Daftar permainan Roblox

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Roblox Studio, sebuah mesin permainan tempat pengguna dapat membuat dan merilis permainan ke Roblox

Sistem pembuatan permainan dan permainan video online Roblox memiliki banyak permainan yang dibuat oleh pengguna alat kreasi mereka, Roblox Studio. Karena popularitas Roblox, berbagai permainan yang dibuat di situs ini semakin menarik perhatian dalam popularitas; beberapa permainan memiliki jutaan pemain aktif setiap bulan, sekitar 5.000 permainan memiliki lebih dari satu juta kunjungan dan beberapa memiliki lebih dari satu miliar.[1] Berikut ini adalah daftar permainan terkenal di Roblox.

Daftar[sunting | sunting sumber]

Adopt Me![sunting | sunting sumber]

Adopt Me! adalah permainan peran daring multipemain masif di mana fokus nominalnya adalah pemain yang berpura-pura menjadi orang tua yang mengadopsi anak, atau anak-anak diadopsi, meskipun fokus de facto adalah sekitar mengadopsi dan merawat banyak hewan peliharaan yang berbeda, yang dapat diperdagangkan dengan yang lain pemain. Pada Juli 2020, permainan tersebut telah dimainkan lebih dari sepuluh miliar kali. Adopt Me! memiliki rata-rata 600.000 pemain bersamaan pada Juni 2020, menjadikannya game paling populer di Roblox. Karena mahalnya harga hewan peliharaan di dalam game, dengan beberapa hewan peliharaan langka dijual hingga $100 Dolar Amerika Serikat, subkultur besar penipu telah meningkat di dalam game. Sebagai basis pengguna utama Adopt Me! rata-rata lebih muda daripada anggota Roblox lainnya, mereka sangat rentan untuk tertipu. DreamCraft, organisasi di balik permainan, telah mengumpulkan lebih dari $16 juta dolar Amerika Serikat pendapatan, sebagian besar dari transaksi mikro.

Blox Fruit[sunting | sunting sumber]

Blox Fruit adalah sebuah game aksi pertarungan yang terinspirasi dari anime One Piece. Item yang dikenal sebagai "buah" memberi pemain berbagai keuntungan dan kerugian dalam pertempuran melawan musuh dan bos yang kuat. Beberapa buah adalah buah Dragon, Leopard, Rumble dan Venom. Game ini dideskripsikan oleh VG247 sebagai "salah satu game dengan konten terbanyak di Roblox", dan game tersebut sendiri telah dimainkan lebih dari 15 miliar kali pada April 2023.

Break In Story[sunting | sunting sumber]

Break In Story adalah video game survival horror yang dikembangkan oleh mahasiswa Selandia Baru Alec Kieft.[2] Cerita berfokus pada sekelompok pemain yang terjebak di dalam rumah yang dikepung oleh geng.[2] Break In dianggap sebagai bagian dari genre game Roblox yang dianggap sebagai "game cerita", yang dipopulerkan oleh game sebelumnya di seri Camping.[2][3] Popularitas gim ini dikaitkan oleh Kieft karena diliput oleh beberapa YouTuber besar.[2]

Jailbreak[sunting | sunting sumber]

Beberapa permainan di Roblox, seperti Jailbreak (foto), cukup populer untuk mendapat perhatian media

Jailbreak adalah permainan polisi dan perampok yang merupakan salah satu permainan paling populer di Roblox, mengumpulkan puluhan ribu pemain bersamaan setiap hari, dan yang telah dimainkan sebanyak 4 miliar kali pada Agustus 2020. Jailbreak ditampilkan dalam acara Siap Pemain Satu Roblox, berdasarkan sekitar perilisan film. Alex Balfanz, salah satu pencipta Jailbreak, meliput pendidikan sarjana di Universitas Duke menggunakan dana dari permainan. Jailbreak dipahami dan dibuat sebagai versi yang lebih sempurna dari game Roblox sebelumnya yang bernama Prison Life.

MeepCity[sunting | sunting sumber]

MeepCity adalah permainan peran daring multipemain masif dengan kemiripan yang dicatat dengan Club Penguin dan Toontown Online. Permainan ini rata-rata 100.000 pemain bersamaan pada Juli 2018. Pencipta MeepCity, Alex Bidello, menyatakan pada tahun 2018 bahwa ia menghasilkan cukup uang dari permainan untuk membayar dua karyawan dan mendukung ibu dan saudara laki-lakinya. Bidello terkenal karena teknik pengembangannya, yang mencakup bermain game di akun alt untuk mengukur reaksi pemain baru. MeepCity adalah game pertama di Roblox yang melewati 1 miliar total kunjungan.

Murder Mystery 2[sunting | sunting sumber]

Murder Mystery 2 adalah gim yang pemainnya ditugaskan secara acak untuk memainkan setiap putaran. Satu pemain dipilih untuk menjadi pembunuh, yang harus membunuh semua orang untuk menang. Pemain lain dipilih untuk menjadi sheriff dan harus menembak si pembunuh untuk menang; semua pemain yang tersisa dipilih sebagai orang yang tidak bersalah yang tujuannya adalah untuk bertahan hidup dan tidak terbunuh. Desain level game telah dipuji oleh para kritikus.

Natural Disaster Survival[sunting | sunting sumber]

Natural Disaster Survival adalah gim di mana pemain ditugaskan untuk bertahan hidup dari serangkaian bencana alam yang dilemparkan kepada mereka. Permainan ini secara positif dibandingkan dengan PlayerUnknown's Battlegrounds. Bersama Work at a Pizza Place, Natural Disaster Survival adalah salah satu game tertua di Roblox yang masih berhasil mempertahankan popularitas apa pun.

Piggy[sunting | sunting sumber]

Piggy adalah game horor episodik yang menggabungkan elemen dari Peppa Pig dan game horor indie Granny ke dalam pengaturan kiamat zombi. Gaya cerita episodik dari game tersebut menghasilkan basis penggemar yang signifikan yang berkembang sebelum game tersebut berakhir pada tanggal 25 Mei 2020. Piggy diunggah ke situs tersebut pada Januari 2020, dan telah dimainkan hampir 5 miliar kali pada Juli 2020. Sekuelnya, berjudul Piggy: Book 2, dirilis pada 12 September 2020.

Royale High[sunting | sunting sumber]

Royale High (awalnya disebut Fairies and Mermaids Winx High School) adalah permainan peran online multipemain masif yang dikembangkan oleh Callmehbob. Permainan berlatarkan alam semesta magis dan berhubungan dengan sekolah fantasi di mana pemain berpakaian seperti bangsawan dan makhluk supernatural. Diluncurkan pada 2017, Royale High memiliki lebih dari 3,5 miliar total kunjungan pada Juli 2020, secara teratur mencapai ribuan pemain bersamaan, menjadikannya salah satu game paling populer di platform.

The Strongest Battlegrounds[sunting | sunting sumber]

The Strongest Battlegrounds adalah sebuah game yang terinspirasi dari anime One-Punch Man, yang terkenal pada awal Oktober 2023. Dalam game ini terdapat beberapa karakter yang bisa kita pilih. Jika bar merah dibagian bawah layar sudah penuh, kita bisa menggunakannya untuk menjadi lebih kuat untuk sementara waktu, yang biasa disebut dengan Ultimate.

Welcome to Bloxburg[sunting | sunting sumber]

Welcome to Bloxburg adalah permainan berdasarkan The Sims, terkenal sebagai permainan Roblox yang pemain harus membeli dengan Robux sebelum bermain. Pada Desember 2019, game tersebut telah dimainkan 1,4 miliar kali. Welcome to Bloxburg digunakan sebagai alat demonstrasi di perkemahan musim panas yang disebut the Junior Buildeer Camp untuk mengajar anak-anak tentang pembangunan rumah.

Work at a Pizza Place[sunting | sunting sumber]

Work at a Place adalah permainan di mana pemain bekerja sama untuk memenuhi pesanan di toko pizza. Permainan ini dianggap klasik di antara basis pengguna Roblox, dengan pencipta menghubungkan keberhasilannya dengan kemampuan permainan untuk mendorong sosialisasi. Gim ini telah menerima pujian karena mekanisme mengemudinya.

Brookhaven[sunting | sunting sumber]

Brookhaven adalah permainan peran daring multipemain. Di permainan ini, kalian bisa bermain peran dengan bebas dan kalian dapat memilih pekerjaan sesuka kalian. Permainan ini juga memiliki berbagai macam peralatan dan mobil. Permainan ini sukses di tahun 2021. Pada tahun 2023, permainan ini telah mencapai 8 miliar pengguna yang memainkannya.[butuh rujukan]

Pet Simulator X[sunting | sunting sumber]

Pet Simulator X ini adalah permainan yang dibuat oleh BIG GAMES Studios dan telah mencapai 450 Juta Pemain di Bulan Oktober 2021. Permainan ini berbasis simulasi. Kalian hanya menagmbil koin dengan hewan peliharaan kesukaan kalian, setelah mengambilnya, kalian dapat menukar koin tersebut dengan hewan peliharaan yang lebih bagus. Setalah itu, kalian bisa memperluas zona mengambil koin. Permainan daring ini berbasis simpel tetapi seru. Permainan ini juga memiliki pendahulu, yaitu Pet Simulator.

Pendapatan[sunting | sunting sumber]

Selama Roblox Developers Conference 2017, para pejabat mengatakan bahwa pembuat platform game, yang jumlahnya sekitar 1,7 juta pada 2017, secara kolektif menghasilkan setidaknya $30 juta pada 2017. Versi iOS Roblox melampaui pendapatan seumur hidup $1 miliar pada November 2019, $1,5 miliar pada Juni 2020, dan $2 miliar pada Oktober 2020, menjadikannya aplikasi iOS dengan pendapatan tertinggi kedua. Beberapa game individu di Roblox telah mengumpulkan pendapatan lebih dari $10 juta, sementara pengembang secara keseluruhan di platform secara kolektif diproyeksikan telah menghabiskan sekitar $250 juta selama tahun 2020. Ini menjadi game terlaris ketiga tahun 2020, dengan pendapatan $2,29 miliar, di bawah judul Tencent PUBG dan Honor of Kings.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gamers are logging millions of hours a day on Roblox". The Economist. August 21, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 28, 2021. Diakses tanggal August 22, 2020. 
  2. ^ a b c d "Meet the New Zealander whose Roblox games have been played a billion times". Crawford. 7 Mei 2021. 
  3. ^ "Roblox Camping: What is the Hotel secret ending? Who is Zach Nolan?". HITC. Diakses tanggal 25 Juli 2019.