Cornelis Speelman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cornelis Janzoon Speelman
Potret C. Speelman
Gubernur-Jenderal Hindia Belanda ke-14
Masa jabatan
1680–1684
Didahului oleh Rijkloff van Goens
Digantikan oleh Johannes Camphuys
Informasi pribadi
Lahir 2 Maret 1628
Flag of the Netherlands.svg Republik Belanda
Meninggal 11 Januari 1684 (umur 55)
Flag of the Netherlands.svg Batavia, Hindia Belanda
Kebangsaan Belanda
Pekerjaan Gubernur Kolonial

Cornelis Janzoon Speelman (Lahir di Belanda, 2 Maret 1628. Meninggal di Batavia, Hindia Belanda, 11 Januari 1684) adalah Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang memerintah pada periode 1680 hingga 1684

Kehidupan dan karier awal[sunting | sunting sumber]

Sejarah keluraga yang diketahui adalah bahwa Speelman adalah putra dari seorang pedagang dari Rotterdam. Pada saat usianya menginjak 16 tahun, ia pergi ke timur (Hindia Belanda) menaiki kapal Hillegersberg menjadi Assistent (pegawai) di Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC). Pada tahun 1645 ia tiba di Batavia dan memangku jabatan boekhouder (semacam kepala tata administrasi) dan pada tahun 1648 menjadi Underbuyer atau onderkoopman. Pada tahun 1649 ia menjadi sekretaris Dewan Hindia Belanda (Raad van Indië). Dalam rangka jabatannya yang baru ini ia diperintahkan untuk melakukan pelayaran ke Persia bersama duta besar Joan Cunaeus. Mereka diterima dengan baik oleh syah Persia saat itu, Shah Abbas II dengan penyambutan yang sangat meriah. Sekembalinya dari Persia, Speelman memangku jabatan seperti Buyer atau koopman dan berhenti pada tahun 1657. Sementara itu ia menikahi seorang gadis bernama Petronella Maria Wonderaer yang saat itu berumur 15 tahun. Istrinya ini adalah putri dari Ontvanger-Generaal (Jenderal-Penerima) di Hindia Belanda. Pada tahun 1659 ia ditempatkan di kantor juru tulis perusahaan dan kantor tata administrasi (kapitein over de compagnie pennisten) di Batavia. Dan pada tahun 1661, Ia menjadi schepen van Batavia, (sejenis senator lokal).

Pada 12 Juni 1663, Cornelis Speelman ditunjuk sebagai Gubernur di Coromandel, namun penunjukan ini ditangguhkan oleh penguasa Belanda (Heren XVII), karena ia dituding telah melakukan perdagangan ilegal dengan membeli berlian untuk istrinya yang kemudian dijualnya lagi karena istrinya tidak menyukai berlian tersebut. Meskipun ia melakukan protes terhadap hal ini, Pengadilan Batavia memvonisnya dengan 15 bulan skors dan denda sebesar 3.000 gulden. Pada tahun 1666, ia dikirim ke Makassar sebagai laksamana pemimpin armada perang untuk menumpas pemberontakan di Makassar. Pada 18 November 1667, ia menandatangani Perjanjian Bongaya. Pada tahun yang sama, ia juga dijadikan sebagai Komisioner (commissaris) di Amboina, Banda and Ternate. Karena jabatannya itu, Speelman secara otomatis menjadi Konsul luar biasa (raad extra-ordinaris) Dewan Hindia Belanda. Pada tahun 1669, ia pergi lagi ke Makassar untuk mematahkan secara total sisa pemberontakan. Karena hal tersebut, ia memperoleh penghargaan pada tahun yang sama.

Menjadi gubernur jenderal[sunting | sunting sumber]

Ia menjadi konsul penuh Hindia Belanda pada 23 Maret 1671. Dan pada tahun yang sama pula ia menjadi komandan armada perang yang akan melakukan serangan ke Prancis. Pada December 1676, ia memimpin ekspedisi ke Jawa Tengah, dimana penguasa Mataram saat itu berada dalam kesulitan dan membutuhkan bantuan dari pihak VOC. Lalu armadanya bergerak menuju kawasan pantai Jawa bagian timur dan terjun dalam pertempuran Toerana Djaja. Ia dipanggil kembali ke Batavia pada akhir 1677 dan pada tanggal 18 Januari 1678 ia dilantik menjadi Konsul Utama dan Direktur Jenderal Hindia Belanda (Eerste Raad en Directeur-Generaal van Indië). Dan juga pada tahun yang sama, ia ditunjuk sebagai Ketua Sekolah van Schepenen di Batavia. Dan pada 29 Oktober 1680 ia ditunjuk sebagai Gubernur-Jenderal. Speelman memulai jabatannya ini pada 25 November 1681, menggantikan Rijkloff van Goens.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Site in Dutch dedicated to the VOC [2]
  • Encyclopaedie van Nederlandsch-Indië, part Soek-Zij.
  • Putten, L.P. van, 2002. - Ambitie en onvermogen : gouverneurs-generaal van Nederlands-Indië 1610-1796.
  • http://www.bezuidenhout.nl

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Jabatan pemerintahan
Didahului oleh:
Rijkloff van Goens
Gubernur-Jenderal Hindia Belanda
1681-1684
Diteruskan oleh:
Johannes Camphuys