Digimon World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Digimon World
Boxart Amerika Utara
PublikasiPlayStation
  • JP: January 28, 1999
  • NA: May 23, 2000
  • PAL: July 6, 2001
Microsoft Windows
  • KOR: April 27, 2002
[1]
Genrepermainan peran, hewan peliharaan digital
Latar tempatDigimon universe
Karakteristik teknis
PlatformPlayStation
Modepermainan video multipemain dan Permainan video pemain tunggal
FormatCD-ROM
Metode inputkontroler permainan video
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangBandai (pemrogram asli), Flying Tiger Development (pemrogram AS) [2]
Flying Tiger Development (US reprogramming)[3]
PenyuntingBandai Namco Entertainment
PenerbitBandai
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
Informasi tambahan
Situs webbandaigames.channel.or.jp… (Jepang)
MobyGamesdigimon-world
Bagian dari Digimon
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Digimon World (Jepang: デジモンワールド, Hepburn: Dejimon Wārudo) is a video game by Bandai on the PlayStation, released in 1999, about the Digimon virtual pets. It was followed by various sequels released for the PlayStation and other platforms. The story focuses on a human brought to File City on File Island by Jijimon to save the island. Digimon have been losing their memories and becoming feral and the city has fallen into disarray. The goal of the player, who is represented by an unnamed young boy, is to save the island by helping Digimon recover their memory and return to the city.

Digimon World (Jepang: デジモンワールド, Hepburn: Dejimon Wārudo) adalah permainan video RPG oleh Bandai di PlayStation, yang dirilis pada tahun 1999, tentang hewan peliharaan virtual Digimon. Permainan ini diikuti oleh berbagai sekuelnya yang dirilis untuk PlayStation dan platform lainnya. Alur cerita berfokus pada seorang anak manusia yang dibawa ke File City di Pulau File oleh Jijimon untuk menyelamatkan pulau. Digimon telah kehilangan memori dan ingatan mereka dan mereka menjadi liar, dan kota jatuh ke dalam kekacauan. Tujuan dari permainan ini adalah, yang diwakili oleh seorang anak muda yang bernama "Hiro/Hero" (ini adalah sebuah konvesi umum penamaan Jepang untuk protagonis di RPG), adalah untuk menyelamatkan pulau dengan membantu memulihkan memori Digimon mereka dan kembali ke kotanya.

Varian sampul wilayah PAL menampilkan tujuh Digimon awal yang dipilih dari serial tv Digimon Adventure. Kelompok ini mencakup Gomamon juga, tetapi dinyatakan benar-benar absen di dalam permainan ini.

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Pertempuran Greymon dan Metalgreymon, dengan menu dan bilah kesehatan terlihat di bagian atas layar.

Gameplay berkutat pada membesarkan satu Digimon dari bentuk telurnya, menetas menjadi Fresh, melalui In-Training, Rookie, Champion, dan selanjutnya, Ultimate. Digimon akan "menghilang" seiring bertambahnya usia, dan akhirnya kembali ke telur, jadi pemain harus membesarkannya lagi.

Untuk membesarkan partner Digimon, pemain harus melatihnya, memberinya makan, mengistirahatkan, dan membawanya ke kamar mandi. Training dilakukan untuk meningkatkan stats Digimon agar lebih kuat dalam pertempuran. Meningkatkan Digimon dengan baik akan menghasilkan Digimon Pemula "Digivolving" menjadi bentuk Champion dengan statistik yang lebih baik, sementara tidak melatih atau meningkatkannya dengan baik akan menyebabkan Digivolve menjadi Numemon, Digimon Juara dengan statistik dan keterampilan yang lebih rendah.

Bagian utama lain dari cara bermain adalah pertempuran. Para pemain partner Digimon melawan Digimon yang telah menjadi agresif karena krisis di Pulau File. Partner Digimon memulai permainan dengan beberapa keterampilan dasar, tetapi lebih karena mereka memperoleh kemajuan dalam tingkatan melalui permainan.

Semakin banyak Digimon yang Anda dapatkan di kota Anda akan membuat pelatihan dan berbagai aspek lain dari permainan jauh lebih mudah. Banyak yang akan membuka toko-toko dan bahkan menjual item, beberapa akan membuka mini game yang Anda bisa bermain untuk mendapatkan hadiah dan item.

Plot[sunting | sunting sumber]

Gim ini berkisah tentang seorang anak laki-laki (pemain dapat menyebutkan nama protagonis di awal gim), protagonis, yang ditarik ke Dunia Digital melalui perangkat V-Pet. Jijimon menyapa dan menanyakan beberapa pertanyaan, jawaban yang menentukan apakah dia mulai dengan Agumon atau Gabumon. Tujuannya adalah untuk melakukan perjalanan di sekitar Pulau File, menemukan semua Digimon penduduk File City yang telah menjadi liar dan membawa mereka kembali, meningkatkan mitra Digimon dalam prosesnya. Dia harus melatih Digimonnya dan bertempur di seluruh Dunia Digimon sampai kota yang dulu jarang penduduknya berkembang dengan Digimon yang berbeda dari seluruh Dunia Digimon. Dia akhirnya harus pergi ke Infinity Mountain (lokasi terakhir) untuk menghadapi antagonis, Analogman, dan mega Machinedramon, dan menyelamatkan Dunia Digital dari kehancuran.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pengembang dan penerbit Bandai (sekarang Bandai Namco Entertainment) menggunakan kampanye pemasaran ekstensif untuk bersaing dengan waralaba media Pokémon Nintendo, khususnya video game Pokémon Merah dan Biru. Promosi Digimon trading card ditawarkan kepada 100.000 pelanggan Amerika Utara pertama yang membeli game tersebut.[4] Game ini diumumkan secara resmi bersamaan dengan ' 'Digimon World 2 pada Mei 2000, sebelum rilis keduanya.[5]

Infogram' Operasi Eropa menangani distribusi permainan di Eropa dan Australia.[6][7]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Digimon World menerima 23 dari 40 total skor dari editor majalah Weekly Famitsu Jepang, and went on to sell approximately 250,000 copies in the region by February 2000.[4]

Versi bahasa Inggris terjual cukup banyak untuk memenuhi syarat sebagai judul Greatest Hits di Amerika Utara, dan Platinum Range di Eropa, tetapi menerima tinjauan yang beragam dari para kritikus, mendapatkan rata-rata 52,55% di GameRankings. Majalah GamePro mengkritik musik dan efek suara game yang "nyaring", serta sifat sistem pertarungannya yang sebagian besar tidak dapat dikendalikan, merekomendasikannya hanya untuk "penggemar "Digimon" hardcore. Miguel Lopez dari GameSpot juga menyatakan bahwa "Digimon World bukan untuk semua orang – hanya penggemar 'Digimon' yang berdedikasi atau penggemar genre monster-raising yang perlu menerapkannya," tetapi menemukan grafiknya menyenangkan, menyatakan bahwa "meskipun memisahkan fokus bermain, tidak ada yang dapat menyangkal bahwa Digimon World adalah permainan yang tampak bagus. David Zdyrko dari IGN menawarkan pendapat serupa tentang visual game, dengan menyatakan "Tidak ada yang revolusioner yang dilakukan di sini [...] tetapi masih dapat diklasifikasikan sebagai videogame yang terlihat bagus," tetapi menemukan sistem pertempuran game tersebut tidak memuaskan.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini diikuti oleh berbagai sekuel yang dirilis untuk PlayStation dan platform lainnya, meskipun mereka tidak mempertahankan semua elemen gameplay yang ditemukan di aslinya. Selain itu, meskipun dilokalkan seperti itu di pasar Barat, Digimon World DS, Digimon World Dawn and Dusk, Digimon World Data Squad , dan Digimon World Championship bukanlah game resmi dalam seri ini.

Digimon World Re:Digitize pertama kali diumumkan pada Juli 2011, dalam edisi V-Jump,[13] sebagai game Digimon pertama untuk PlayStation Portable.[14] Game ini diumumkan akan dikembangkan oleh pengembang video game Jepang Tri-Crescendo,[15] The original premise of Re:Digitize was to call back to the first Digimon World game; unlike the sequels.[16]

Digimon World: Next Order diumumkan pada V-Jump edisi Juli 2015. Ini awalnya dirilis untuk PlayStation Vita dan diterbitkan oleh Bandai Namco.[17] A trailer was released on July 31 and featured clips from the original Digimon World before showcasing its gameplay. It is based on the concept of an “evolving world,” and like Re:Digitize, the player takes control of the main character travels alongside a Digimon partner. The first partners to be revealed were Agumon and Gabumon. It was released in Japan on the 17th of March 2016.[18]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Digimon World". Multi Enterprise. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2005. Diakses tanggal April 7, 2005. 
  2. ^ "Lineup". BEC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-02-02. Diakses tanggal 2020-10-31. 
  3. ^ "Flying Tiger Development: Digimon World". Flying Tiger Development. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 10, 2006. Diakses tanggal October 10, 2015. 
  4. ^ a b Zdyrko, Dave (February 15, 2000). "Digimon World". IGN. Diakses tanggal April 22, 2010. 
  5. ^ Shoemaker, Brad (May 16, 2000). "Digimon World Hands-On". GameSpot. Diakses tanggal June 6, 2010. 
  6. ^ "Atari - Corporate Information". corporate.infogrames.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 October 2003. Diakses tanggal 6 June 2022. 
  7. ^ "Atari - Corporate Information". corporate.infogrames.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 October 2003. Diakses tanggal 6 June 2022. 
  8. ^ "Digimon World for PlayStation". GameRankings. Diakses tanggal October 9, 2015. 
  9. ^ "デジモンワールド まとめ [PS]" [Digimon World [PS]]. Famitsu. Enterbrain, Inc. Diakses tanggal October 9, 2015. 
  10. ^ Cheat Monkey (July 18, 2000). "Digimon World Review for PlayStation". GamePro. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 9, 2005. Diakses tanggal October 9, 2015. 
  11. ^ Lopez, Miguel (June 30, 2000). "Digimon World Review for PlayStation". GameSpot. Diakses tanggal March 29, 2010. 
  12. ^ Zdyrko, David (July 5, 2000). "Digimon World". IGN. Diakses tanggal March 29, 2010. 
  13. ^ Spencer (July 18, 2011). "Devil Survivor And Durarara!! Artist Tied To New PSP Digimon Game". Siliconera. Diakses tanggal April 16, 2015. 
  14. ^ Loo, Egan (July 17, 2011). "Digimon World: Re:Digitize PSP Game to Ship in 2012". Anime News Network. Diakses tanggal April 16, 2015. 
  15. ^ Gantayat, Anoop (July 23, 2011). "Digimon World Being Developed by Tri-Crescendo". Andriasang.com. Diakses tanggal April 16, 2015. 
  16. ^ Laura (November 29, 2011). "Digimon World Re:Digitize Goes the Full Mile Back to Digimon World 1". Siliconera. Diakses tanggal April 16, 2015. 
  17. ^ Romano, Sal (July 15, 2015). "Digimon World: Next Order announced for PS Vita". Gematsu. Diakses tanggal October 10, 2015. 
  18. ^ "DW:NO Release Data". Gamefaqs Release Information. 2 June 2016. Diakses tanggal 2 June 2016. 

Link Eksternal[sunting | sunting sumber]