Buku telepon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Buku telepon di New Haven, Amerika Serikat, November 1878

Buku telepon adalah buku berisi nama, alamat, dan nomor telepon milik pelanggan telepon dalam wilayah tertentu. Penerbit buku telepon adalah perusahaan jasa telekomunikasi atau penyedia layanan informasi telepon.

Buku telepon terdiri dari dua edisi: buku putih yang dicetak di atas kertas tidak berwarna dan buku lembar kuning (halaman kuning) yang dicetak di atas kertas berwarna kuning. Buku putih memuat nomor telepon pelanggan residensial, lembaga negara, dan perusahaan. Buku halaman kuning memuat informasi bisnis. Buku telepon tidak hanya tersedia dalam bentuk buku, melainkan juga melalui situs web atau media rekam seperti CD-ROM.

Nama pelanggan disusun berabjad sesuai peraturan mengabjad yang berlaku di negara tersebut. Buku telepon tidak memuat nomor telepon milik pelanggan yang tidak menginginkan nomor teleponnya didaftarkan ke dalam buku telepon.

Buku telepon didistribusikan secara cuma-cuma ke alamat pelanggan. Buku ini bisa diantar langsung ke alamat pelanggan atau diambil sendiri di kantor telepon sewaktu membayar rekening telepon.

Di Indonesia, buku telepon yang memuat pelanggan telepon TELKOM disebut Buku Petunjuk Telepon. Penerbit Buku Petunjuk Telepon adalah PT Infomedia Nusantara.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah". PT Telekomunikasi Indonesia. Diakses 2009-02-21.