Charlie Kaufman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Charles Stuart Kaufman (lahir 1 November 1958) adalah seorang penulis skenario ternama dari Amerika Serikat. Film-filmnya mempunyai kecenderungan skenario yang unik, tidak bisa ditebak, biasanya berkarakter-ganda (seseorang berpikir tentang dirinya sendiri, melihat dirinya sendiri di kehidupan lain), dan berimaginasi liar.

Awal kariernya dimulai dengan menulis skenario di televisi. Dia menjadi perhatian ketika skenarionya untuk Being John Malkovich, mendapat nominasi Penghargaan Oscar dan BAFTA. Dia juga menulis Human Nature, yang disutradari oleh Michel Gondry dan kemudian bekerjasama dengan Spike Jonze lagi sebagai penulis skenario untuk Adaptation., film terakhir ini memberikan nominasi Oscar keduanya. Dia juga menulis Confessions of a Dangerous Mind, kisah seorang Chuck Barris, seorang pengantar acara yang mempercayai dirinya adalah pembunuh CIA; film ini disutradarai oleh George Clooney dalam debutnya sebagai sutradara.

Skenario terbarunya adalah Eternal Sunshine of the Spotless Mind, film keduanya bersama Michel Gondry, yang mengganjar dia dengan Penghargaan Oscar untuk Skenario Terbaik dan BAFTA yang ketiga kalinya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]