Daftar ekoregion di Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jepang adalah rumah bagi sembilan hutan ekoregion, yang mencerminkan iklim dan geografi. Pulau-pulau yang membentuk Jepang umumnya memiliki iklim lembab, yang berkisar dari subtropis hangat di pulau-pulau selatan hingga iklim sedang dingin di pulau utara Hokkaidō.

Ikhtisar ekoregion[sunting | sunting sumber]

Jepang terletak pada pertemuan tiga wilayah terestrial, Palearktika, Indomalaya, dan Oseania, dan flora dan faunanya menggabungkan unsur-unsur dari ketiganya ekoregion yang meliputi pulau-pulau utama Jepang, Honshū, Hokkaido, Kyūshū, dan Shikoku, bersama dengan pulau-pulau terdekat, dianggap sebagai bagian dari Palearktika. Busur pulau di selatan Jepang, Kepulauan Ryukyu di barat daya dan Kepulauan Ogasawara di tenggara, adalah rumah bagi ekoregion hutan subtropis basah berdaun lebar; ekoregion hutan subtropis hijau abadi Kepulauan Nansei adalah bagian dari Indomalaya, sedangkan hutan subtropis basah Ogasawara dari Ogasawara adalah bagian dari Oseania.

Ekoregion darat[sunting | sunting sumber]

Hutan tropis dan subtropis basah berdaun lebar

Hutan berdaun lebar beriklim sedang dan hutan campuran

Hutan konifer beriklim sedang

Ekoregion air tawar[sunting | sunting sumber]

Ekoregion laut[sunting | sunting sumber]

Bukan daftar lengkap

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Abell, R., M. Thieme, C. Revenga, M. Bryer, M. Kottelat, N. Bogutskaya, B. Coad, N. Mandrak, S. Contreras-Balderas, W. Bussing, M. L. J. Stiassny, P. Skelton, G. R. Allen, P. Unmack, A. Naseka, R. Ng, N. Sindorf, J. Robertson, E. Armijo, J. Higgins, T. J. Heibel, E. Wikramanayake, D. Olson, H. L. Lopez, R. E. d. Reis, J. G. Lundberg, M. H. Sabaj Perez, and P. Petry. (2008). Freshwater ecoregions of the world: A new map of biogeographic units for freshwater biodiversity conservation. BioScience 58:403-414, [1].