Espresso (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Espresso"
Singel oleh Sabrina Carpenter
Dirilis11 April 2024 (2024-04-11)
Genre
Durasi2:55
LabelIsland
Pencipta
ProduserJulian Bunetta
Kronologi singel Sabrina Carpenter
"You Need Me Now?"
(2024)
"Espresso"
(2024)
Video musik
"Espresso" di YouTube

"Espresso" adalah lagu dari penyanyi-penulis lagu asal Amerika Serikat, Sabrina Carpenter. Lagu ini dirilis sebagai single pada 11 April 2024 melalui Island Records. Carpenter menulis lagu ini bersama Amy Allen, Steph Jones dan Julian Bunetta, dan Julian Bunetta menangani produksinya. Musik video yang disutradarai Dave Meyers untuk "Espresso" dirilis pada hari berikutnya. Untuk mendukung perilisannya, Carpenter membawakan lagu ini di Coachella Valley Music and Arts Festival 2024. "Espresso" meraih kesuksesan komersial, menyebabkan para kritikus menganggapnya sebagai singel terobosan Carpenter.[3]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada 16 Januari 2024, Sabrina Carpenter diumumkan sebagai bagian dari festival musik Amerika Serikat, Coachella, yang diadakan di Indio, California.[4] Carpenter mengumumkan akan ada lagu baru menjelang penampilannya di festival, melalui papan iklan yang bertuliskan: "She's gonna make you come... to her Coachella set!".[5] Carpenter mengumumkan perilisan "Espresso" di akun media sosialnya pada 8 April 2024, beserta tanggal rilis dan sampulnya.[6] Carpenter memberi caption pada postingan tersebut dengan: "Hanya ingin mengeluarkan sedikit lagu sebelum Coachella".[7] Island Records merilis single ini melalui streaming dan unduhan digital, sedangkan Polydor Records merilisnya melalui format vinyl dan kaset.[5]

Musik video[sunting | sunting sumber]

Musik video pengiring untuk "Espresso" dirilis pada 12 April 2024, satu hari setelah lagu ini dirilis. Video tersebut disutradarai oleh Dave Meyers.[8] Tentang video tersebut, Carpenter mengungkapkan: "Sejak aku mendengar lagunya, aku melihat suasana pantai—dan lebih khusus lagi lingkungan jadul [dan] modern. [Aku ingin menangkap] keceriaan yang aku suka untuk digunakan di seluruh video saya. Saya juga hanya ingin mobil biliar, jujur ​​saja".[9]

Video dimulai dengan Sabrina dan seorang pria lainnya di dalam speedboat. Saat pria itu bersandar di belakang Sabrina, dia berbelok tajam yang menyebabkan pria itu terjatuh dari perahu. Sabrina mengambil dompet pria tersebut dan mengeluarkan kartu kredit emasnya, dan saat dia mendarat, dia bertemu dengan beberapa gadis lain dan terlibat dalam berbagai aktivitas seperti membaca buku, melakukan pijatan dan pedikur, dan berjemur sambil mengipasi dedaunan. Tepat sebelum bait kedua, mobil antik lainnya muncul bersama sekelompok pria lain, yang memegang papan selancar tempat dia menari. Mereka terus berpesta, dan mobil itu akhirnya terisi air saat Sabrina dan salah satu pria bersantai di dalamnya seperti bak mandi air panas. Namun, dia kemudian terlihat oleh pria di awal video bersama dengan polisi, yang menangkap Sabrina dan mengambil dompet serta kartu kredit emas pria tersebut. Sabrina melambaikan tangan sebelum didorong ke dalam mobil polisi, yang tidak dapat dihidupkan oleh petugas polisi. Musik diputar dari pengeras suara di atas mobil.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lipshutz, Jason. "Sabrina Carpenter's Delicious 'Espresso' and 4 More Cool New Pop Songs This Week". Billboard. Diakses tanggal 16 April 2024. 
  2. ^ Zoladz, Lindsay. "Sabrina Carpenter Drops a Perky Bop, and 10 More New Songs". The New York Times. 
  3. ^ "How Sabrina Carpenter's Espresso helped her (finally) rise to the top". Official Charts (dalam bahasa Inggris). 2024-04-30. Diakses tanggal 2024-04-30. 
  4. ^ Aniftos, Rania (January 16, 2024). "Lana Del Rey, Doja Cat & Tyler, the Creator to Headline Coachella 2024". Billboard. Diakses tanggal April 9, 2024. 
  5. ^ a b Rocha, Isabella (April 8, 2024). "Sabrina Carpenter Teases New Song Espresso Prior to Coachella". Glitter Magazine. Diakses tanggal April 9, 2024. 
  6. ^ Jacob, Lola (April 9, 2024). "Sabrina Carpenter has announced new single 'Espresso'". Coup de Main. Diakses tanggal April 9, 2024. 
  7. ^ Dailey, Hannah (April 9, 2024). "Sabrina Carpenter Announces New Single 'Espresso' Ahead of Coachella 2024: Here's When It Arrives". Billboard. Diakses tanggal April 9, 2024. 
  8. ^ a b Paul, Larisha (April 12, 2024). "Sabrina Carpenter Gets Sun-Kissed and Pampered With a Pretty Boy's Gold Card in 'Espresso' Video". Rolling Stone. Diakses tanggal April 13, 2024. 
  9. ^ Aniftos, Rania (April 12, 2024). "Sabrina Carpenter Lounges Beachside in Retro 'Espresso' Music Video". Billboard. Diakses tanggal April 13, 2024.