Broken Bay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Broken Bay dari Flint & Steel Beach, dengan Lion Island di kanan

Broken Bay adalah sebuah ceruk besar di Samudera Pasifik terletak sekitar 50 km di utara Sydney di pantai New South Wales, Australia, dan merupakan teluk besar pertama di utara Port Jackson Sydney.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pintu masuk menuju Broken Bay terletak antara Box Head dan Barrenjoey Head di selatan. Barrenjoey Lighthouse dibangun tahun 1881 untuk memandu kapal menjauhi tanjung itu. Teluk ini terdiri dari tiga lengan, muara Hawkesbury River di barat, Pittwater di selatan, dan Brisbane Water di utara. Tiga lengan ini adalah sungai meluap (ria) yang terbentuk pada waktu ketika permukaan laut lebih rendah daripada saat ini.

Hawkesbury River mengalir dari gabungan Grose dan Nepean River di dasar Blue Mountains.

Pittwater diterima secara umum sebagai batas paling utara wilayah Sydney raya, Northern Beaches. Perairan tenang Pittwater menjadikannya tempat berlayar populer. West Head, di barat Barrenjoey Head, menandakan batas antara Pittwater dan Hawkesbury.

Brisbane Water memiliki kota Gosford dan Woy Woy di pesisirnya.

Lion Island, dinamai karena mirip seperti Sphinx dari beberapa sudut, terletak di pintu masuk Broken Bay. Lion Island Nature Reserve mencakup seluruh pulau, dan merupakan rumah bagi koloni penguin peri.

Penemuan[sunting | sunting sumber]

James Cook mencatat "daratan patah" terlihat di utara Port Jackson sebelum senja 7 Mei 1770, dan menamainya Broken Bay. Tetapi, ada sejumlah kontroversi tentang apakah tempat yang sekarang dinamai 'Broken Bay' adalah yang dilihat oleh Cook.

Para pengkoloni menyebut tempat ini Broken Bay, tapi bukan inilah yang disebut oleh Kapten Cook
 – Matthew Flinders, A Voyage to Terra Australia[1]

Ray Parkin dalam bukunya H. M. Bark Endeavour mengklaim bahwa 'Broken Bay' saat ini dilewati tanpa diketahui pada malam hari, dan Cook sebenanrnya merujuk daerah di sekitar Narrabeen Lagoon.[2] Matthew Flinders menempatkan 'Broken Bay' Cook di 33° 42' Selatan, dekat mulut Narrabeen Lagoon.[1]

Apapun masalahnya, Gubernur Phillip adalah yang pertama untuk menetapkan Broken bay saat ini dari kapal panjang Sirius tanggal 2 Maret 1788.[3]

Peran dalam serangan ke Sydney Harbour[sunting | sunting sumber]

Tanggal 28 November 2005, pembuat film dokumenter Damien Lay mengklaim bahwa bangkai M-24, sebuah kapal selam kecil Jepang yang terlibat dalam serangan ke Sydney Harbour tahun 1942 dan menghilang kemudian, terkubur di bawah pasir di dasar laut, di timur Lion Island. Lay mengklaim telah membuktikan bahwa kabel tembaga yang ditemukan di situs itu sama dengan yang digunakan di kapal-kapal Jepang.[4] Beberapa minggu kemudian, Menteri Perencanaan New South Wales, Frank Sartor mengumumkan bahwa pencarian sonar yang dilaksanakan New South Wales Heritage Office di tempat itu tidak menemukan jejak-jejak kapal selam yang hilang.[5]

M-24 ditemukan 13 kilometer di selatan Broken Bay, 5 kilometer lepas Bungan Head, membuktikan perkiraan bahwa M-24 memilih untuk tidak menarik perhatian pada kapal induknya di selatan Sydney Harbour dan malah bergerak ke utara menuju Broken Bay.[6]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b A Voyage to Terra Australia, Vol Two page 2 (22 July 1802)
  2. ^ Parkin, Ray (2003). H. M. Endeavour (ed. 2nd edition). Carlton, Victoria: The Miegunyah Press. hlm. 205. ISBN 0522850936.  Unknown parameter |origdate= ignored (|origyear= suggested) (help)
  3. ^ The Voyage of Governor Phillip to Botany Bay with an account of the Establishment of the Colonies of Port Jackson ect etc London 1789 page 9--~~~~
  4. ^ Meacham, Steve (2005-11-29). "Down to the wire... solving a 60-year mystery". The Sydney Morning Herald: smh.com.au. Fairfax Digital. Diakses 2008-10-23. 
  5. ^ "Investigation fails to find midget sub". ABC News Online. Australian Broadcasting Corporation. 2007-12-19. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2008-01-06. Diakses 2008-10-23. 
  6. ^ "Found it!". Liam Bartlett (reporter), Stephen Taylor & Julia Timms (producers). 60 Minutes. Nine Network. 2006-11-26.