Euskal Telebista

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Euskal Telebista
Jenis Jaringan Televisi Penyiar
Negara  Spanyol
Pendiri EiTB Group
Tanggal peluncuran 20 Mei 1982
Wilayah siaran  Negara Basque
 Navarre
Drapeau pyreneesatlantiques.svg Pyrénées-Atlan.

(juga memperoleh sinyal):
 La Rioja
 Castile dan León
 Cantabria
 Aragon
Pemilik EiTB Group
Situs web resmi Situs Resmi

ETB (juta EiTB) merupakan kependekan dari Euskal Irrati Telebista (Radio-Televisi Basque), nama layanan penyiaran umum Negara Basque.

Grup EiTB adalah grup media terdepan di Negara Basque dengan lima saluran televisi dan lima stasiun radio. Saluran mereka juga mengudara di Navarre, dan orang-orang di teritori terdekat seperti Burgos (di Castile dan León), Cantabria, Huesca (provinsi) dan Zaragoza (provinsi) (di Aragon), La Rioja, dan Pyrénées-Atlantiques (di Perancis) dapat memperoleh sinyalnya. Beroperasi sejak 1982 dan selama periode ini grup media tersebut telah menetapkan dirinya sebagai organisasi media, terhubung dengan lebih dari satu juta orang setiap hari. Kebanyakan penyiaran EiTB merupakan berita lokal dan hiburan.

Tanggal 20 Mei 1982 Parlemen Basque menyetujui hukum yang mendirikan Euskal Irrati Telebista dan pada tanggal 23 November, saluran televisi Euskal Irratia mulai mengudara. EiTB, bagiannya, mencapai rumah-rumah di Basque pada tengah malam 31 Desember 1982 dengan presentasi oleh Lehendakari Basque Carlos Garaikoetxea dan programnya disiarkan, mulai 16 Februari di tahun berikutnya. Pada waktu itu sekitar 30 orang bekerja di ETB Centre di Iurreta untuk menyediakan program dalam bahasa Basque.

Beberapa tahun kemudian, ETB-2 mengumumkan operasinya tanggal 31 MEi 1986. Saluran ini mengudara dalam bahasa Spanyol, dan pada saat ini memiliki dua saluran internasional. Setelah perjanjian antara Sogecable dan EiTB, 87 juta rumah di seluruh Eropa dapat menyaksikan ETB Sat dari satelit ASTRA sejak Mei 2001. Juga dapat disaksikan melalui layanan TV satelit Digital Plus Sogecable di seluruh Spanyol. Stasiun televisi keempat EiTB group adalah Canal Vasco, sebuah medium yang dibuat untuk Amerika, dimana saluran ini mencapai penonton melalui DTH Amerika dan perusahaan TV kabel.

Setelah implementasi televisi terrestrial digital, pemerintah Basque membolehkan EiTB membuat dua saluran televisi digital baru. [1] Pertama, ETB-3, mulai mengudara Oktober 2008[2], menawarkan pemrograman untuk anak-anak dan remaja dalam bahasa Basque. Kedua, saluran berita dwibahasa. [3].

EiTB Group juga memiliki lima stasiun radio dengan lebih dari 300.000 pendengar setiap hari - Euskadi Irratia, Radio Euskadi, Radio Vitoria, Euskadi Gaztea dan EiTB Irratia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

EiTB's own account of its founding and broadcasts

Pranala luar[sunting | sunting sumber]