Dan Fogelberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dan Fogelberg
Nama lahir Daniel Grayling Fogelberg
Meninggal Bendera Amerika Serikat 16 Desember 2007 (umur 56)
Maine, Amerika Serikat
Genre rock, folk rock
Pekerjaan pemusik
Instrumen vokal, gitar, piano
Tahun aktif 19712007
Label Columbia Records, Epic Records, Giant Records, Mailboat Records
Artis terkait Fools Gold, Tim Weisberg
Situs web www.danfogelberg.com

Daniel Grayling Fogelberg (13 Agustus 195116 Desember 2007) adalah penyanyi sekaligus pencipta lagu asal Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai pemusik yang bisa memainkan berbagai alat musik. Inspirasi bagi musiknya yang ditulisnya berasal dari berbagai genre musik seperti folk, pop, klasik, jazz, dan bluegrass.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa remaja[sunting | sunting sumber]

Dan Fogelberg dilahirkan di Peoria, Illinois sebagai putra bungsu pasangan Lawrence dan Margaret (Young) Fogelberg. Ia dibesarkan bersama dua orang kakak di tengah keluarga penggemar musik. Ibunya adalah seorang pianis. Ayahnya adalah kepala orkes musik sekolah menengah atas yang melewatkan sebagian besar kariernya di SMA Peoria Woodruff dan Pekin, Illinois. Di kemudian hari, sosok sang ayah sebagai pemimpin orkes menjadi inspirasi bagi lagu "Leader of the Band" yang ditulis Dan Fogelberg. Setelah mendapat hadiah gitar slide khas Hawaii dari kakeknya, cara bermain dipelajarinya sendiri dari buku instruksi yang ditulis Mel Bay. Selain itu, ia juga belajar piano. Karier musiknya dimulai pada usia 14 dengan bergabung bersama band The Clan yang beraliran The Beatles. Selanjutnya, Fogelberg bergabung dengan The Coachmen pada tahun 1967. Grup The Coachmen juga sering membawakan lagu milik orang lain, tapi sempat merilis dua singel dengan label Ledger Records, "Maybe Time Will Let Me Forget" dan "Don't Want To Lose Her".

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Setelah tamat dari SMA Woodruff pada tahun 1969, Fogelberg kuliah seni teater dan seni lukis di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. Sejak itu pula, ia mulai tampil solo sebagai pemain gitar akustik di kafe-kafe setempat. Penampilannya menarik perhatian produser rekaman Irving Azoff yang menemukannya pada tahun 1971. Keduanya sepakat memulai karier di bidang manajemen artis dengan mengurusi grup rock sekampung halaman Illinois, REO Speedwagon. Bersama mereka, Fogelberg pindah ke California untuk mengadu keberuntungan. Di California, ia mencari nafkah dengan menjadi pemusik pendukung bagi artis pop-folk seperti Van Morrison. Pada tahun 1972, Fogelberg merilis album perdana Home Free, dengan sambutan publik yang biasa-biasa saja. Album kedua, Souvenirs dikerjakannya di bawah bimbingan produser Joe Walsh, dan ternyata lebih sukses. Di dalamnya terdapat lagu hit, "Part of the Plan" yang melambungkan nama Dan Fogelberg.

Puncak kesuksesan[sunting | sunting sumber]

Setelah album Souvenirs, Fogelberg merilis album Captured Angel pada tahun 1975. Album ini laris hingga mendapat piringan emas dan platina. Album ke-4 yang menjadi adikarya Fogelberg, Nether Lands dirilis tahun 1977. Dalam album tersebut terdapat lagu-lagu laris seperti "The Power of Gold," "The Language of Love," dan "Lonely in Love". Tahun berikutnya, Fogelberg bekerja sama dengan seorang pemain flute aliran jazz bernama Tim Weisberg. Album perdana dari dua album kolaborasi bersama Weisberg adalah Twin Sons of Different Mothers yang dirilis tahun 1978. Album berikutnya, Phoenix yang dirilis tahun 1979 adalah album Fogelberg yang paling sukses. Di dalamnya terdapat lagu "Longer" yang hingga kini sering diperdengarkan dalam pesta pernikahan. Album yang menandai puncak kesuksesan Fogelberg adalah album ganda, The Innocent Age yang dirilis bulan Oktober 1981. Album tersebut memuat tiga lagu hit terbesarnya, "Leader of the Band", "Hard To Say", dan "Same Old Lang Syne". Inspirasi lagu terakhir "Same Old Lang Syne" didapat dari kisah nyata pertemuan dirinya dengan mantan kekasihnya secara tidak sengaja. Pada tahun 1984, Fogelberg kembali dengan album Windows And Walls.

Pada tahun 1985, Fogelberg merilis album High Country Snows yang direkam di Nashville. Tampil sebagai bintang tamu untuk album High Country Snows, sejumlah musisi ternama dari aliran bluegrass seperti Vince Gill, Jerry Douglas, David Grisman, Chris Hillman, dan Herb Pedersen. Pada tahun 1987, Fogelberg kembali merilis album berwarna rock dengan judul Exiles. Selanjutnya tahun 1990, album Wild Places dipersembahkannya untuk penyelamatan lingkungan hidup dan bumi. Sesudah itu, album konser yang dirilis tahun 1991, Greetings From The West.

Album River of Souls dirilis tahun 1993 sebagai album terakhir Fogelberg untuk Sony Records. Pada tahun 1997, album berisi rangkuman sejarah karier Fogelberg dirilis dalam 4 keping CD. Masing-masing CD diberi tema dengan warna musik yang berbeda-beda, "Ballads", "Rock and Roll", "Tales and Travels" (bagian yang memperlihatkan bakatnya sebagai pencipta lagu berlirik narasi), dan "Hits" (kumpulan lagu-lagu hit). Sebuah album Natal yang sudah diangan-angankan Fogelberg sepanjang kariernya akhirnya terwujud tahun 1999 dengan judul "First Christmas Morning". Setelah hampir 4 tahun tidak merilis album baru, Full Circle yang dirilis tahun 2003 merupakan album kembalinya Fogelberg sebagai musisi soft rock era tahun 1970-an.

Sebagai pencipta lagu yang peduli dengan masalah sekitarnya, Fogelberg menggunakan musiknya untuk mengangkat masalah sosial, termasuk soal penduduk asli Amerika Serikat dan perdamaian. Fogelberg sangat memperhatikan masalah lingkungan hidup, dan mendukung energi alternatif sebagai pengganti tenaga nuklir. Ia juga bergabung dengan kelompok musisi pendukung energi alternatif, Musicians United for Safe Energy yang mengadakan konser "No Nukes" pada tahun 1979 dan 1980.

Fogelberg pernah berkata bahwa konser Carnegie Hall, New York merupakan saat paling membanggakan bagi dirinya. Pada waktu itu, ayah dan ibunya hadir di antara penonton. Di musim panas, Fogelberg tampil dalam konser akustik secara solo atau konser lengkap bersama band. Pada tahun 2002, berkat pilihan penggemar, Dan Fogelberg dipilih sebagai salah seorang dari 10 musisi yang namanya diabadikan di dalam ruang Performers Hall of Fame, Red Rocks Amphitheatre yang terletak di Morrison, Colorado.

Akhir hayat[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2004, Fogelberg didiagnosis menderita kanker prostat stadium lanjut. Terapi hormon hanya mengurangi dan menghentikan penyebaran kanker, tapi tidak menyembuhkan kanker yang dideritanya. Pada hari ulang tahunnya yang ke-54, 13 Agustus 2005, Dan Fogelberg mengumumkan kesuksesan pengobatan kanker yang dijalaninya, dan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan penggemar. Selain itu, ia berkata bahwa dirinya tidak lagi memiliki rencana kembali ke dunia musik. Walaupun demikian, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk kembali menciptakan lagu. Dua tahun terakhir sisa hidupnya dilewatkan bersama sang istri yang juga seorang musisi bernama Jean Fogelberg.

Di saat-saat terakhirnya, ia ditemani istrinya, Jean. Dan Fogelberg meninggal karena kanker di rumah kediamannya di Maine, 16 Desember 2007.[1]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album solo[sunting | sunting sumber]

Kolaborasi dengan Tim Weisberg[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Associated Press. "Singer Dan Fogelberg dies". cnn.com/entertainment. Diakses 17 Desember.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]