Crawling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Crawling"
Singel oleh Linkin Park
dari album Hybrid Theory
Sisi-B"Papercut" (Langsung dari BBC)
Dirilis14 November 2000[1]
DirekamNew Orleans, Louisiana, 1998-1999
Genre
Durasi3:29
LabelWarner Bros.
PenciptaLinkin Park
ProduserDon Gilmore
Kronologi singel Linkin Park
"One Step Closer"
(2000)
"Crawling"
(2000)
"Papercut"
(2001)
Video musik
"Crawling" di YouTube

"Crawling" adalah sebuah lagu oleh grup musik rok Amerika Linkin Park. Ini adalah single ketiga dari album debut mereka, Hybrid Theory, dan merupakan lagu kelima di album. Album ini dirilis pada 14 November 2000, sebagai single ke-3 mereka dan memenangkan Grammy untuk Best Hard Rock Performance pada tahun 2002. Pada Januari 2011, "Crawling" dirilis dalam paket DLC Linkin Park untuk Rock Band 3.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

"Crawling" adalah salah satu dari sedikit lagu di Hybrid Theory yang tidak menonjolkan lirik lagu rap Mike Shinoda. Intro "Crawling" telah di-remix dalam versi live selama bertahun-tahun. Sejak Revolusi Projekt 2008, Mike Shinoda telah mengetuk bait pertama "Hands Held High" di atas intro versi Reanimation dari "Crawling", berjudul "Krwlng" (menampilkan vokalis Staind Aaron Lewis). Pada tahun 2009, Shinoda mengetuk dua bait "Hands Held High" di atas intro "Crawling", yang bait pertama dimulai dengan a cappella atau bassline sebelum intro Reanimation dimulai, di mana Shinoda mengetuk bait kedua. Penyanyi Chester Bennington mengatakan bahwa "Crawling" adalah lagu Linkin Park yang paling sulit untuk dinyanyikan secara langsung, dengan menyatakan "Crawling telah menyebabkan saya kesulitan saat live lebih dari lagu lainnya." Bennington juga mengomentari arti "Merayap" dengan menyatakan itu terinspirasi oleh pertempurannya sendiri dengan penyalahgunaan zat. "Merayap adalah tentang perasaan bahwa saya tidak memiliki kendali atas diri saya sendiri dalam hal obat-obatan dan alkohol, oleh karena itu baris "Luka-luka ini tidak akan sembuh..."[5] Lagu ini direkam dalam kunci C# minor.

Sebuah versi live dari "Crawling" dimasukkan sebagai sisi-B dari "Breaking the Habit".

Video musik[sunting | sunting sumber]

Video tersebut disutradarai oleh Brothers Strause. Ini menggambarkan konflik batin seorang wanita muda yang berurusan dengan hubungan yang kasar. Wanita (diperankan oleh Katelyn Rosaasen) menutup ke seluruh dunia, diwakili dengan efek khusus dari kristal yang terbentuk di sekelilingnya. Pada akhirnya, kristal surut.

Video ini seharusnya memiliki akhir yang "lebih gelap" ketika sinopsis pertama ditulis, mengambil Species di mana penggemar psiko membunuh band, tetapi Warner Bros menolak ide itu, dan akhir akhir ditulis sebagai gantinya.[6][7]

"Crawling" adalah video musik pertama dengan Dave Farrell di grup. Phoenix kembali ke Linkin Park tepat sebelum mereka mulai mengerjakan video ini.

Pada Mei 2022, lagu tersebut telah ditonton 350 juta kali di YouTube.

Video tersebut dinominasikan untuk video Rock Terbaik di MTV Video Music Awards. Itu kalah dari "Rollin" Limp Bizkit.[8]

Konten bonus[sunting | sunting sumber]

Fitur bonus di CD adalah footage yang sama dengan easter egg tersembunyi di Frat Party at the Pankake Festival. Namun, rekaman di sini tidak disensor, sedangkan rekaman di "Frat Party" disensor.

Sebuah DVD single "Strictly Limited Numbered Edition" juga dirilis yang menyertakan versi live dari "Crawling" yang dibawakan di Dragon Festival, meskipun audionya di-dubbing dengan versi studio dari lagu tersebut. Video memiliki fitur beberapa sudut kamera yang memungkinkan pemirsa untuk melihat sudut kamera yang berbeda dari kinerja dengan menggunakan remote control DVD. DVD ini juga memiliki empat cuplikan live berdurasi 30 detik dari "One Step Closer", "By Myself", "With You", dan "A Place for My Head". Video langsung "Crawling" tersedia di saluran YouTube Warner Bros. Records, yang diunggah pada 9 Februari 2010.[9] Video ini juga tersedia sebagai DVD ekstra untuk "Frat Party at the Pankake Festival".

Personil[sunting | sunting sumber]

Versi kover[sunting | sunting sumber]

Vokalis Coldplay Chris Martin membawakan lagu piano solo "Crawling" secara langsung pada awal Agustus 2017. Pertunjukan tersebut merupakan penghormatan kepada Chester Bennington, yang meninggal pada 20 Juli 2017, karena bunuh diri.[10]

Lagu ini dibawakan oleh band bersama dengan vokalis Bring Me the Horizon Oliver Sykes mengisi vokal Chester dan DJ dan produser rekaman Zedd pada drum selama pertunjukan Linkin Park and Friends: Celebrate Life in Honor of Chester Bennington di Hollywood Bowl pada Oktober 27, 2017.

Vokalis Staind Aaron Lewis menampilkan versi penghormatan dari "Crawling" secara langsung di atas panggung pada 10 Agustus 2017 di Look Park di Florence, Massachusetts.[11]

Jared Leto dari 30 Seconds to Mars memasukkan Crawling dalam penghargaan mashup untuk Bennington.[12]

Grup musik rok Amerika New Years Day menampilkan versi cover pada EP 2018 mereka Diary of a Creep.

Versi kover oleh Dream State ditampilkan di album kompilasi 2018 Songs That Saved My Life.

Grup musik heavy metal Amerika Bad Wolves menampilkan versi cover di akun Patreon mereka pada Mei 2020.[butuh rujukan]

Di media lain[sunting | sunting sumber]

Pada Olimpiade Musim Dingin Vancouver 2010, John dan Sinead Kerr mewakili Inggris menampilkan versi Reanimation "Krwling" di final tarian es figure skating.[13]

Penampilan komersial[sunting | sunting sumber]

Lagu ini telah melihat sukses di banyak negara. Di Inggris, lagu tersebut memulai debutnya dan memuncak di nomor 16 dan bertahan di tangga lagu selama delapan minggu. Itu mencapai sepuluh besar di Kanada dan Austria. Itu mencapai tiga puluh besar dan empat puluh teratas di banyak negara, itu lebih sukses daripada "Satu Langkah Lebih Dekat". Namun, itu hanya memuncak di nomor 79 di Amerika Serikat, menjadi single charting terendah mereka sampai mereka merilis "Given Up", yang memuncak di nomor 99, meskipun berhasil memuncak di nomor lima di Modern Rock Track Chart dan nomor tiga di Bagan Lagu Mainstream Rock. Meskipun puncaknya rendah, lagu tersebut bertahan selama 20 minggu di bagian bawah tangga lagu, yang lebih lama dari 18 minggu yang dihabiskan oleh "One Step Closer".

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Seluruh lagu ditulis oleh Linkin Park.

CD singel
No.JudulDurasi
1."Crawling" (Versi Album)3:29
2."Papercut" (Langsung dari BBC)3:08
3."Backstage Video Footage" (Video)9:56
DVD singel
No.JudulDurasi
1."Crawling" (Video Langsung)3:31
2."Crawling" (Versi Album)3:29
3."4x30 Second Live Video Snippets"2:00

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Sertifikasi[sunting | sunting sumber]

Negara Sertifikasi Penjualan/unit tersertifikasi
Austria (IFPI Austria)[41]
Video
Gold 5.000*
Italia (FIMI)[42] Gold 0double-dagger
Britania Raya (BPI)[43] Gold 400.000double-dagger
Amerika Serikat (RIAA)[1] Gold 500.000double-dagger

* Jumlah penjualan menurut seritifikasinya.
double-dagger Jumlah penjualan+pengiriman menurut seritifikasinya.

Riwayat rilis[sunting | sunting sumber]

Wilayah Tanggal Format Ref.
Amerika Serikat 14 November 2000 CD
Britania Raya 9 April 2001
Amerika Serikat 17 April 2001

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "American single certification – Linkin Park – Crawling". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Single, then click SEARCH. 
  2. ^ "Linkin Park Reveal Powerful Live Video For Crawling". Kerrang!. December 4, 2017. Diakses tanggal October 29, 2021. 
  3. ^ a b Green, Chris (25 June 2015). "Linkin Park have launched a venture capital brand, but can such a company ever be rock n' roll?". The Independent.  (June 25th, 2015). Retrieved on October 11th, 2015
  4. ^ Edwards, Luke (March 20, 2022). "Best Linkin Park Songs: 20 Classics That Launched A Nu-metal Revolution". Dig!. Diakses tanggal March 20, 2022. 
  5. ^ Hyclak, Anna (2009-07-17). "Linkin Park's Bennington Discusses His Drug Addiction | SPIN | Newswire". SPIN. Diakses tanggal 2013-04-13. 
  6. ^ Linkin Park - The making of Crawling di YouTube
  7. ^ "Crawling (Official Video) on YouTube". YouTube.  from Linkin Park's YouTube Channel
  8. ^ "Crawling". Songfacts.com. Diakses tanggal 2009-03-13. 
  9. ^ "Crawling (Live Video Version) on YouTube". YouTube.  From the Warner Bros. Records YouTube Channel
  10. ^ "Watch Coldplay's Chris Martin Cover Linkin Park's 'Crawling'". Rolling Stone. 2 August 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-30. Diakses tanggal 3 August 2017. 
  11. ^ "Staind Reunion and Bennington + Cornell Tributes Highlight Aaron Lewis Charity Gig". Loudwire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-12. 
  12. ^ "Jared Leto Leads Moving Tribute to Chester Bennington, Chris Cornell, David Bowie, and More". Entertainment Weekly. 
  13. ^ Anderson, Kyle (February 23, 2010). "OLYMPIC ICE DANCING FEATURES CANADIAN VICTORY, LINKIN PARK". MTV News. Diakses tanggal February 8, 2022. 
  14. ^ "Australian-charts.com – Linkin Park – Crawling". ARIA Top 50 Singles.
  15. ^ "Austriancharts.at – Linkin Park – Crawling" (dalam bahasa Jerman). Ö3 Austria Top 40.
  16. ^ "Ultratop.be – Linkin Park – Crawling" (dalam bahasa Belanda). Ultratop 50.
  17. ^ "Eurochart Hot 100 Singles" (PDF). Music & Media. Vol. 19 no. 33. August 11, 2001. hlm. 7. Diakses tanggal 12 August 2020. 
  18. ^ "Musicline.de – Linkin Park Single-Chartverfolgung" (dalam bahasa Jerman). Media Control Charts. PhonoNet GmbH.
  19. ^ "Irish-charts.com – Discography Linkin Park". Irish Singles Chart.
  20. ^ "Dutchcharts.nl – Linkin Park – Crawling" (dalam bahasa Belanda). Single Top 100.
  21. ^ "Charts.nz – Linkin Park – Crawling". Top 40 Singles.
  22. ^ "Official Scottish Singles Sales Chart Top 100". Official Charts Company. Diakses tanggal August 9, 2020.
  23. ^ "Swedishcharts.com – Linkin Park – Crawling". Singles Top 100.
  24. ^ "Swisscharts.com – Linkin Park – Crawling". Swiss Singles Chart.
  25. ^ "Linkin Park: Artist Chart History". Official Charts Company.
  26. ^ "Official Rock & Metal Singles Chart Top 40". Official Charts Company. Diakses tanggal June 21, 2020.
  27. ^ "Linkin Park Chart History (Hot 100)". Billboard.
  28. ^ "Linkin Park Chart History (Alternative Airplay)". Billboard.
  29. ^ "Linkin Park Chart History (Mainstream Rock)". Billboard.
  30. ^ "ČNS IFPI" (dalam bahasa Ceska). Hitparáda – Digital Top 100 Oficiální. IFPI Republik Ceko. Catatan: Ubah tangga musik ke CZ – SINGLES DIGITAL – TOP 100 dan masukkan 201730 dalam pencarian. Diakses tanggal August 1, 2017.
  31. ^ "Le Top de la semaine : Top Singles Téléchargés – SNEP (Week 30, 2017)" (dalam bahasa French). Syndicat National de l'Édition Phonographique. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-30. Diakses tanggal August 2, 2017. 
  32. ^ "Archívum – Slágerlisták – MAHASZ" (dalam bahasa Hungaria). Single (track) Top 40 lista. Magyar Hanglemezkiadók Szövetsége. Diakses tanggal August 3, 2017.
  33. ^ "Portuguesecharts.com – Linkin Park – Crawling". AFP Top 100 Singles. Diakses tanggal August 5, 2017.
  34. ^ "ČNS IFPI" (in Slovak). Hitparáda – Singles Digital Top 100 Oficiálna. IFPI Republik Ceko. Catatan: Pilih SINGLES DIGITAL - TOP 100 dan masukkan 201730 dalam pencarian. Diakses tanggal August 1, 2017.
  35. ^ "Linkin Park Chart History (Hot Rock & Alternative Songs)". Billboard. Diakses tanggal August 3, 2017.
  36. ^ "Jahreshitparade Singles 2001". austriancharts.at. Diakses tanggal July 17, 2020. 
  37. ^ "Jaaroverzichten 2001". Ultratop. Diakses tanggal November 29, 2019. 
  38. ^ "Top 100 Single-Jahrescharts". GfK Entertainment (dalam bahasa German). offiziellecharts.de. Diakses tanggal January 13, 2020. 
  39. ^ "The Official UK Singles Chart 2001" (PDF). UK Singles Chart. ChartsPlus. Diakses tanggal March 18, 2020. 
  40. ^ "Hot Rock Songs – Year-End 2017". Billboard. Diakses tanggal September 20, 2019. 
  41. ^ "Austrian video certification – Linkin Park – Crawling" (dalam bahasa Jerman). IFPI Austria. Diakses tanggal June 28, 2022. 
  42. ^ "Italian single certification – Linkin Park – Crawling" (dalam bahasa Italia). Federazione Industria Musicale Italiana. Diakses tanggal December 26, 2018.  Select "2018" in the "Anno" drop-down menu. Select "Crawling" in the "Filtra" field. Select "Singoli online" under "Sezione".
  43. ^ "British single certification – Linkin Park – Crawling". British Phonographic Industry. Diakses tanggal May 1, 2020. 
  44. ^ "New Releases - For Week Starting April 9, 2001/In-Store Next Week" (PDF). Music Week. October 6, 2001. hlm. 22, 26. Diakses tanggal June 13, 2022. 
  45. ^ "Going For Adds". Radio & Records. April 2001. hlm. 109, 112, 119. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]