Carel Reyniersz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Carel Reyniersz
Potret Carel Reyniersz
Gubernur-Jenderal Hindia Belanda ke-11
Masa jabatan
1650–1653
Didahului oleh Cornelis van der Lijn
Digantikan oleh Joan Maetsuycker
Informasi pribadi
Lahir 1604
Flag of the Netherlands.svg Amsterdam, Republik Belanda
Meninggal 1653
Flag of the Netherlands.svg Batavia, Hindia Belanda
Kebangsaan Belanda
Pekerjaan Gubernur Kolonial

Carel Reyniersz (lahir di Amsterdam, 1604 – meninggal di Batavia, 19 Mei 1653 pada umur 49 tahun), adalah Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke 11. Ia memerintah antara tahun 16501653.

Perjalanan Ke Hindia[sunting | sunting sumber]

Ia memulai perjalanannya ke timur pada tahun 1627. Ia menjadi seorang upperbuyer (belanda:opperkoopman) di Kantor dagang Belanda di Coromandel Belanda. Ia kemudian dipromosikan menjadi gubernur pada 1635. Pada tahun 1636 ia menjadi konsul luar biasa (Raad extra-ordinair) di Dewan Hindia. Ia kembali ke Amsterdam dan menjadi pedagang. Setelah mengalami kegagalan ia kembali lagi ke Hindia pada tahun 1645. Tahun selanjutnya ia kembali memperoleh jabatan konsul penuh.

Selama menjadi konsul, Reyniersz mengusulkan beberapa kebijakan baru, diantaranya adalah bagaimana menyingkirkan para kompetitor-nya, melakukan pembasmian terhadap perdagangan di luar VOC termasuk juga melakukan pengurangan kuota produksi cengkeh dengan cara membakar dan menebang pohon-pohon cengkeh usia produktif. Reyniersz meminta kebijakan ini dilakukan dengan tegas, termasuk dengan menumpas pemberontakan di Seram Barat, dimana penduduk setempat menolak untuk memusnahkan ladangnya. Pemberontakan ini berlangsung lama dan baru bisa dipadamkan pada tahun 1658.[1]

Menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda[sunting | sunting sumber]

Empat tahun setelah ia menjadi konsul. Gubernur Jenderal van der Lijn menerima surat permohonan untuk mengundurkan diri. Ia ditunjuk untuk menggantikan van der Lijn. Kepimpinannya hanya bertahan empat tahun.

Pada awal tahun 1653 Heeren XVII mengeluarkan surat keputusan untuk memberhentikan Reyniersz, tidak jelas latar belakang apa yang membuat Heeren tidak menyukai kepemimpinan Reyniersz, yang jelas alasan resmi Heeren memberhentikan beliau adalah karena kepemimpinannya tidak cakap. Dalam catatan sejarah, surat tersebut tidak jadi dikirimkan, karena Reyniersz sendiri yang meminta pengunduran diri, dan Heeren XVII menyetujui pengunduran diri Reyniersz dengan alasan kesehatan. Dan keputusan ini yang akhirnya dikeluarkan. Reyniersz sendiri tidak sempat menerima surat keputusan ini karena keburu meninggal dunia pada tanggal malam tanggal 18 atau 19 Mei 1653. Reyniersz dimakamkan di Hollandsche Kerk di Batavia. Ia dimakamkan dan digantikan oleh Joan Maetsuycker.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Jabatan pemerintahan
Didahului oleh:
Cornelis van der Lijn
Gubernur-Jenderal Hindia Belanda
1650-1653
Diteruskan oleh:
Joan Maetsuycker