Dyme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dyme adalah sebuah kota kuno Yunani di Akhaia. Ia terletak di paling barat kota Akhaia. Catatan tentang penduduk pertama yang ada disana adalah Oebotas yang dikatakan orang Akhaia pertama yang menang pada Olimpiade Yunani Kuno.[1]

Di sekitar kota ini juga terjadi pertempuran penting. Thukidides mengindikasikan kota ini dekat dengan pertempuran laut yang besar dalam Perang Peloponnesos [2] dan melarikan diri dari pertempuran menemukan tempat berlindung di sana. Pada Perang Makedonia Pertama, Cycliadas dan Philip dari Makedonia akan mempersiapkan serangan di Elis dekat Dyme.

Dalam politik setelah kematian Aleksander Agung, kota ini sempat diperintah oleh Cassander. Hal itu mendapat perhatian pada 280 SM untuk menjadi bagian dari upaya untuk menghidupkan kembali Liga Akhaia. Sebuah pertempuran yang berlangsung di Dyme pada 226 SM antara Sparta dibawah Raja Kleomenes III dan Liga Akhaia dibawah komando Aratos dari Sikyon berakhir dengan kemenangan Sparta. Kota ini diobrak-abrik Publius Sulpisius Galba Maksimus selama Perang Makedonia Pertama. Terjadi pemberontakan pada 115 SM.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]