Jacques Specx

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jacques Specx
Jacques Specx
Gubernur-Jenderal Hindia Belanda ke-7
Masa jabatan
1629–1632
Didahului oleh Jan Pieterszoon Coen
Digantikan oleh Hendrik Brouwer
Informasi pribadi
Lahir 1588
Flag of the Netherlands.svg Dordrecht, Republik Belanda
Meninggal 1652
Flag of the Netherlands.svg Amsterdam, Republik Belanda
Kebangsaan Belanda
Pekerjaan Gubernur Kolonial

Jacques Specx, (lahir di Dordrecht, 1588 - meninggal di Amsterdam, 1652 pada umur 64 tahun) adalah Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke-7. Ia memerintah antara tahun 16291632.

Menjadi Gubernur Jenderal[sunting | sunting sumber]

Pada 25 September 1629, ia ditunjuk langsung oleh Dewan Hindia untuk menjadi Gubernur Jenderal sementara. Pada awal kepemimpinannya, Batavia dikepung oleh sekitar 30.000 tentara Mataram. Pengepungan tersebut berakhir tiba tiba pada bulan November pada tahun yang sama. Setelah pengepungan itu ia membangun kota Batavia kembali. Ia membangun parit di sekeliling kota untuk memaksimalkan perlindungan.

Dalam menanggulangi orang Mataram ia memperalat orang Tionghoa. Mereka diadu-domba olehnya dengan orang Jawa Mataram. Hal ini adalah salah satu bibit pertikaian antara orang pribumi dan orang keturunan Tionghoa di Indonesia dewasa ini. Selain menjabat sebagai Gubernur-Jenderal, Specx pernah pula menjadi wakil Belanda di Jepang.


Misi Ke Jepang dan Korea[sunting | sunting sumber]

Jacques Specx mengepalai armada yang berangkat dari Texel. Armada ini terdiri dari 11 kapal pada 1607 dibawah komando Willemsz Verhoeff. Setelah tiba di Bantam, dua kapal melanjutkan perjalanan untuk mendirikan hubungan perdagangan resmi antara Belanda dan Jepang[1]. Dua kapal tersebut adalah De Griffioen dan Roode Leeuw met Pijlen. Diantara para kru kapal terdapat Abraham van den Broeck and Nicolaas Puyck. Kapal-kapal ini tiba di Jepang pada 2 Juli 1609. [2]

Daftar delegasi yang berangkat ke Jepang tersebut tidak diketahui secara pasti. Tapi diketahui bahwa van den Broeck dan Puyck pergi ke Shogunal Court, dan Melchior van Santvoort bertindak sebagai penerjemah. Shogun menyetujui permohonan Belanda akan akses ke semua pelabuhan di Jepang. Semenjak itu, ia (Specx menjadi pedagang yang sukses di Nagasaki.

Pada September 1609, dewan perdagangan memutuskan untuk menyewa sebuah rumah di Pulau Hirado (yang terletak di selatan pulau utama Jepang, Kyushu). Jacques Specx lalu menjadi "Opperhoofd" (Ketua) pertama di tempat baru ini[3].

Di tahun 1610, ia berlayar ke Korea.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.vocsite.nl/geschiedenis/personalia/specx.html
  2. ^ Opstall, M.E. van (1972) De reis van de vloot van Pieter Willemsz Verhoeff naar Azie 1607 – 1612 (The voyage of the fleet of Pieter Willemsz Verhoeff to Asia 1607 – 1612), p. 141.
  3. ^ English summary of the inventory of the archives of the Dutch factory in Japan, 1609-1860
  4. ^ http://www.hendrick-hamel.henny-savenije.pe.kr/holland4.htm

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Jabatan pemerintahan
Didahului oleh:
Jan Pieterszoon Coen
Gubernur-Jenderal Hindia Belanda
1629-1632
Diteruskan oleh:
Hendrik Brouwer
Didahului oleh:
tidak ada
Ketua di Hirado
1609-1612
Diteruskan oleh:
Hendrik Brouwer
Didahului oleh:
Hendrik Brouwer
Ketua di Hirado
1614-1621
Diteruskan oleh:
Leonard Camps