Elis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Reruntuhan Kuil Zeus di Olympia.

Elis, atau Eleia (bahasa Yunani: Ήλιδα Ilida, Yunani kuno: Ἦλις Ēlis; Doria: Ἆλις Alis; Eleia: Ϝαλις Walis, etnonim: Ϝαλειοι) adalah distrik artifak kuno, yang wilayahnya kini termasuk dalam prefektur Illia modern. letaknya di Yunani selatan di semenanjung Peloponnesos, dibatasi di utara oleh Akhaia, di timur berbatasan dengan Arkadia, di selatan dengan Messenia, dan di barat dengan laut Ionia.

Festival Olimpiade pertama diselenggarakan di salah satu kota di Elis, yaitu Olympia, oleh pihak berwenang di Elis pada abad ke-8 SM- tanggal tradisionalnya adalah pada 776 SM. Hellanodikai, juri Olimpiade saat itu, adalah orang-orang Elis.

Nama lokalnya adalah Valis, atau Valeia, yang artinya adalah “tanah rendah”. Bentang alamnya mirip dengan Akhaia dan Arkadia; pegunungannya merupakan bagian dari dataran tinggi Arkadia, dan sungai-sungai utamanya mengalir dari mata air-mata air di Arkadia.

Menurut Strabo,[1] pemukiman pertama di Elis didirikan oleh Oksilos, orang Aitolia yang mendatangi tempat ini. Kotanya dibangun pada 471 SM dan memiliki wewenang atas Olimpiade serta dipercaya sebagai kota suci, sehingga tidak dilindungi oleh dinding pertahanan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Strabo Geografika Buku 8.3.30

Pranala luar[sunting | sunting sumber]