Daihatsu Taruna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Daihatsu Taruna
Daihatsu Terios r blue.jpg
Produsen PT. Astra Daihatsu Motor
Juga disebut Toyota Cami
Dario Terios (China)
Perodua Kembara (Malaysia)
Premier Rio (India)
Masa dalam produksi 1999-2006
Model berikutnya Daihatsu Terios
Kelas Small SUV
Transmisi 5-speed manual

Daihatsu Taruna adalah mobil dari pabrikan PT. Astra Daihatsu Motor untuk segmen small SUV di Indonesia yang menggantikan Daihatsu Feroza. Mulai diperkenalkan pada tahun 1999. Dibuat berdasarkan platform dan body Daihatsu Terios generasi pertama, PT. Astra Daihatsu Motor mengganti mesin seri K3 (1300 cc) dengan tipe HE/ HD (1500 - 1600 cc), menambah jarak sumbu roda mobil menjadi dua ukuran, mengkonversi drivetrain dengan parts milik Daihatsu Feroza, dan merubah tampilan mobil sebagian besar di bagian depan mobil seperti lampu utama, gril, dan bemper depan. Taruna minus seat belt bangku belakang, Airbag, dan ABS dari Daihatsu Terios generasi pertama versi pasar Jepang.

Produksi dihentikan pada akhir tahun 2006 dengan model terakhirnya "Oxxy", yang berupa minor change dari model sebelumnya.

Trim meliputi C-series (short wheel base 5+2 penumpang dengan jok paling belakang berhadapan) dan F-series (long wheel base 7 penumpang)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

  • 1999 Dipasarkan di Indonesia dengan trim C-series bermesin 1600cc karburator (HD-C)
  • 2000 F-series mulai dipasarkan dengan mesin 1600cc karburator (HD-C)
  • 2001 Trim C dan F-series menggunakan mesin 1600cc injeksi (HD-E)
  • 2002 Kedua trim mulai menggunakan mesin 1500cc full time injection (HE-E)
  • 2004 Taruna hadir dengan mesin 1500cc 3SZ-VE dan grill yang lebih macho
  • 2005 Taruna dengan full minor change, Taruna Oxxy
  • 2006 Taruna diberhentikan produksinya sekitar akhir tahun dan digantikan oleh Daihatsu Terios pada 2007

C-Series[sunting | sunting sumber]

Trim C-Series sedikit lebih panjang dari Terios generasi pertama di Jepang dan mempunyai bentuk jendela samping yang berbeda. Pintu belakang juga berbeda; untuk Terios Jepang, tinggi pintu berukuran 3/4 bodi bagian belakang; sedangkan untuk Taruna ukurannya hampir sama dengan bodi belakang (begitu juga dengan F-series). Tersedia tipe CL (standar), CX (menengah) dan CSX (paling mewah) dan tipe khusus CSR

C-series dapat memuat 5 penumpang dewasa, jika ditambah dengan dua kursi paling belakang yang saling berhadapan, bisa untuk menambah dua penumpang berpostur kecil / sedang.

F-Series[sunting | sunting sumber]

Trim ini lebih panjang dari C-series dengan kemampuan memuat 7 penumpang dan bangku paling belakang menghadap ke depan. Dengan bodi yang lebih panjang, memungkinkan untuk memuat lebih banyak penumpang dewasa dan barang bawaan daripada C-series. Untuk trim ini terdapat AC blower ganda. Tersedia dalam tipe FL (standar), FX (menengah), FGX (paling mewah)

Model F-series adalah "Terios" terpanjang yang pernah ada (mulai dari Terios Kid yang hampir berukuran sama dengan Suzuki Karimun generasi pertama untuk pasar Indonesia).

Taruna Oxxy[sunting | sunting sumber]

Taruna Oxxy merupakan model terakhir dari Daihatsu Taruna. Kata "Oxxy" berhubungan dengan oksigen yang artinya segar, yaitu penyegaran model Taruna dengan beberapa minor change berupa velg 16 inch, rear stop lamp, grill depan, bumper depan, bodykit samping, fog lamp, mesin 1.500 cc 3SZ-VE dan spoiler atas. Tetap tersedia dalam tipe sesuai seri (C atau F)

Pada Gaikindo 2005, Oxxy tampil dengan lampu depan model proyektor.