Charles Pic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Charles Pic
Charles Pic Moscow 2013.jpg
Lahir 15 Februari 1990 (umur 24)
Bendera Perancis Montélimar, Perancis
Sejarah karier dalam ajang Formula Satu
Kebangsaan  Perancis
Jumlah lomba 20
Juara dunia 0
Menang 0
Podium 0
Total poin 0
Posisi pole 0
Lap tercepat 0
Lomba pertama Grand Prix Australia 2012
Lomba terakhir Grand Prix Brasil 2013
Klasemen 2012 Posisi 21 (0 poin)

Charles Pic (lahir di Montélimar, Perancis, 15 Februari 1990; umur 24 tahun) merupakan seorang pembalap mobil profesional dari Perancis yang memulai debutnya di ajang Formula Satu bersama tim Marussia Racing pada musim 2012. Mulai musim 2013, Pic akan memperkuat tim Caterham.

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Balapan junior[sunting | sunting sumber]

Pic memiliki karir sukses di karting dengan memenangkan beberapa kejuaraan kecil dan balapan individu yang mendekatkannya pada Kejuaraan Eropa ICA Junior.

Pic berlomba di Formula Renault Campus di Perancis pada tahun 2006, dan berada di urutan ketiga klasemen akhir. Pic juga berlomba di Championnat de Prancis Formula Renault 2.0 dan Formula Renault 2.0 Eurocup tahun 2007, dan ia finish di urutan keempat dalam seri Perancis dan ketiga dalam klasemen akhir.

Pic menandatangani kontrak untuk membalap di Formula Renault 3.5 bersama tim Tech 1 Racing pada awal tahun 2008. Ia bermitra dengan Julien Jousse, dan berhasil finis keenam di kejuaraan dengan dua kemenangan di Circuit de Monaco dan Sirkuit Le Mans. Ia melanjutkan dalam seri tahun 2009 dengan Tech 1, dimulai dengan cara memalukan, ketika ia melintir pada putaran parade di Barcelona. Ia berhasil pulih dari awal yang buruk di musim ini, dengan memenangkan dua balapan di Silverstone dan Nurburgring, dan berhasil naik ke peringkat ketiga dalam klasemen.

Seri GP2[sunting | sunting sumber]

Pic berlomba untuk Arden Internasional di musim 2009-10 di Seri GP2 Asia, dan dilanjutkan dengan naik ke Seri GP2 musim 2010. Pic mengklaim kemenangan pertama untuk tim, memenangkan lomba sprint putaran pertama di Bahrain. Ia juga memenangkan lomba pertama musim 2010 utama di Circuit de Catalunya. Ia berada di urutan kesepuluh dalam klasemen pembalap.

Untuk 2011, Pic pindah ke tim Barwa Addax dan membalap bersama Giedo van der Garde. Ia gagal mencetak poin dalam seri Asia, tetapi mencetak kemenangan di seri kedua di Catalunya, dengan memimpin Van der Garde untuk finis 1-2. Ia mencetak kemenangan keduanya musim ini di Monaco dan berhasil mendongkraknya ke tempat ketiga dalam klasemen. Ia kemudian meraih pole position untuk putaran di Valencia, dua poin sebentar pindah dia ke memimpin kejuaraan, tapi ia pensiun dari kedua ras, menurun kembali di klasemen sebagai hasilnya. Dia akhirnya finish di urutan keempat dalam kejuaraan, tiga poin di depan Van der Garde.

Karier Formula Satu[sunting | sunting sumber]

2012: Marussia Racing[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2011, Pic melakukan debut pada mobil Formula Satu, mengemudi untuk Marussia Virgin Racing di tes pembalap muda diadakan di Sirkuit Yas Marina di Abu Dhabi. Dia dijadwalkan untuk mengemudia selama dua hari: satu hari penuh dan setengah hari pengujian, tetapi tim Virgin memutuskan untuk memberinya setengah hari lanjutan dari berjalan setelah ia mengalami masalah mesin di hari kedua tes.

Selama tes, beberapa sumber berita melaporkan bahwa Pic telah menyetujui kesepakatan untuk balapan dengan tim di musim 2012. Usai Grand Prix Brasil selesai, tim mengumumkan bahwa Pic akan membalap untuk musim 2012 mendampingi Timo Glock. Sampai akhir musim 2012, Pic gagal meraih satu poin pun.

2013: Caterham[sunting | sunting sumber]

Mulai musim 2013, Charles Pic akan membalap untuk tim Caterham F1.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]