Embung Alobewa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Embung Alobewa adalah embung yang terletak di desa Wologai Timur, kecamatan Lepembusu Kelisoke, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Embung ini dibangun pada tahun 2011.

Sama seperti embung-embung yang lain, Embung Alobewa juga dibangun dengan tujuan untuk menampung air untuk berbagai keperluan masyarakat desa juga untuk menjaga keseimbangan alam.

Embung yang dibangun di atas puncak berbatasan langsung dengan hutan rakyat ini langsung menampung mata air "Alobewa" dan air permukaan sekitarnya.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Di waktu musim hujan, Embung Alobewa dapat digunakan untuk mengairi sawah tadah hujan yang ada di wilayah desa Wologai Timur. Beberapa anak sungai mengaliri air dari Embung Alobewa.

Di musim kemarau,Eembung Alobewa dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mengairi area sawah (rano) yang berganti dari padi sawah ke jenis sayuran dan hortikultura lainnya. Embung Alobewa juga telah ditabur dengan beberapa benih ikan, seperti ikan mas, ikan mujair dan beberapa jenis ikan lainnya. Embung ini dapat digunakan sebagai kolam pemancing, dan bisa dijadikan sebagai tempat wisata alam.

Referensi[sunting | sunting sumber]