Daihatsu Luxio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Daihatsu Luxio
Produsen PT. Astra Daihatsu Motor
Perusahaan induk PT. Astra Internasional
Masa dalam produksi 2009-sekarang
Perakitan Karawang, Jawa Barat
Kelas Minibus
Bentuk kerangka Van
Mesin 1.5L 3SZ-VE DOHC VVT-i bensin
Transmisi manual 5 percepatan
otomatis 4 percepatan
Jarak sumbu roda 2.650 mm
Panjang 4.165 mm
Lebar 1.665 mm
Tinggi 1.915 mm
Berat kosong 1.850 kg

Daihatsu Luxio adalah mobil minibus yang diproduksi oleh pabrikan otomotif Jepang, Daihatsu di Indonesia melalui PT. Astra Daihatsu Motor. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 26 Februari 2009. Mobil ini merupakan versi mewah dari Daihatsu Gran Max minibus, dan ditujukan sebagai kendaraan penumpang, dibandingkan Gran Max yang lebih ditujukan sebagai kendaraan komersial.

Mesin[sunting | sunting sumber]

Daihatsu Luxio dipasarkan di Indonesia dengan satu pilihan mesin bensin, yaitu 3SZ-VE 1500cc DOHC VVT-i 4 silinder segaris. Mesin ini mempunyai tenaga maksimum 97 PK/6000 rpm dan torsi maksimum 13,7 Kg.m/4400 rpm. Mesin ini sama dengan mesin yang digunakan di Daihatsu Gran Max. Untuk Daihatsu Terios, mesin yang sama dapat menghasilkan tenaga lebih besar yaitu 109 PK/6000 rpm.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Tipe paling mewah, X, memiliki fitur-fitur : Spoiler belakang dengan lampu rem, seluruh jok yang dilengkapi dengan penahan kepala, dashboard dua warna dengan ornamen pada kluster tengah. Dan, transmisi otomatis dengan tuas berada di dashboard. Tipe ini juga dilengkapi audio Double DIN R/T+CD dengan MP3.

Fitur standar pada tipe M dan X adalah AC double blower, jok deret kedua yang bisa digeser dan sabuk pengaman untuk jok deret kedua dan ketiga. Beberapa perlengkapan opsional lainnya adalah alas untuk barang bawaan (cargo tray) dan jaring untuk barang bawaan (cargo net), sedangkan ABS hanya opsional untuk tipe M dan X.

Penjualan Luxio[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, Luxio mencatatkan penjualan sebesar:

  • 2009 : 4.582 unit [1]
  • 2010 : 5.982 unit [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]