On Purpose

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"On Purpose"
Singel oleh Sabrina Carpenter
dari album Evolution
Dirilis29 Juli 2016 (2016-07-29)
DirekamOktober – November 2015
Studio
GenreDance
Durasi3:58
LabelHollywood
Pencipta
Produser
  • Zmishlany
Kronologi singel Sabrina Carpenter
"Smoke and Fire"
(2016)
"On Purpose"
(2016)
"Thumbs"
(2017)
Video musik
"On Purpose" di YouTube

"On Purpose" adalah lagu yang direkam oleh penyanyi Amerika Serikat Sabrina Carpenter dari album studio keduanya Evolution (2016), bertindak sebagai trek pembuka. Lagu ini ditulis oleh Carpenter bersama Ido Zmishlany yang juga memproduseri lagu ini. Lagu ini dirilis oleh Hollywood Records sebagai singel utama album Evolution dan dirilis perdana pada 29 Juli 2016. Sebuah lagu beraliran dance, "On Purpose" membicarakan sebuah hubungan yang seharusnya tidak terjadi. Lagu ini disertai dengan video musik arahan James Milleryang rilis perdana di kanal Vevo milik Carpenter pada 12 Agustus 2016. Video tersebut menampilkan Carpenter mengelilingi kota London.

Latar belakang dan perekaman[sunting | sunting sumber]

Pada 22 Juli 2016, Carpenter mengungkapkan di media sosialnya bahwa lagu tersebut akan dirilis pada 29 Juli, ia juga membagikan dua cuplikan. Awal minggu itu, ia mengatakan bahwa "musik besar" akan segera hadir.[1]

Selain bertindak sebagai produser "On Purpose", Ido Zmishlany juga melakukan rekayasa trek serta rekayasa vokal tambahan. Nolan Wescott memainkan piano dan melakukan rekayasa vokal. Serban Ghenea mencampur lagu dan Chris Gehringer melakukan mastering audio di Sterling Sound yang berlokasi di kota New York. Perekaman berlangsung di UMPG Studios di Santa Monica dan vokal tambahan direkam di Faculty Studios.[2]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Secara musikal, "On Purpose" berdurasi tiga menit lima puluh delapan detik. Dari segi notasi musik, "On Purpose" disusun menggunakan digubah menggunakan 44 common time pada kunci D minor, dengan tempo sedang 100 ketukan per menit. Lagu tersebut menggunakan progresi akor Gm/B-Dm-C-Gm-Gm/B-Dm-C di bagian verse, B-C-Dm-Cadd4 di pre-chorus dan Dm-CFB di bagian chorus.. Vokal Carpenter menjangkau dari nada rendah F3 hingga nada tinggi D5, memberi lagu itu satu oktaf dan jarak lima nada.[3]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Musik video lagu tersebut disutradarai oleh James Miller.[4] Video tersebut tayang perdana pada 12 Agustus 2016. Musik video tersebut menampilkan Carpenter menghabiskan waktunya mengelilingi kota London.[5] Corey Fogelmanis, lawan main Carpenter dalam seri televisi Girl Meets World turut hadir dalam video musik tersebut, namun bagiannya tidak ditayangkan dalam hasil akhir video.[6]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Brittany Goldfield Rodrigues dari Andpop mengatakan "Single utama dari rekaman itu mengisyaratkan Sabrina yang terdengar indie — cocok dengan lirik emosional yang sama dan vokal yang kuat. Lagu cinta yang manis dan menawan adalah keseimbangan sempurna antara lagu ballad dan dance up-tempo. Lirik yang indah dan chorus beat-heavy membuat trek yang unik dan sempurna untuk mengatur nada rekaman".[7]

Penampilan langsung[sunting | sunting sumber]

Carpenter membawakan lagu tersebut di Honda Stage di iHeartRadio Theater pada 25 Agustus 2016 di Los Angeles, bersama dengan lagu baru lainnya sebelum dirilisnya Evolution.[8]

Kredit dan personel[sunting | sunting sumber]

Perekaman dan manajemen

  • Perekaman di UMPG Studios (Santa Monica, California)
  • Perekaman vokal tambahan di Faculty Studios
  • Mastering di Sterling Sound (New York City)
  • Seven Summits Music (BMI) obo Itself dan Pink Mic Music (BMI), Songs of Universal, Inc/Music of Liberal Arts Publishing/Zmishlany Music (BMI)

Personel

Kredit dikutip dari catatan personel Evolution.[2]

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (2016) Peringkat
tertinggi
US Pop Digital Songs (Billboard)[9] 39

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Hasil Ref.
2017 Radio Disney Music Awards "XOXO – Lagu Crush Terbaik" Nominasi [10]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Negara Tanggal Format
Seluruh dunia 29 Juli 2016 Digital download

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gisselle Gaitan (24 Juli 2016). "Sabrina Carpenter Teases Her New Single "On Purpose"". J-14 (dalam bahasa Inggris). 
  2. ^ a b Catatan personel Evolution [CD] Hollywood Records (2016).
  3. ^ "Sabrina Carpenter "On Purpose" Sheet Music in D Minor" (dalam bahasa Inggris). Musicnotes.com. Diakses tanggal 4 Agustus 2018. 
  4. ^ "Sabrina Carpenter: On Purpose (Video 2016)". IMDb. Diakses tanggal 16 April 2021. 
  5. ^ De Elizabeth (12 Agustus 2016). "Sabrina Carpenter's "On Purpose" Music Video Will Instantly Transport You to London". Teen Vogue (dalam bahasa Inggris). 
  6. ^ De Elizabeth (30 Mei 2017). "Sabrina Carpenter Shares Deleted Scenes From "On Purpose" Music Video". Teen Vogue (dalam bahasa Inggris). 
  7. ^ Brittany Goldfield Rodrigues (14 Oktober 2016). "ANDPOP - Track By Track Review Of Evolution By Sabrina Carpenter". Andpop (dalam bahasa Inggris). Channel Zero. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2016. Diakses tanggal 5 Januari 2016. 
  8. ^ "Sabrina Carpenter To Perform New Music at iHeartRadio Theater Show - Ryan Seacrest - On Air with Ryan Seacrest". iHeartRadio (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Oktober 2016. Diakses tanggal 5 Januari 2017. 
  9. ^ "Chart Search | Billboard". Billboard (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 23 November 2018. 
  10. ^ "Radio Disney Music Awards 2017". Radio Disney (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-23. Diakses tanggal 5 Maret 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]