilihan ini dengan pedang bermata dua, sementara mereka mendapatkan publisitas lebih dan penampil gambar yang lebih ramah, mereka mengorbankan citra mereka sebagai seniman profesional.[25] Dari bulan Januari hingga Februari 2006, Seoul YWCA melakukan penelitian untuk mempelajari acara varietas dari 18PM-20PM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa "berbagai menunjukkan bintang selebriti yang sama dan konten serupa dengan penyiaran."[18] Artikel yang memperlihatkan daftar selebriti yang sering menunjukkan dirinya, di mana Joo adalah salah satunya. Dia muncul di acara-acara televisi dari tiga jaringan penyiaran utama Korea selama slot waktu yang sama pada tanggal 6 Januari dan 29 Januari.[18]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan
2000
  • 2000 SBS Gayo Daejun: Best New Artist
2002
  • 2002 SBS Gayo Daejun: Best R&B Artist
2003
2004
  • 2004 SBS Gayo Daejun: Best R&B Artist
2006
2007
  • 14th Korea Entertainment Arts Award: Best Ballad Award

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Konser[sunting | sunting sumber]

  • Contact – Kim Jo Han & Fly to the Sky Joint Live Concert (Rilis 1 September 2004)
  • Fly to the Sky Live – 1st Live Concert: Unforgettable (Rilis 26 April 2004)

Album Studio[sunting | sunting sumber]

Posisi chart diambil dari Music Industry Association Korea. Oricon Chart dan Billboard Chart, chart dirilis bulanan, tidak mingguan.

Tahun Judul Posisi chart
1999 Day by Day 6
2001 The Promise 2
2002 Sea of Love 2
2003 Missing You 2
2004 Gravity 5
2006 Transition 3
2007 No Limitations 1
2009 Decennium 1

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

  • Fly to the Sky Best Album - Eternity (Rilis 26 Mei 2005)
  • Transition repackage (Rilis 26 April 2006)
  • No Limitations repackage
  • Fly to the Sky Remake Album - Recollection (Rilis 28 April 2008)

OST[sunting | sunting sumber]

  • Beethoven Virus OST (My Person -Hwanhee)
  • Fashion 70's OST (Even If My Heart Hurts - Fly To The Sky)
  • Over the Rainbow OST (Tomorrow - Hwanhee, I Want You, I Need You - Hwanhee, I Can't Help Missing You - Hwanhee)
  • Hello! Miss OST (Everyday I... - Brian)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Ok-sun Seo. "Fly to the Sky: Two voices, two attractions, second start... Four wings that fly once again" (dalam bahasa Korean). 52street. hlm. 1. Diakses 2006-12-24. 
  2. ^ "Fly to the Sky on asiamusic.net". asiamusic.net. Diakses 2006-12-24. 
  3. ^ a b "Fly to the Sky Artist Review". mnet.com. Diakses 2006-12-24. 
  4. ^ "2000.04월 - 가요 음반 판매량 (Record Sales of April 2000)" (dalam bahasa Korean). Music Industry Association Korea. April 2000. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2007-06-16. Diakses 2006-12-24. 
  5. ^ "1999.12월 - 가요 음반 판매량 (Record Sales of December 1999)". Music Industry Association Korea. December 1999. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2007-06-16. Diakses 2006-12-24. 
  6. ^ "2001.02월 - 가요 음반 판매량 (Record Sales of February 2001)" (dalam bahasa Korean). Music Industry Association Korea. February 2001. Diakses 2006-12-24. [pranala nonaktif]
  7. ^ "보아, 매니저 교통사고 사망 '통곡' (BoA mourns death of her manager)" (dalam bahasa Korean). 2003-07-09. Diakses 2006-12-24. 
  8. ^ "2004 Yearly Chart" (dalam bahasa Korean). Music Industry Association Korea. December 2004. Diakses 2006-11-20. [pranala nonaktif]
  9. ^ "2005 Yearly Chart" (dalam bahasa Korean). Music Industry Association Korea. December 2005. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2007-03-10. Diakses 2006-11-20. 
  10. ^ "다양한 장르, 정상급 가수들의 뜨거운 경합 Diverse Genres, Intense battle between top-notch artists" (dalam bahasa Korean). 2004-12-31. Diakses 2006-12-24. 
  11. ^ "플라이투더스카이가 상을? 2개월 활동했는데? 찝찝한 결과... (Fly to the Sky wins an award? After only being active for two months? An unclear result..." (dalam bahasa Korean). 2004-12-30. Diakses 2006-12-24. 
  12. ^ "드라마 패션70s 주제곡 뜬다 Drama Fashion 70s Theme Song becomes a hit" (dalam bahasa Korean). 2005-06-09. Diakses 2006-12-24. 
  13. ^ "플라이투더스카이, 음반활동 종료..개인활동 돌입 (Fly to the Sky takes a hiatus and starts individual activities)" (dalam bahasa 2006-05-31). Diakses 2006-12-24. 
  14. ^ "브라이언 왜 생방송 도중 눈물 흘렸나 (Why did Brian shed tears on a live show?)" (dalam bahasa Korean). 2006-02-19. Diakses 2006-12-24. 
  15. ^ Kim Ji-yun (2006-08-09). "신화 플라이투더스카이 쥬얼리, 장수비결은? (Shinhwa, Fly to the Sky, and Jewelry: What are their secrets to a long lasting career?)" (dalam bahasa Korean). Diakses 2006-12-24. 
  16. ^ Lee Dong-Jun (2006-07-10). "브라이언, "해체 위기 맞은 적 있다" (Brian, "We Nearly Disbanded.")" (dalam bahasa Korean). Diakses 2006-08-29. 
  17. ^ a b Won-kyung Cho; Kim Ha-rim (2006). "Fly to the Sky Transition" (dalam bahasa Korean). Diakses 2006-12-24. 
  18. ^ a b c Hu Yoon-Hee (2006-04-04). "오락프로 출연자 ‘그 나물에 그 밥’ (Entertainment TV Show Cast All the Same)" (dalam bahasa Korean). The Hankyoreh. Diakses 2006-12-24. 
  19. ^ Park Mi-ea (2007-06-20). "환희-브라이언, 29일 플투스 7집 첫 무대 (Fany-Brian, First Seventh Album Performance on the 29th)" (dalam bahasa Korean). EDaily. Diakses 2007-06-22. 
  20. ^ Lee Gyoo-Rim (2007-05-28). "플라이투더스카이, 1년 반만에 정규 7집 발표 (Fly to the Sky to release seventh album after a year and a half)" (dalam bahasa Korean). Mydaily. Diakses 2007-06-22. 
  21. ^ "Fly to the Sky at IZM.com" (dalam bahasa Korean). July 2005. Diakses 2006-12-24. 
  22. ^ a b c Hye-rim Shin year=2006. "Album Review Transition" (dalam bahasa Korean). Diakses 2006-10-28. 
  23. ^ Joong-Suk Yang (August 2006). "4집 - Missing You" (dalam bahasa Korean). oimusic. Diakses 2006-12-24. 
  24. ^ "플라이 투 더 스카이, 오락 프로그램서도 종횡무진 ‘플라이!’" (dalam bahasa Korean). 2006-03-24. Diakses 2006-12-24. 
  25. ^ "발라드 가수도 웃겨야 살아남는다 (Even ballad singers must be funny to survive)" (dalam bahasa Korean). 2006-03-06. Diakses 2006-12-24. 
  26. ^ "TVXQ Sweeps the 2006 MMKF" (dalam bahasa Korean). 2006-11-27. Diakses 2006-12-24. 
  27. ^ "Golden Disk - Winners" (dalam bahasa Korean). Diarsipkan dari aslinya tanggal 2007-01-01. Diakses 2006-12-24. 

Link Eksternal[sunting | sunting sumber]

Interview[sunting | sunting sumber]