Ciwidey, Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ciwidey
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 7
Perkebunan teh Rancasuni di Ciwidey di masa Hindia Belanda, dilihat dari udara

Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kecamatan ini terletak di sebelah selatan Kota Bandung. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah Cianjur selatan.

Ciwidey dikenal sebagai daerah tujuan wisata, dan juga sebagai daerah penghasil produk-produk pertanian dan perkebunan. Salah satu tujuan wisata yang terdapat di Ciwidey adalah Kawah Putih.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Ciwidey
  2. Lebakmuncang
  3. Nengkelan
  4. Panundaan
  5. Panyocokan
  6. Rawabogo
  7. Sukawening
  8. Tenjolaya
  9. Kaum Kidul
  10. Sukasari
  11. Cihanjawar

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Daerah yang berada di Kabupaten Bandung, Jabar ini memiliki panorama alam yang sejuk dan alami. Daerah di selatan Bandung ini juga terkenal sebagai destinasi wisata ziarah. Tapi, tidak hanya itu banyak wisata dan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Ciwidey.

Destinasi menjadi nilai lebih sebuah daerah di mata wisatawan. Melansir situs Indonesia Travel, Kamis (7/6/2012), Situ Patenggang, Penangkaran Rusa Ranca Upas, Pemandian Air Panas Alam Cimangu, Gunung Patuha, Kawah Cibuni, Kebun Teh Walini, dan Kawah Putih merupakan kawasan yang pantang untuk dilewatkan.

Menikmati panorama cantik Kawah Putih, tak pernah luput dari perhatian wisatawan. Air danau yang berwarna putih kehijauan terlihat kontras dengan bukit batu kapur putih yang mengitari danau. Selain itu, Ciwidey juga punya Kawah Cibuni. 

Mau merasakan wisata lainnya? Anda yang pergi bersama keluarga bisa bersantai dengan suasana hutan yang alami di Penangkaran Rusa Ranca Upas. Atau, berendam di pemandian air panas membatu Anda melepas penat. Di daerah Ciwidey yang berudara sejuk ada pemandian air panas yang menjadi favorit traveler, seperti Pemandian Air Panas Alam Cimanggu, Walini pemandian air panas yang berada di kawasan perkebunan teh, atau Situ Patengan.

Untuk urusan harga, kawasan wisata Ciwidey termasuk dalam kategori cukup murah. Masing-masing destinasi, membandrol tiket sekitar Rp 3.500-15.000. Meskipun, ada beberapa harga tiket masuk yang sangat mahal karena adanya oknum yang sengaja mengambil keuntungan dari wisatawan.

Puas mengeksplor wisata Ciwidey, jangan lupa untuk berburu oleh-oleh khas Ciwidey. Strawberry dan Bandrek (minuman hangat rasa jahe) menjadi oleh-oleh yang banyak diburu pelancong. Bandrek khas Ciwidey kini sudah ada yang dikemas dalam botol dengan harga sekitar Rp 7,000 - Rp 30,000.

Sedangkan makanan khas dari Ciwidey sendiri adalah Kalua Jeruk, yaitu makanan sejenis manisan yang terbuat dari kulit buah Jeruk Bali, yang diolah dengan gula merah/putih. Makanan ini sendiri jarang bahkan mungkin tidak ada di kota-kota lain/hanya ada di Ciwidey.

Dan tidak sulitjuga menemukan buah Strawberry di Ciwidey. Anda bisa menemukan puluhan kebun strawberry di sepanjang jalan Soreang-Ciwidey-Rancabali. Kebun-kebun ini menawarkan aktivitas memanen sendiri Strawberry yang diinginkan kepada wisatawan. Ada juga strawberry yang sudah diolah menjadi dodol. Mau pilih mana?

Nah, mengelilingi kawasan Ciwidey semakin nyaman dengan kontur jalan menanjak dan bersapal. Akses menuju Ciwidey bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Dari terminal Leuwi Panjang Anda bisa menggunakan bus atau colt menuju Ciwidey. Tiba di Terminal Ciwidey, perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan umum trayek Ciwidey.