Elang merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Elang merah
Milvus milvus R(ThKraft).jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Falconiformes
(or Accipitriformes)

Famili: Accipitridae
Upafamili: Milvinae
Genus: Milvus
Spesies: M. milvus
Nama binomial
Milvus milvus
(Linnaeus, 1758)

Elang merah adalah burung pemangsa yang berukuran sedang, satu keluarga dengan burung elang. Spesies ini merupakan endemik yang ada di wilayah Palearctic barat di Eropa dan barat laut Afrika, meskipun sebelumnya juga terjadi di luar di Iran utara[2] Burung ini termasuk jenis yang langka.[2]

Karakteristik fisik[sunting | sunting sumber]

Elang merah memiliki panjang 60–66 cm, dengan rentang sayap 175–179 cm. Burung jantan memiliki berat 800–1,200 gram dan burung betina memiliki berat 1,000–1,300 gram.[2] Ini adalah burung yang elegan, terbang melambung dengan mengandalkan sayapnya yang panjang, dan memutar ekor panjangnya untuk mengubahan arah. Bulu pada bagian tubuh, ekor atas dan sayap atas berwarna merah kecoklatan. Sayap utama berwara putih dan kontras dengan warna hitam dan gelap pada ujungnya. Pada burung muda, bagian dada dan perut berwarna cerah kekuning-kuningan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anon (2009). "Red Kite - BirdLife Species Factsheet". 2009 IUCN Red List Category. BirdLife International. Diakses 2009-07-05. 
  2. ^ a b c Snow, D. W. & Perrins, C. M. (1998). The Birds of the Western Palearctic Concise Edition. OUP ISBN 0-19-854099-X.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]