Chase for the Cup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Chase of the Cup musim 2007

Chase for the Cup (sebelumnya bernama Chase for the Championship) adalah sebuah bentuk penentuan pemenang kejuaraan yang diterapkan di ajang NASCAR Seri Piala Sprint. Dalam format ini, 12 pembalap (10 pembalap yang berada di Top 10 klasemen dan 2 pembalap yang berada di luar Top 10 klasemen dengan perhitungan yang paling banyak memenangi lomba) bersaing untuk memperebutkan gelar juara umum NASCAR. Poin dari keduabelas pembalap tersebut kemudian dihitung mulai dari angka 2000 (sebelumnya dari 2004-2010 memakai sistem 5000 poin).

Posisi penentuan Chase didasarkan pada jumlah kemenangan pembalap, jadi meskipun pembalap X bisa berada di puncak klasemen dalam 26 balapan reguler Seri Piala namun jumlah kemenangan lombanya sedikit ia akan berada di posisi di bawah pembalap yang mengantungi jumlah kemenangan terbanyak dari 26 lomba tersebut.

Format kejuaraan ini mulai diperkenalkan di NASCAR Seri Piala Nextel musim 2004, sebagai respon atas kemenangan Matt Kenseth di musim 2003 yang hanya berbekal satu kemenangan lomba saja yang dirasa tidak adil dan kurang bagus bagi fans dan rating televisi.

Meskipun demikian, hanya Seri Piala sajalah yang memakai format kejuaraan ini. Dua seri lainnya yaitu Seri Nationwide dan Seri Truk Camping World tetap memakai sistem perolehan poin terbanyak dari seluruh lomba untuk menentukan siapa juara umum di musim tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]