Chris Columbus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chris Columbus
Lahir 10 September 1958 (umur 56)
Spangler, Pennsylvania
Pekerjaan Screenwriter, Film Producer and Film Director
Tahun aktif 1984 – present
Pasangan Monica Devereux
(1983–present)

Christopher "Chris" Columbus (lahir 10 September 1958; umur 56 tahun) adalah sutradara, produser dan seorang penulis naskah yang berasal dari Amerika Serikat. Dikenal sebagai sutradara dari film francise Harry Potter (Harry Potter dan Batu Bertuah;Harry Potter dan Kamar Rahasia), Mrs. Doubtfire dan Home Alone.


Karier Film[sunting | sunting sumber]

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Columbus merupakan lulusan dari John F. Kennedy High School, ia melanjutkan pendidikannya di New York University’s film school. Ia merupakan teman dari Charlie Kaufman.

Setelah menyelesaikan sekolahnya, Columbus bekerja sebagai penulis scenario di Steven Spielberg’s Amblin Production, pekerjaannya termasuk Gremlins (1984), The Gooneis (1985) dan Young Sherlock Holmes (1985). Kemudian Spielberg mengajak Columbus dalam proyek film ketiga Indiana Jones, Indiana Jones and the Last Crusade (1989), tetapi produser George Lucas tidak puas dengan skrip Columbus dan mengakhiri kontrak mereka. Columbus menbuat sekaligus menulis episode pertama seri Galaxy High (1986) dan memulai debut pertama penyutradaraannya di film komedi remaja Adventures in Babysitting (1987) dan Heartbreak Hotel (1988)

Film yang disutradarainya antara lain Home Alone (1990), Only the Lonely (1991), Home Alone 2: Lost in New York (1992), Mrs. Doubtfire (1993), Nine Months (1995), Stepmom (1998), Bicentennial Man (1999), Harry Potter and the Philosopher's Stone (2001), Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002), Rent (2005), I Love You Beth Cooper (2009) and Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief (2010).

Columbus mendirikan rumah produksinya sendiri pada tahun 1995 yaitu 1492 Pictures.

Keluarga dan Cameo[sunting | sunting sumber]

Columbus lahir di Spangler, Pennsylvania dan dibesarkan di Youngstown, Ohio, putra dari Irene, seorang pekerja perusahaan, dengan Alex Columbus, pekerja perusahaan pembuat barang dari aluminium dan penambang batu bara. Columbus merupakan blasteran Itali dan Cekoslowakia. Ia menikahi Monica Devereux pada tahun 1983, dan mendapatkan empat orang anak yaitu Eleanor, Violet, Brendan, dan Isabella.

Putri dari Columbus, Eleanor, memerankan karakter Susan Bones di dua film Harry Potter yang ia sutradarai, membuat ia menjadi salah satu dari dua actor Amerika yang bermain sebagai siswa di Hogwarts. Ia juga muncul di Home Alone dan berperang menjadi cameo bersama ayahnya di Home Alone 2: Lost in New York.Violet Columbus menyanyikan lagu di awal film I Love You, Beth Cooper. Sedangkan istrinya, Monica Devereux muncul di Home Alone sebagai salah satu dari pramugari dan di Home Alone 2 sebagai operator telefon.

Columbus tinggal di San Fransisco, ia menyumbangkan dana untuk membangun sebuah gedung sekolah Saint Ignatius College Preparatory, sekolah dimana anak-anaknya bersekolah atau pernah bersekolah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]