Hampir Terancam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mendekati terancam punah adalah status konservasi yang diberikan kepada spesies yang mungkin berada dalam keadaan terancam dengan kepunahan cukup mendekati, meski tidak masuk ke dalam status terancam. Sangat penting bagi IUCN untuk mengevaluasi kembali spesies-spesies yang berstatus mendekati terancam punah dalam selang waktu tertentu.

Kriteria untuk mengkategorikan status "mendekati terancam punah" mirip kriteria status rentan yang mengalami pengurangan dalam jumlah atau luas wilayah. Spesies yang mendekati terancam punah yang dievaluasi sejak tahun 2001 sangat membutuhkan konservasi agar statusnya tidak menjadi terancam, di mana spesies tersebut dimasukkan ke dalam status ketergantungan konservasi untuk berbagai kategori.

Terdapat 3703 spesies yang telah dievaluasi dan dikatakan berstatus mendekati terancam punah oleh IUCN. Angka ini termasuk 2423 spesies binatang dan 1050 tanaman.

Sebagai tambahan, 402 spesies yang masuk ke dalam status ketergantungan konservasi juga dikatakan mendekati terancam punah.

Contoh spesies Indonesia yang mendekati terancam punah termasuk Kelelawar Buah Dayak (Dyacopterus spadiceus) Otter Eropa (Lutra lutra),dan juga Kuau Raja (Argusianus argus).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]